Selasa, 01 September 2009

aku cinta indonesia, tapi...

alhamdulillah.. akhirnya gawean yg bkin jengkel smpe ke ubun2 slese juga! krn bkin puyeng, aku ngerjainnya pake jurus ngarang, apalagi kawan2 blg, belum tentu dibaca org dinas. su'uzhan sih, tp realistis!

laporan 8 hari sekolah, laporan bulanan, laporan keadaan guru. sbnernya dia muter2 di situlah, aku yg muda aja ngeliat kertas bbrp lembar dg isi data yg sama males, apalagi emak2 en bpk2 di sono. apa mau mrk ngoreksi laporan dr tk & sd se-kecamatan? gak yakin.

kata bu ela, "sebenernya gak susah kok, jd semrawut krn kita gak pernah laporan, jd tari kudu mendata dr awal." bener banget. tp bukan admin sebelumnya ato kepsek yg kebangetan gak pernah laporan, mrk ngakunya males ke dinas coz byk ketebelece. emg, aku ngerasa sendiri. yg duit fotocopy-lah (selembar 150, di dinas bs 5000!), uang sosial, iuran ini, itu... tega! masalahnya, klo gak ikut ngumpul (yg ujung2nya duit ntu!) kita bakal ketinggalan informasi. ada lomba gak tau, ada tunjangan utk guru jg gak bakal ada yg ngabari.

pcy gak pcy, yg bgni nih bkin org se-indonesia raya hidupnya byk yg susah, krn suka mempersulit org lain. siapa yg memudahkan urusan saudaranya, maka Allah akan memudahkan urusannya. sebaliknya bgitu. coba deh, instansi pemerintah yg mana yg klo kita py urusan bs gmpang kelarnya? gampang kelar klo bapakmu kepala bagian, ato namamu dikenal di jajaran pengusaha berpengaruh, ato yg semodel itulah. so, jgn heran klo apa yg kita py dijiplak en klaim sm malaysia. pasir kita disedot singapura dr bawah laut. aparat kita disetel amrik. tki kita diremehin negara lain, sdgkan org2 asing bs jd hartawan di sini.

gak usah heran, krn mental kita ambruk.

udahlah, yg udah tjd biarin hanyut dlm sejarah (yg smpe kpn pun gak pernah pasti, selalu ganti2 kisahnya, trgantung siapa yg berkuasa). sekarang waktunya org2 muda pegang kendali, putar balik kiblat kita ke tempat semula, buang aja adab bobrok py barat. mgkn yg masih bs diambil dr mrk adalah budaya disiplin dan optimisnya. dan asal tau aja, semua ada di Quran kita!

7 komentar:

  1. ternyata hidup di Indonesia serumit itu ya??

    tapi gak apa-apalah , kita syukuri keadaan kita.

    Kita tak lebih baik dari negara kafir yang tak punya agama.

    BalasHapus
  2. iya, untung masih punya iman. walopun gak tebel2 amat, hehe

    BalasHapus
  3. Iman kan kayak pagerank,,,

    bisa naik ,,,bisa turun,,,tul gak?

    BalasHapus
  4. Salam kenal...

    Sahurr... Sahurr...

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....