Kamis, 01 Oktober 2009

gempa jambi

assalamu'alaikum, pa kbr? gmn di sana?

aslm. gmn kondisi jambi skrg?

bbrp sms senada di atas masuk ke as-ku. ada juga yg nginfo 'kader' kumpul ke dpd. kutanya, "emg gempa sampe ke kota ya?" gak dibales.

ternyata prediksi bakal ada gempa di sumatra, yg disampaikan saat gempa garut, bener terjadi. sayang, cuma bs prediksi, tindakan preventif untuk meminimalisir jumlah korban kayaknya nihil.

waktu sms2 itu masuk, aku sedang di rsud raden mattaher. nahan dongkol, berjam2 di sana gak ketemu dokter. cuma pegawai yg dg cueknya ngobrol lama di hape. awalnya, bapakku yg jarang sakit, belakangan sering demam en gak kuat shalat jamaah. setelah sehari shalat sendirian di rumah, kondisi beliau memburuk sampe gak kuat berdiri utk shalat. mantri langganan udah angkat tangan. bapak gak mau diopname di rs. akhirnya, bawa ke puskes.

sampe puskesmas simpang kawat, yg jaga gak ada. mungkin karena kabut luar biasa tebal (sampe aku ngetik ini, udara masih bau asap, bahkan di dalam rentalku!). aku tunggu skitar 30 menit, akhirnya dilayani. bapak diperiksa, dikasih obat, en dirujuk ke rs.

berlimpah kutukanku utk rs pemerintah itu. masuk gedung, aku daftar utk dokter spesialis, 25rb. setelah daftar, nunggu 30 menit utk dpt form yg diisi data bapak. dr loket td, diminta ke penyakit dalam. nunggu sejam. kirain setelah dipanggil, bs langsung periksa. sampe situ, rupanya cuma dapet kertas selembar, trus suruh ke poli bedah. di poli bedah, bener2 kacrut instansi satu ini, berkas yg kubawa gak disentuh seujung kuku pun! yg jaga asik telpon2an entah dg siluman mana.

aku bolak-balik di depan orang putus saraf ntu. dalam ati nyumpah2, kalo bapakku kenapa2 di sni krn kelamaan nunggu, siap2 aja kalian kuamuk!

lama nunggu, bapak gak tahan. beliau ngajak pulang. ya udah, aku dan kakak keduaku manut krn dah jengkel juga. rsu udah kayak rsj, tp yg sakit jiwa bukan pasiennya, melainkan pegawai, perawat, dan tentu saja dokternya, yg sampe siang gitu blm juga datang!!

blm semenit sampe rumah, re sms; kader harap ke simpang jelutung, trona, ato simpang bi utk bagikan masker en galang dana gempa. aku meluncur ke simpang bi. alhamdulillah, di sini gondokku lumayan kempes. kejadiannya lucu2, walo ada yg nyebelin juga.

pertama turun ke jalan, ada 2 org bapak2 boncengan motor. kusamperin, "pake masker, pak!" sambil kuberi 2.

"dak lah dek, dakdo duit kecik."

"??" hehe, "gratis, paaak." eh si bapak langsung minta 3!

trus ada lg yg nanya, "dr mano?"

kujawab, "dr pks, pak."

"ngapo kalian ngasih masker?"

"ya kalo ngasih beras gak kuat manggulnya kalee!" dalem ati doang!

yg lebih asem, ada bpk2 ngeliatin aku dr waktu masih di pinggir. pas kusamperin, dia melotot ke logo di box yg kupegang. langsung geleng2 kenceng, cemberut pula! (ntah klo emg tampangnya sangar akut gitu, hihi). ya udah, diajak sehat gak mau.

ada sejam kali edar masker, amika yg tadinya megang kotak dana di simpang arah broni (aku di arah sei kambang), izin tau ke mana. aku gantiinlah dia bawa kotak dana, krn maskerku jg udah abis. kulongok kotak, isinya banyak lembar 2rb baru. jiaaah, kayak lebaran aja! goceng kek, manis juga liatnya. tp alhamdulillah, ada jg yg ngasih sepuluh sampe lima puluh ribu.

selesai amanah di jalanan, pulang liat cucian piring en pakean numpuk. beres nyuci, angkut2 cpu en hunting laptop. subhanallah... hari ini harusnya capek bener, tp itu lebih baek drpd aku diem2 stres mikirin yg lain.

4 komentar:

  1. Doain kak, spy wy bsa cpt jadi dokter...biar bsa ngrbah keadaan ntu..gerah jg ngliatny..he

    BalasHapus
  2. aamiin. klo dah jadi, trus ente dak konsisten, tak pentung!!

    BalasHapus
  3. wah klo insatansi pmerintah mmg cak itu kaka..
    klo pny knalan bru dilayani, minimal tante dwek ato tetangga baru orang lsg nengok..
    hpUf..pyh,,mwnya makan gaji be

    BalasHapus
  4. makan gaji, dibonus sumpah!

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....