Minggu, 30 Agustus 2009

amanah

sekadar menunaikan amanah. pesen mbak novi, tar foto2 munas tolong dipajang di blog, biar kawan2 bs ngopy. aku taro dikit aja ya


laut. hehe, foto paling indah



foto yg bikin bunda ria ngomel, "duduk kalian itu!!"



aslinya tetep pisah kok, ikhwan en akhwat. ke belakangnya yg suka out of control



beneran lg nerima telp, bukan gaya2an



ifadah (sesama delegasi jambi)



enaknya foto bareng seleb: rahmadiyanti rusdi, syarifah lestari, izzatul jannah, muthmainnah



kang irfan, mbak dianti, kang abik, mbak intan (duduknya kayak lapis. buun..!!)



jemuran!

Rabu, 19 Agustus 2009

syarifah lestari tidak ada di facebook

munas flp edisi 2. aku en ifadah sampe di solo qobla subuh. bersih2 en shalat subuh, trus dianter salah satu karyawan bus putra remaja ke stasiun balapan. acung jempol deh utk org jawa, mungkin 98% ramah smua! tp yg di solo en jogja ya. gak tau yg laen, apalagi yg di sumatra, hehe. dr balapan, naek kereta api pramex turun di lempuyangan. pd perjalanan berikutnya (dr jogja ke solo) aku bingung, mo naek pramex kok yg ada kereta prambanan? dah bingung lama baru ngeh, pramex tu singkatan prambanan ekspress. dasar katrok!

klo dibandingin solo en jogja, (versi aku) solo lebih menarik. lebih bersih. apalagi dibanding jambi. kyakyaaa, ampun bg zul! di jogja byk turis, kata ifadah malah kayak bali. aku sih liat mereka inget babi. hiah! maksudnya flu babi. lagian males banget liat org eropa yg tindiknya di sana sini, kulit kasar diumbar2. apalagi mereka tinggi2, aku jd ngerasa kate. badan mereka langsing, aku jd ngerasa bantet. tp liat mereka setengah telanjang, aku ngerasa lebih bermoral!

next, di taman budaya solo, flpers se-dunia ngumpul. gak mksud lebay, tp emg bkn dr indonesia aja. ada yg dr mesir, saudi, jepang, hongkong, kanada, dll. tp tampangnya indonesia sangad. emg, mereka wni kok. ada yg kuliah s1, s2, ato kerja di luneg sono. pas ngumpul2, kenalan, tuker nomor, ujung2nya yg kukhawatirkan terjadi, "punya fb?" pertanyaan terkutuk itu!

kubilang, flpers jambi gak doyan fb, klo acara gak pernah nyuguhin aqua (kayak mereka), malu pake nokia, dan kuangkat2lah soal produk zionis. gak byk yg kuceritain, krn sbnernya mrk nyadar kok. ya biasalah, ngeles en ngles lagi. apa susahnya sih!

iseng2 ku-cek lah nama2 penulis flp di gugel. emg yg pertama muncul kebanyakan fulan/ah on fb. istighfar aja. males byk bacot, mereka kan dah tau, capek aja tegang urat. org klo mkin byk tau, mkin pinter berapoloji. mgkn bagi sbagian org, bgitu ngeliat org yg kasat mata ilmu (dan mgkn imannya) di atas dia melakukan sesuatu yg merugikan agama, dia akan ikut2an melakukan hal tsb dg pertimbangan byk kawan. tp aku lebih suka berpikir sebaliknya, aku dkk harus ttp bertahan. biar Allah lihat, kami masih di sini, utkMu Rabb!

hidung

munas flp edisi 1. krn keterbatasan dana, aku en ifadah ke solo naek bus. mantep, 3 hari 2 malem ngeratain pantat di putra remaja. pertama masuk bus, aku yg sering reflek rada dableg, nyium bau gak enak en langsung aja bilang, "ih, bau!" sumpe, waktu itu kukira bau asing yg kucium berasal dr selimut2 yg ditata rapi di tiap2 bangku.

asli, hidungku adalah benda plg sensitif dr organ2 lain yg Allah kasih. "org kampung mana sih yg ngelap 'kotoran tidur'nya di sini?" ifadah langsung melotot. ngerasa kali dia.

tp pas aku gak sengaja noleh ke kiri, br aku ngeh, dr mana asal bau aneh itu. di samping kiri, belakang bangkuku (beda barisan), ada seorang ibu yg mukanya ditutup kain. setiap aku noleh, bau itu makin nusuk. mm, kemungkinan di balik kain itu ada luka yg ngeluarin bau tadi. krn gak tega nutup hidung depan ibu tsb en suaminya (mungkin), aku milih pindah duduk dekat jendela. alhamdulillah ifadah mau diajak tukeran. soale emg cm aku yg sgitu sensinya dg bau. yg lain kyknya tenang2 aja, ato malah menikmati??

