Minggu, 02 Agustus 2009

integritas kader dakwah

INTEGRITAS kader dakwah, akhirnya ketemu jg materi ini. Dijamin ngeri deh bahas beginian. Ketika ucapan dan perbuatan kita dipertanyakan keserasiannya! Yg ngisi aja dr awal udah wanti2 bahwa materi tsb utk beliau jg.

Singkat ajalah. pd satu slide, pemateri memperlihatkan foto seorg ummahat palestina dg 2 org anaknya yg ditodong senjata oleh tentara zionis. Beliau tanya, “apa perasaan antum? Kita harus marah, jika rasa cinta itu ada.”

Dadaku rasanya mo meledak, tinggal nunggu waktu. Pas sesi tanya jawab, aku langsung acung jari. “ustadz td bertanya apa perasaan kami. Selain foto ummahat td, ustadz perlihatkan foto ikhwah dalam aksi solidaritas utk palestina jg. Ana berani jamin, lebih dr separo mereka pakai nokia, termasuk ustadz sendiri. Lebih separo yg berdemo itu ada di facebook, bagi2 proposal (pajang tampang + biodata). Bgmn jika contoh buruknya integritas justru diperlihatkan oleh qiyadah?”

Pak i******r lgsg menutup wajahnya (sumpah, aku jd ngrasa brsalah. Afwan pak, bener2 gak mksud melukai hati, tp inilah momennya. Mumpung di sana berkumpul para akhwat dan ummahat, meski gak byk). Muka bliau merah, “syukran masukannya.” Bliau cm jwb itu. Dan aku jg sbnernya emang gak butuh jawaban.

Mtri slnjutnya, ahdab (tujuan) tarbiyah. Pertanyaan yg gak terjawab td, oleh moderator ditanyakan ke pemateri yg ini (aslinya, mbak pur penasaran) pertanyaannya dipelintir jd begini, “apa hukumnya menggunakan produk yahudi?”

Dasar! Aku kan bilang zionis, bkn yahudi. Jwbn ustd, enteng banget, “kita tuh gak akan bs lepas dr yahudi.”

Hhhhffff… jd olga deh, hancur hatiku!!! Jwbn lainnya klasik, “brg apa pun smuanya buatan yahudi, kita gak py pilihan.”

Syg, aku lupa merekam debatku selanjutnya. “pertama,” kataku, “kita bedakan yahudi dg zionis.” Krn mbak pur malah bantu pemateri ttg sirah nabi berniaga dg yahudi.
“Allah gak mgkn zhalim. Sgt byk alternatif. Ustadz blg pepsodent py unilever yg yahudi, masih ada ciptadent ustadz. Sabun lux bs kita ganti dg sahara yg bahkan ada label halalnya. Nokia bs digeser dg sony ericsson, motorolla gak lebih baik dr samsung. Sgt byk, tinggal kitanya.”

Ustadz gak mo kalah, “jgn kita aja dimanfaatin yahudi, kita jg bls manfaatin mereka.” Klasik kan? Percayalah, ini bkn alasan, tp NGELES!! “kita perjual-belikan brg2 yahudi itu, untungnya utk kepentingan islam.”

“itu namanya kita tdk berusaha. Seuntung2nya kita dagang barang haram, lebih untung kita produksi barang halal.” Pengennya ngomong gini, tp di mana2 di indonesia ini, yg tua lbh py byk kesempatan ngomong drpd yg muda. Gue dipaksa denger deh, mending browsing pke hp. Pura2 aja merhatiin.

Trus, ustadznya ngeluarin ilmu kanuragan, “fatwa itu tidak boleh memberatkan.” Apa mksudnya mo nyela ustadz qaradhawy ya?

“Tp ustadz, kita tdk boleh mendaruratkan yg tdk darurat.”

Eh, ada akhwat kammi nyela di sebelah. Dg gaya sotoy blg, “semua yg di internet jg py yahudi.”

Kutunjuk mukanya, “kawan2 gak suka baca!”

“org akan kesusahan jk brg2 yahudi diharamkan,” ustadz nyambung lg.

“ana nggak.”

“ya anti, yg lain?”

“itu tergantung kita.”

“fdfsiu jfklsfis mkfsisds.. dkai eruevahdgyu. Dad ddid dut…” ciri khas orgtua, gak mo dibantah… “yg pnting kita ykin, suatu hr nanti org2 yahudi akan ketakutan dg muslim.”

