Selasa, 06 Oktober 2009

penjahat lalulintas

tiap hari di jalanan, bikin aku aku iseng ngitungin penjahat yg berserak di jalan raya:

1. angkot
rajanya gak sopan. jelas2 sopirnya ng-sen ke kanan, si kenek (ato kernet? pokoe kondektur) malah ngasih aba2 ke kiri. lg lempeng jalan, tau2 dia ke kiri, ngasih sen 2 detik sebelum nyentuh marka. ato pas dia di kiri, trus kita mo duluin dr kanan, eh tau2 dia ke kanan. kalo nyenggol, boro2 tanggungjawab, dia bakal ngabur sambil ngoceh!
klo jam pulang sekolah, jgn coba2 lewat smp 11, smp 7, sma 5, sma 3, sma 1, adhyaksa, ferdy-revani, dll skul. maceettt! angkot2 nyerak seenak perut, trus saling maki dg emak2 pns yg sebel motornya diseruduk2 angkot.
kalo di lampu merah, gak ada cerita angkot diem nunggu lampu ijo. selalu nembak. mungkin krn tuntutan persaingan, sekarang di jambi banyak ojek, yg punya motor jg bejibun, jd jarang liat angkot penuh penumpang kayak dulu. salah mereka juga sih, kalo lampu merah, trus dia gak bisa nembak karena arah berlawanan terlalu rame, angkot2 brenti di jalur kiri yg harusnya dipake lewat kendaraan yg mo belok kiri. sunnatullah (hukum alam): yg suka nyusahin org lain hidupnya bakal susah.

2. motor edan
bukan motornya kali, pengendaranya. suara knalpot meraung2, asapnya ngebul. gak tau ato pura2 gak tau klo sepanjang jalan dia ngumpulin sumpah serapah org2. belum lg klo meliuk2 di antara lalin yg padet (tari lupa masa muda!)

3. polisi
kyakyaa.. polisi kok dikata penjahat. gimana gak jahat, dia nyetopin org cuma buat minta duit. makin hari makin aneh aja uu lalin, dr larangan pake helm kecil sekarang malah wajib pake helm standar yg mahal punya. bikin curiga, ada apa sih, siapa sih di balik uu??
biar penjahat satu ni gondok, kalo ditilang jgn bayar di jalan, biar aja stnk ditahan. tobat deh dia, capek2 nangkep, yg dpt duit kejaksaan ato kantor pajak. kejaaam...

4. pengemis
gak semua, cuma yg pura2 sakit/cacat atau yg mengeksploitasi anak dan lansia. tega2nya anak en ortu disuruh ngisep timbal di bawah terik matahari. gimana sih tampang koordinator pengemis?

5. anak punk
2 bulan lalu masih banyak di sipin, sekarang bersih, mungkin ditangkepin. mereka suka asal naek mobil orang (kakakku kena), minta rokok dll. agak males klo pas lampu kuning, kita dah ngebut2 ngejar supaya gak keburu merah lagi, eh dia berdiri tengah jalan. klo ketabrak kan kita yg nanggung.

ada lagi??

2 komentar:

  1. bentar..., bisa jadi kita termasuk salah satu penjahatnya. emg uda yakin kita slalu jadi pengguna lalu lintas yg baek?

    soal helm standar, itu perlu klo pengen kepala kita g luka terlalu parah pas kecelakaan. Aq g ngalamin geger otak pas kecelakaan berkat pake helm standar. dan harganya akan jadi tidak mahal jika dibandingkan dengan harga yg harus kita bayar jika kpala luka parah pas kecelakaan. intinya 'keharusan' pake helm standar buat kebaikan kita kq.
    soal UU yg membekingi, klo nurut aq itu utk membuat masyarakat terbiasa pake helm standar.

    BalasHapus
  2. penjahat versiku: org yg ulahnya merugikan org lain. klo nembak gak pake perhitungan (pengen mati konyol ngajak2), motor gak diurus (terutama klo platnya merah) knalpot muntahin asap gak kira2, dll.

    kebaikan buat kita harusnya difasilitasi spy gak ngeberatin. bkn jd alasan majak pengendara di jalan2.

    *hmm, jurus ngeles no 12*

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....