jadilah sepanjang jln aku nutup hidung sambil nahan sakit kepala krn bernapas dr mulut. setelah agak lama jalan, dg ac yg kukencengin, barulah bau aneh itu bubar dr mukaku. tp klo aku noleh ke kiri, biasanya bau itu nyangkut lg ke hidung. so, aku ngadep jendela trus, seolah menikmati pemandangan. selera ngemil amblas, kebayang koreng. ujung2nya, aku merutuk, knp Allah kasih hidung yg lebay gini.

lupa malem ato subuh, aku ke toilet. bus putra remaja brentinya gak di waktu2 shalat kyk bus lorena. jd aku shalat di bus, ambil wudhu di toilet. lg enak wudhu (emg enak, air ac dinginnya ampyun!), aku nyium bau gosong. kutoleh ke atas, trnyata jilbabku terbakar! lampu toilet gak ditutup, krn ruang toilet kecil dan rendah, kepalaku nyentuh tu lampu, jdlah dia bakar bagian depan jilbab yg kusingkap ke atas. alhasil, jilbabku bolong...

duduk di bangku, aku senyum sendiri. "thx God, Kau beri aku hikmah itu." bayangin klo hidungku gak sensi, mgkn kepalaku dah keburu terbakar, baru aku ngeh ada api di toilet. klo dah gitu, mungkin aku panik, trus gak bs buka pintu toilet. bs ditebak, bus terbakar, oleng, terguling, en den.. meledak?? na'udzubillah!

Jumat, 07 Agustus 2009

pengemis

Org2 sering teriak I Hate Monday (aku benci emakku, translet bhs minank). Tp aku, agk sebel klo ketemu jumat.
pagi2 ketemu emak2, nonton org berebut ngomong. "data, data, data... alfath sumbangannya mana? plis ya, ini forum kepsek!" haduu, kangen deh sama bantal!

klo udah berhubungan dg dinas, siapin deh receh buat ini itu. receh, khusus alfath, soale aku gak bakal ngasih duit byk2 ke mereka. ya lah, apa gunanya udah digaji, malak jalan trus. contohnya wkt ngambil form utk nuptk, "administrasinya bu, terserah berapa...." di kupingku, ini kedengaran kayak: "tolong bu, sedekahnya. saya blm makan enam belas hari, serelanya saja." krn duit terkecil di tas ceban, ya kukasih segitu. pdhal utk yg di lampu merah paling2 ngasih seceng! biarin, brarti yg berseragam di kantor2 itu sdg mendoakan dirinya spy hidup melarat. tinggal diaminin aja. aamiin.

ngetik2 soal pengemis (pdhal dr td gakda kata ini ya), bbrp bulan lalu aku liat di simpg telanai en simpang jelutung, eh bukan simpang jelutung, simpang apa tuh yg arah pasar hadapan arah trona, arah kasang hadapan arah jelutung (sotoy lu, tiap dr diknas aja pulangnya gak pernah tanpa nyasar. mo ke trona sampenya ke meranti. mo ke jambi independent nongolnya di pasar baru!)

di simpang2 itu, ada uu entah sponsored by polri, depsos, ato pemda (yg jelas bkn dr perkumpulan pengemis), isinya lebih kurang: "dilarang memberi sumbangan kepada peminta-minta diajkjljf jdaia kfeeroa sembelekete di jalan2. sanksinya deireru tat tit tut sentuluyut"

menurutku, ini adalah uu plg aneh sejagat. harusnya tu spanduk dipajang di depan kantor2 pemerintahan, en isinya direvisi dikit: "dilarang memberi sumbangan kepada peminta-minta diajkjljf jdaia kfeeroa sembelekete DI MEJA2. sanksinya DIUSIR DARI INDONESIA" tu baru keren!!

logikanya, klo org2 miskin dibina, kan mrk gak bakal berceceran di jalan2. lowker aja sekecil lobang jarum. mutu pendidikan bikin nangis. kata kakakku, sekolah gratis adanya di tipi, daftar aja yu ke sono!

jalan aspal bolong sana-sini, padahal apa2 dipajakin. contohnya, wkt organisasiku ngajuin proposal ke walikota, katanya harus ada surat dari kesbang. daftar ke kesbang, org kesbang bilang harus py npwp. ke kantor pajak utk urus npwp malah diminta surat izin usaha. huaa, ampun deh! padahal organisasiku kan lembaga nonprofit, cari duit kok malah keluar duit!

satu lagi, kemarin liat org demo di kotabaru, kayaknya ngomelin pdam, mgkn krn srg mati air. pln tuh, hajar jg. sehari bs mati lampu 3x! trus speedy, byr mahal, konek gagal melulu. asik2 blogging, dia putus.

hey, hey.. katanya satu, ini mah lebih!

