Jumat, 03 Juli 2009

ghibah (gosip)

Syarifah Komputer. Baru jg ditinggal 2 malem, ni rental udah kyk kapal jungkir balik. Kucing rese’ kebiasaan maen tinta, angin knceng bikin jatuh banner (liat kakak laki2 en abg iparku, gda yg py inisiatif masangin! Mknya aku srg minta tlg ammunya wawa), cd label brserak, debu udah kayak salju (tebel!), gelas kopi baris kayak paskib (inget k’ghofur, “ini rental apa warkop?” hihi).

2 malem mabit di rumah k’meli, mantan sekretaris flp jambi. Bliau ini sbnernya ‘titipan’ strktur utk mjg flp spy slalu dlm ‘koridor’. Errornya, ni kk malah ttp d flp en ngabur dr strktur. Hadu, flp lah yg kena. Aku sbg ktua lmyan brasa loh, pas dia mndur dr struktur, umht2 pd ny ttg flp. Seolah2 mrk ngbandingin, apa sih yg mnarik d flp, smpe2 bs bkin ssorg lbih milih k sni drpd orgnssi lain? Sebodo!

Hr pertama d rumah k’meli, ada bunda. Pas br2 ngbrolin tokoh krg krjaan yg gak bosen2nya ngomongin flpers, k’meli lgsung ngingetin. “Dek, apa bedanya kalian dg dia? Org ghibahin kita gak perlu dibales dg ghibahin dia.”

“Sebel tau, kak!” kataku.

“Ya, trus untungnya ngomongin dia?”

“Lega dikit aja.”

“Udahlah.” Mungkin k’meli mo blg, ngegosipin org sama dg makan dging sodara (al-Hujurat 12). Tp batal ngmong gitu, coz mkir, emg akhwat 2bji ni br ngaji pagi tadi? Hey, lama ngaji gak slalu brbnding lurus dg pmahaman en aplikasi. Byk kok yg… udah tar, jgn manjang!

Aku srg kok jd korban gosip, maklum seleb (jder!). dulu waktu di bahar, kwn skelas ngomongin aku tepat di depan hidungku! Ngomongnya pke bhs jawa, dikira aku gak ngerti. Aku lupa dia ngomongin aku apa, tp tari remaja baik, jadi aku nyantai aja. Di cileungsi, kjadiannya gitu jg. ada cewk n emak2 ngomongin aku pke bhs sunda, jrknya plg smeter dr aku duduk. Aku tau artinya. Dia blg aku ni bdn doang gde, pdhal masih kcil. Wkt tu umurku br 18. Mrk ngmong cekakak cekikik tnpa ngliat aku, seolah2 gak sdg ngmongin gitu. Dalem ati kubilang, mnding aku bdn gede, drpd kalian, bdan ama otak sm dkitnya.

Trus, di tanah abang. Ttangga kios yg tmpngnya chinese ngbrol dg negro pke english. Ngomongin cewek di depannya yg suka ada suka nggak. Tiap si negro liat, ni cewek gak jauh2 dr ngemil. “menarik ya,” kata negro. “tp dia cuma gadis kecil!” kt k’lia, ttga kiosku itu. Aku ccdt (cak2 dak tau) aja. Ditaksir negro, makasih, aku en dia sama itemnya!

Ada lagi, anak kawan bpkku yg bbrp hari kmrn nginep d rumah. Dia pnjem hpku utk nelp bpknya, eh pas curhat malah ngomongin aku. Hoi, biar jawaku udah luntur, tapi kulo ngerti sampeyan talk about opo!

Kupikir, org2 ini trmasuk py nyali. Byngin, mrk brni ngmongin ybs di dpn mukanya. Drpd yg ntu, ngomongin org di blkg, anehny lg ne, ntah krn alasn apa. Aku bhkn gak pernah interaksi dkt dg dia, yg klo itu tjd bs aja dia trsinggung ato apa gara2 aku. Org dia nyebut namaku aja keliru, artinya emg gak kenal. Nah, trus kok bs py refrnsi? Mklum, yg diomongin seleb. Gelegar!!

8 komentar:

  1. .....
    Bangsa kita emang masih pada seneng bergosip, terbukti dari rating infotainment yang selalu tinggi... malah skrg masih berjamuran aja...

    Lebih senneng ngurusin kejelekan orang lain, akhirnya lupa sama kejelekan sndiri deh... :-(

    BalasHapus
  2. @ djoko sableng
    gak sanggup ngasih komen ya slain ngikik? abiz empunya blog narsis sih!
    oya, ngomen di blogemasjenggot kok gak mncul?

    @ ditter
    betul, smpe capres-cawapres aja pd ngangkat diri dg ngjelekin org laen. (hoi, no politik tar!)

    BalasHapus
  3. Wah,saya jadi punya banyak pertanyaan soal ini:
    Pertama, apakah gosip itu dibolehkan?
    Apakah yang namanya gosip itu identik dengan ngomongin kejelekan orang?
    Kalo ngomongin orang tapi yang diomongin adalah kebaikan-kebaikan dia, apakah itu tidak termasuk gosip juga? Kalo misalnya guru sejarah lagi ngomongin Hitler,Darwin,or siapapun itu dari zaman dulu, dia bisa dikatakan lagi ngegosip ga? He3x..

    BalasHapus
  4. gosip tu biasanya yg jlx2, klo pstif bkn gosip. ciri2nya, klo qt ngmongin, fokusnya ke aib doang. ato klo niat awal mo diskusi, tp yg ada malah tanpa solusi, itu jg jatuhnya gosip.

    guru sejarah ngomongin hitler itu lagi ngejelasin. ngomongin darwin berarti lagi ngedongeng, soale teori darwin ngibul semua! huehe

    BalasHapus
  5. Ana faham sekarang. Ups,salah. Maksud saya "paham" bukan "faham". Kata orang,gunakanlah bahasa Indonesia yang baik dan mendingan. Ya, nggak?

    BalasHapus
  6. Ikut nimbrung nih...

    Gosip atau Ghibah itu ngomongin orang lain yang seandainya orang yang digosipin itu denger, dia merasa tidak suka, tak peduli apakah yang diomongin itu kejelekan atau kebaikan. Karena tak setiap orang itu senang kalo kebaikannya itu diomongin. Begichu....

    BalasHapus
  7. makasih mas sugeng...

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....