Ya udahlah, senior selalu benar (lagi2!) berarti sang ustadz telah memfatwahalalkan produk2 zionis. Ustadz lupa dg mumtahanah 8-9, ar-ra’d 11, dan hadits ini:
Barangsiapa menyeru kepada petunjuk (Allah), baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tidak mengurangi yang demikian itu sesuatu dari pahala mereka Dan barangsiapa menyeru kepada kesesatan, maka baginya dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, tidak mengurangi yang demikian itu sesuatu dari dosa mereka (tidak dikurangi sedikit pun –pen)
HR. Ahmad, Muslim Abu Daud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah.

Wallahua’lam.

23 komentar:

  1. Astaghfirullah. nyesel ga dtg kmaren. ustad ngomong gtu? trus apa guna lah kita teriak2 save palestine? ihshsyy... makin geram.. dmna2 gtu. diblgn pnya zionis, ngelesnya pnjang lebar. Allah brsm qt kak. terus berjuang..

    BalasHapus
  2. cari aja simpatisan suara pemilu biarjadi anggota dewan..koalisi supaya dapat kursi manteri...dgn cara fatwakan hukum wajib bagi kader...lalu bungkam sgala kritikan...jgn dengarkan suara nurani yg udah ketinggalan jaman..yang penting jabatan mmmmbooook

    BalasHapus
  3. waduh, gak ngerti ana. Yang penting semoga kita selalu diselamatkan dari fitnah dunia ini,Amin.

    BalasHapus
  4. prosesor PC yg bukn milik zionis ad g kak???

    BalasHapus
  5. wahaha.. iseng-iseng lewat, ketemu bahasan kayak ginih.. berat uy buat aku mah.. hehe
    Yah tapi siapapun orangnya.. mw itu aktipis ato aktebel.. pasti ngga bisa nutup mata sama masalah di palestin sanah,, iya ngga

    BalasHapus
  6. untung MR ku nggak Facebook-an,,, trus Hp nya Beyonce ehhh Beyond.... Ajiiibbb....

    BalasHapus
  7. @ aurora
    ini yg ke 888 kali ye..
    ada kawan yg nanya, jd ke mana aer mata tu ustadz yg dulu deres banget pas aksi di depan gloria?? meneketehe!

    @ naga
    ora ngerti boi...

    @ qori
    sering2 mampir sini, biar lama2 ngerti (maksod looh...!!)

    @ zenith
    analoginya kyak babi (uhuy!). klo adiz di hutan, trus gakda makanan lain slain babi, hajar aja tu binatang, kunyah deh gak pake nasi (iauw!!). blm nemu jg prcsor non-yahudi, jd pke aja yg ada. mdh2n yg bkin yahudi waras (bkn zionis). wong yg islam aja ada yg warasnya gak ful, ya to!

    @ ahmed
    berat sama difficult, ringan sama dibanting

    @ anonim
    mdh2an tu mr depan sm blkg sama. aamiin

    BalasHapus
  8. so, slama ad alternatif jangan pke produk zionis??
    itu intinya kan?
    okay

    BalasHapus
  9. Jangan lupa, Politik democazy juga produk yahudi lho. Hayo, beranikah kita meninggalkannya?

    BalasHapus
  10. Dr:Arief Brian

    Berjuang demi dakwah jihad fii sabilillah emang bagus kok!

    BalasHapus
  11. @ 212
    liat kan hasil demokrasi gmn?? okelah, utk sementara kita blm py alternatif lain, tp inget, itu bkn tujuan (walopun dah keburu byk makan korban). trus, udah tau minjem sistem politik yahudi, eh malah ditotal makan + make barang yahudi. padahal kaidahnya, yg tidak bs dikerjakan semuanya, jgn ditinggalkan seluruhnya!

    @ arief
    ya ya ya...

    BalasHapus
  12. @perusahaan blogger ini juga punya yahudi..gimana nih?