Minggu, 02 Agustus 2009

integritas kader dakwah

INTEGRITAS kader dakwah, akhirnya ketemu jg materi ini. Dijamin ngeri deh bahas beginian. Ketika ucapan dan perbuatan kita dipertanyakan keserasiannya! Yg ngisi aja dr awal udah wanti2 bahwa materi tsb utk beliau jg.

Singkat ajalah. pd satu slide, pemateri memperlihatkan foto seorg ummahat palestina dg 2 org anaknya yg ditodong senjata oleh tentara zionis. Beliau tanya, “apa perasaan antum? Kita harus marah, jika rasa cinta itu ada.”

Dadaku rasanya mo meledak, tinggal nunggu waktu. Pas sesi tanya jawab, aku langsung acung jari. “ustadz td bertanya apa perasaan kami. Selain foto ummahat td, ustadz perlihatkan foto ikhwah dalam aksi solidaritas utk palestina jg. Ana berani jamin, lebih dr separo mereka pakai nokia, termasuk ustadz sendiri. Lebih separo yg berdemo itu ada di facebook, bagi2 proposal (pajang tampang + biodata). Bgmn jika contoh buruknya integritas justru diperlihatkan oleh qiyadah?”

Pak i******r lgsg menutup wajahnya (sumpah, aku jd ngrasa brsalah. Afwan pak, bener2 gak mksud melukai hati, tp inilah momennya. Mumpung di sana berkumpul para akhwat dan ummahat, meski gak byk). Muka bliau merah, “syukran masukannya.” Bliau cm jwb itu. Dan aku jg sbnernya emang gak butuh jawaban.

Mtri slnjutnya, ahdab (tujuan) tarbiyah. Pertanyaan yg gak terjawab td, oleh moderator ditanyakan ke pemateri yg ini (aslinya, mbak pur penasaran) pertanyaannya dipelintir jd begini, “apa hukumnya menggunakan produk yahudi?”

Dasar! Aku kan bilang zionis, bkn yahudi. Jwbn ustd, enteng banget, “kita tuh gak akan bs lepas dr yahudi.”

Hhhhffff… jd olga deh, hancur hatiku!!! Jwbn lainnya klasik, “brg apa pun smuanya buatan yahudi, kita gak py pilihan.”

Syg, aku lupa merekam debatku selanjutnya. “pertama,” kataku, “kita bedakan yahudi dg zionis.” Krn mbak pur malah bantu pemateri ttg sirah nabi berniaga dg yahudi.
“Allah gak mgkn zhalim. Sgt byk alternatif. Ustadz blg pepsodent py unilever yg yahudi, masih ada ciptadent ustadz. Sabun lux bs kita ganti dg sahara yg bahkan ada label halalnya. Nokia bs digeser dg sony ericsson, motorolla gak lebih baik dr samsung. Sgt byk, tinggal kitanya.”

Ustadz gak mo kalah, “jgn kita aja dimanfaatin yahudi, kita jg bls manfaatin mereka.” Klasik kan? Percayalah, ini bkn alasan, tp NGELES!! “kita perjual-belikan brg2 yahudi itu, untungnya utk kepentingan islam.”

“itu namanya kita tdk berusaha. Seuntung2nya kita dagang barang haram, lebih untung kita produksi barang halal.” Pengennya ngomong gini, tp di mana2 di indonesia ini, yg tua lbh py byk kesempatan ngomong drpd yg muda. Gue dipaksa denger deh, mending browsing pke hp. Pura2 aja merhatiin.

Trus, ustadznya ngeluarin ilmu kanuragan, “fatwa itu tidak boleh memberatkan.” Apa mksudnya mo nyela ustadz qaradhawy ya?

“Tp ustadz, kita tdk boleh mendaruratkan yg tdk darurat.”

Eh, ada akhwat kammi nyela di sebelah. Dg gaya sotoy blg, “semua yg di internet jg py yahudi.”

Kutunjuk mukanya, “kawan2 gak suka baca!”

“org akan kesusahan jk brg2 yahudi diharamkan,” ustadz nyambung lg.

“ana nggak.”

“ya anti, yg lain?”

“itu tergantung kita.”

“fdfsiu jfklsfis mkfsisds.. dkai eruevahdgyu. Dad ddid dut…” ciri khas orgtua, gak mo dibantah… “yg pnting kita ykin, suatu hr nanti org2 yahudi akan ketakutan dg muslim.”

Ya udahlah, senior selalu benar (lagi2!) berarti sang ustadz telah memfatwahalalkan produk2 zionis. Ustadz lupa dg mumtahanah 8-9, ar-ra’d 11, dan hadits ini:
Barangsiapa menyeru kepada petunjuk (Allah), baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tidak mengurangi yang demikian itu sesuatu dari pahala mereka Dan barangsiapa menyeru kepada kesesatan, maka baginya dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, tidak mengurangi yang demikian itu sesuatu dari dosa mereka (tidak dikurangi sedikit pun –pen)
HR. Ahmad, Muslim Abu Daud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah.

Wallahua’lam.