Selasa, 07 Januari 2014

Empat Bulan Lalu

Empat bulan sudah umur anak ke-2 kami, Ghaziya Tama Shidqiyyah. Membandingkan proses hamil dan persalinannya dg si kakak, lumayan banyak perbedaan. Setelah baca sebuah artikel R4BIA, jadi terkenang lagi penentuan tgl lahir yang bisa dipilih karena aku harus melahirkan secara sectio caesar.

Menurut dokter kandungan, janinku matang sekitar tgl 1 september ke atas, tapi tdk boleh lebih dari 2 pekan krn bisa keburu kontraksi (risiko robek rahim bekas caesar anak pertama). Silakan pilih, begitu kata si dokter.

Daripada keburu kontraksi, angka yg masuk ke pikiranku hanya 1-5. Tapi krn tgl 1 hari Ahad, jelas dokter pd libur, jd pilihannya berkurang. Kemudian pilihanku ada 2, tgl 3 atau 4. Lebih berat ke tgl 4, utk mengenang peristiwa R4BIA.

Kemudian, datanglah mandat dr orgtua, mbah putrinya ‘Aifah. “Jangan tgl 2 atau 3.” waktu kutanya kenapa, jawabannya meroket jauh dr nalar. “kalo tgl 2 neptunya rendah (neptu adalah penghitungan hari pasaran ala org jawa. Mereka meramal rezeki seseorang dr neptu ini), tgl 3 harinya sama dg hari lahir kakaknya, nanti suka berantem.”

Walah! Bukannya mau sombong, aku selalu suka menentang org2 baheula utk hal begini. Tujuannya bukan agar beliau marah, sok hebat, dll yg gak penting. Aku (semoga Allah ridho) hanya ingin memenangkan iman di atas kemusyrikan, membuktikan bahwa Allah lebih berkuasa drpd peramal mana pun. So, justru antara dua tgl itu yg aku dan suami pilih.

Bukti kemahaan Allah telah kami dapatkan saat walimah. Keluarga melarang mandi, aku justru mandi. Mertua menitah lempar underwear (minta ampun banget!) ke atap, suami malah ketawa2. Ada yg rebus batu malam2 utk tolak hujan, aku buang. Insyaallah ini bukan ajang pamer, kami ini lemah, ini hanya cerita bukti bahwa Allah terlalu perkasa utk dikalahkan oleh keyakinan2 rapuh semacam itu. Dan terbukti, dg segala kelancangan kami, ternyata Allah memenangkan dg kuasaNya. Saat walimah, sungguh alam terasa syahdu. Tdk panas dan tdk hujan, hanya rintik sebentar sbg hadiah walimah utk kami:)

Kembali ke penentuan tgl persalinan, karena tidak ada yg spesial di tgl 2, maka kami memilih tgl 3. Sebabnya tentu, karena sebentar lagi pemilu. Ini bagian dr doa, agar partai no.3 benar Allah jadikan pd posisi 3 besar. Allahu akbar!