    BalasHapus
  13. mm, imbauan buat smua ni. klo baca jgn dilangkah2 ya, baca yg full posting en komennya. jd gak ngulang2 ngomel yg py blog, hehe.
    (jawaban utk qori udh ada di atas, tinggal baca baek2)

    BalasHapus
  14. Assalamu'alaikum..salam kenal.ikut nimbrung ya..kalo mba tari tidak mau memakai barang buatan zionis ya baik-baik saja, tapi kalo ada yang mau memakainya juga tidak apa-apa, lha wong gak ada larangannya juga..sebab hukum asal sesuatu adalah boleh (mubah. Menjadi haram ketika ada nash yang melarangnya..wallohu'allam

    BalasHapus
  15. Wslm. utk yg diatas, pernyataan tsb brlaku kalo keuntngan jka qt mmkai brg2mrka tdk dgunakan untuk, membom sdra2qt di palestine. g juga dgunakan utk menghncrkn islam. sygnya, stiap produk zionis yg qt gnkan,beriringn dgn khncuran islam. silakan search di intrnet, ap sj yg udh dilkukan tentara zionis trhdp sdr2 muslim yg lain,khususnya di palestina.. klo sdh tw ap yg mrka rskn dsn, yah, rsanya mlu aj klo qt msh "membiayai" zionis utk mmbeli snjata2bwt membnuh sdra2qt...

    ups,kpnjgn..he3

    BalasHapus
  16. @ cahaya
    sykrn dah mmpir. d quran emg gda teks lgsg 'jgnlah km minum cocacola,fb-an,apalg byr sndri..' en smisalny. ini adlh hsl ijthd,n yg mmftwaknny ustd yusuf q. ana mrjuk dr ayt2 yg srg mncul d pstg blog ini. sbg mslim,ana py amnh u mnympaikn,anggp aja pnggugur kwjbn. soal hsl,ursn Allah

    BalasHapus
  17. smg tulisan2 anda tidak melahirkan org2 yg salah dan EXTRIM dalam memahami Islam, sehingga muncul teroris2 berikutnya yg meledakkan bangsa sendiri yg bukan pada tempatnya.

    smg juga anda tidak memahami ayat-ayat dan hadis tekstual aja,,,semoga anda juga mempelajari hadis2 tentang muamalat dan toleransi Nabi dg org2 yahudi.

    janganlah puas dengan ilmu yg ada, lalu dengan gampang memutuskan sesuatu permasalahan.islam itu agama yg luas, agama yg tidak mempersulit, agama yg penuh toleransi, agama yg perlu dikaji lebih dalam.

    BalasHapus
  18. kt ali kw,mkin byk tau,sseorg mkin sdr trnyta lbh byk yg dy gtw. insyaallah aq pun gtu.
    klo crta yhdi,'qt' lbh sk mgangkat tlrnsi aja,pdhal rasul saw dkk jg mncntohkn ktegasn. wajar,kmd yg mmboikot israel-as adlh eropa,bkn arab aw asia. wajar,tp gak normal.
    anda pcy yg ngbom sna-sni tu muslim? mdh2n anda bkn krban ghozwul fikri ya,atw mnimal sgra smbuhlah. aamiin

    BalasHapus
  19. anda sudah terlalu jauh mentafsiri ghozwul fikri, sya harap anda cepat sadar hal itu, agar anda tidak lebih lama terkungkung dan terbelengku dg pemikiran sperti itu. klo anda selidiki lebih jauh lagi pelyanan internet yg anda pake saat ini juga tidak terlepas dari yahudi, tp syang kenpa anda masih menggunakan jasa internet..???lebih baik kita berfikir moderat aja, krn yg moderat itu yg terbaik, selagi sesuatu itu bisa digunakan dg baik dan lebih besar manfaatnya, kenapa harus kita tolak..?

    BalasHapus
  20. maaph ya, blog ini bkn ajang ngotot2an. mending klo baca yg lengkap, en plis, bedain yahudi dg zionis.
    2 hak ilmu: amalkan, sampaikan. gak perlu disombongin, krn sebesar dzarrah saja kesombongan, akan melemparkan kita ke neraka. na'udzubillah

    BalasHapus
  21. semoga aja ukhty bisa mengamalkan ilmunya dg benar, sesuai dg ajaran islam yg penuh damai, toleransi, mementingkan kemaslahatan umum,saling menghargai dan menghormati, dan smg jg ukhty tidak salah dalam memahami ketegasan(أشداء على الكفار). sehingga islam tidak menjadi agama yg mnakutkan bagi non muslim, smg jg ukhty bisa btul2 mnapilkan islam adalah rahmatan lil-alamin.Amin ya Robb.salam kenal dari bumi Hasan Albanna.

    BalasHapus
  22. aamiin.
    hasan albanna dah mangkubumi di bumi Allah. (dan ana gak pernah peduli dr mana seseorg berasal, gak 'silau' en gak ngeremehin)

    BalasHapus
  23. hanya kata2 mutiara yg slalu terpancar dari mukminah sejati...syukron jazilan.

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....