Selasa, 15 September 2009

sang murobbi

gatel bangeet rasanya pengen ngetik. apa daya, ada aja yg ngojek gratisan sono sini. giliran rada tenang, pln semaput. dah pln waras, gakda yg minta anter, akunya yg kelenger. cuapek boz, sare' heula!

dr byk cerita, ini yg masih agak nyangkut idenya. tentang tutor/mentor/murobbi, ato apalah org nyebutnya, intinya pembina kajian. awalnya dr mantan mentee (emang ada, mantan mentee?) curhat soal liqo' barunya. duh, yg kurang fahim sm istilah2 ini tanya aja ya, ato telp 108, tanya no hp syarifah lestari. halaaaah!!

binaanku ini, ngaku pengen nangis pas liqo', krn inget liqo' lamanya. byk sebab sih, salah satunya, krn tutornya yg di sana gak selembut yg di sini (hiaaaaaaa, dijamin bokizzz!). nggak, bkn itu. tp krn tutornya membahasakan diri 'aku' dan manggil binaannya 'kamu'. padahal benerlah ya, masak nyebut diri sendiri 'kamu', trus manggil org lain 'aku'. kan ngawur tuh orang! plis deh tar, serius dikit napa?? ya, ya. sementara, tutor di sini, gak aku aja sih, tapi rata2, membahasakan diri 'kakak/mbak', en manggil binaannya 'adek'.

mungkin kata 'kakak' dan 'adek', kesannya remeh aja, tp sebenernya, sapaan akrab ini punya efek positif banget. asli bedalah, yg lebih muda dr kita selalu lebih seneng dg kalimat sapa begini, "Sehat, Dek?" daripada, "Apa kabar, Ukh?" apalagi gini, "Kamu sehat2 aja kan?" ih, gak romantis banget!

tapi kalo ikhwan, biar lebih muda, biasanya tetep gak mau dipanggil adek. sok2an emang! (hoi, hoi... kita lagi bahas mutarobbi nee, bkn ikhwan!!!)

dulu, aku jg ngerasain yg skrg dinikmati (hihi) adikku itu. dr mr (murobbi) yg manjaiiin banget. manggil adek, rajin mutabaah, kalo kita ngomong didengerin sampe bener2 titik. eh, tau2 setelah itu dapat mr yg ngebahasain diri 'ana' trus manggil binaannya 'mbak/anti' en yg sama sekali gak bs diem klo binaannya lg curhat. grrr..., emosi, emosi!!! yu no hasilnya? aku en mr klo ketemu brantem mlulu. sebelumnya klo ngomong politik aku tenang2 aja, setelah itu jd gatel pengen matahin hujjah bliau. soal fiqh jg debat trus, jd males curhat. bahas interaksi ikhwan-akhwat pun tegang urat. pokoknya liqo' jd ajang perang deh!

lucunya, anehnya, uniknya. aku selalu kangen bliau. bahkan di suratnya, beliau ngakuin klo aku binaan yg rajin dateng liqo', jarang telat pula. dan setelah ktemu mr2 yg lain, aku nyadar. beliau itu, mr-ku yg paling kreatif, paling memuliakan tamu (dg sajian makanannya tiap liqo', yee!), plg cerdas, paling gaul, (kayaknya) plg byk hapalannya, dan paling siap tiap ngisi kajian. (pcyalah kakak2ku, aku bs nebak klo kakanda gak siap ngisi, ngalor ngidul. mgkn krn kecape'an ato apalah)

dulu kirain mr satu itu juara gak romantis, klo ketemu kayak gak kenal. tp trus salah satu flper brhasil nebak klo bliau mr-ku. gara2nya, ummahat itu ngeliatin aku dr ujung ke ujung, dr jauh sampe aku jauh lg. waktu itu pas acara di tugu juang. mm, mgkin bliau sedang mendoakan, (biar afdol smbil diliatin objek doanya): "Ya Allah, berilah hidayah pada sodaraku yg aneh itu; yg jilbabnya olwes kaos; yg sandalnya nyaris selalu jepit cowok; yg dr abege dah bawa motor tp gak pernah pegang sim; yg narsisnya amit2; yg saku roknya cepet banget robek tp gak dipeduliin; yg klo kondangan, ngaji, jalan2, tasnya tetep selempang item. ampuni ia ya Allah, karena dia manis. Aamiin."

(Hampir lupa) pesan moral: semua org py nilai plus en minus, gak usah ngebanding2in. yg kita anggap 'lebih', belum tentu bgitu. yg dianggap 'kurang' jg bs jadi malah lebih baik.

gitu ya dek...

6 komentar:

  1. hwahaha~
    so sweet bgt tulisan ni..
    :P

    BalasHapus
  2. ya lah diz, yg nulis aja SweetyMe;-)

    BalasHapus
  3. Murabbi itu artinya pemimpin atau pengasuh khan???

    Mbak,kunjung balik dunk! ^_^

    BalasHapus
  4. iya, pengasuh. tar anak2 di rumah manggil baby sitternya mr, kyakyaaa.

    (sst, yg bner hadonah!)

    BalasHapus
  5. whaha. .
    msih bayi dah pnya MR. .
    Mr. Anonymous

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....