Rabu, 29 Juli 2009

tk (alam) islam al fath jambi

Subhanallah, kagum banget liat anak2 didik tk alam al fath, sejak pagi di antara kerumunan orang, di bawah langit jambi yg hampir selalu terik, mrk masih aja semangat. Kumpul pagi2 di depan rri telanai (komplek kantor gubernur), aku lupa temanya dan dalam rangka apa, krn emg bner2 gak perhatian. Jumat kmrn nganter kepsek ke diknas kecamatan, hasilnya entah apa gak dikasih tau. Senin en selasa byk kluar, jd gak ngerti guru2 sibuk ngapain.

Snin lalu, ke diknas provinsi buat ngambil kaos senam utk anak2. Di sana rusuh banget, guru2 en org2 dinas saling ngotot soal jumlah kaos, pendaftaran dll. Org dinas kuliat banyakan ngobrol, pantes kerjanya ngawur. Yg ibu2 guru, bawaannya angker aja. Kok bs betah ya murid2nya, hihi.

Td di antara sekian byk org, di sesak dan panasnya lapangan, byk anak2 nangis. Kecape’an, laper, haus, panik, bete, dll sembelekete. Anak2 al fath yg cerdas, mandiri dan berjiwa pemimpin itu pd baek smua. Azfa keren ttp anteng dg pkean adatnya, muhammad cool biarpun kepanasan. Yg lain2 msh ketawa ketiwi. Senam mereka semangat, gerak lagu pun gitu. Bangga deh! (huu, kyak yg pernah ngajarin mereka aja!) hehe, plg gak ini bukti bhw pendidikan Islam bs diandelin.

Trus, momen yg kutunggu2: nganter muhammad pulang. Gak tau knp, blkangan aku suka anak2, pdhal biasanya remaja lbh mnarik drpd anak tk. Muhammad itu mau memulai pembicaraan, en klo ngomong kyk diatur. Contohnya gini, pas di jalan ke parkiran dia ngomong, “td muhammad cari2 teletubbies tp gak ketemu. Ya udah, muhammad maunya kincir angin aja.” Hehe, kyak mamakku. Tau deh, dia mo blg, “minta kincir angin!”

Di parkiran.. “Bu Tari, sempit ni.”

“Iya, Ibu keluarin motor dulu, baru Muhammad lewat.” Deg, klo dipanggil ibu sih udah mulai biasa, tp membahasakan diri dg kata ibu, rasanya gimanaa gitu.

Jd inget pas pg nemenin filza makan sate. Krn dah kenal lama, en smpat ‘berguru’ dg ibunya, jd ni anak manggil aku amma (bibi). Qt br2 makan smeja dg anak2 smp, si filza kan emg doyan ngobrol, smbil makan ada aja celotehnya,

“Ma, gak pedes ya.”

“Kakak mo minum, Ma.”

“Minta es tebu ya, Ma.” Dan ma ma yg laen.

Kyknya anak2 smp di depan kami ngira si filza anakku (klo bner, brarti mrk katarak. Gak liat sejauh itu bedanya! Ato mrk smbil bisik2: bruntung bgt ni tante, suaminya pasti putih en cakep bgt)

Dg nyantainya, salah satu dr mrk blg, “enak ya, klo mkn bareng ortu. Dibayarin.”

“Ya lah klo dpn org rame, coba sndiri, boro2 dibeliin, malah kena omel.”

Taulah, sdikit byk mrk nyentil aku. Tp sori ye, insyaallah aku gak gitu loh! Balik ke parkiran dg muhammad td, aku jd mikir, tar anakku manggil apa ya? Mama gak enak didenger, ibu udah pasaran, emak aseli ngampung. Mgkn ummi.

Woi, cari abinya dolo!!!

Senin, 27 Juli 2009

cerita pagi

Hp-ku nyalak pagi2, serombongan sms yg smalem pending krn telkomsel kena gangguan jiwa, masuk rame2. Mm, bangun deh. Pas buka pintu, ada makhluk kecil nyambut di depan kamar. Tiap hari ya gini, ada kucing mo sahur. Tapi waktu dhuha nanti, dia dah buka. Namanya mentel, klo minta makan gak mau teriak2. Cukup ikuti aja tuannya, tar ngerti sendirilah yg diikuti tu.

Pesan Rasul saw (lebih kurang), ORANG YANG MEMUTUSKAN HARAPAN MAKHLUK, ALLAH AKAN MEMUTUSKAN HARAPANNYA DI AKHIRAT KELAK. Perawinya lupa, nemunya di buku Di atas Sajadah Cinta py kang abik. Insyaallah shahih.

Krn hadits tadi, kubuka saji. Tara.. ternyata, mentel lebih untung drpd ane. Ada ikan goreng sepiring, tp nasi putih sebutir pun gak ada. Udahlah, tuh ikan entah brp biji kukasih aja ke mentel en emaknye yg ikut2 pula nimbrung. Paling nanti siang dikarate yuk eni, ikannya habis. Trus, utk aku sendiri, ya aku masak. Ni sambil ngetik, sambil nunggu petir. Kt yuk eni, bakal ada petir, kalo aku masak.

Udah mkn sepiring ikan, ternyta mentel blm kenyang. Ampun deh, org masak kaki digerayangi, males bener. Udah kuomeli, kuancem pentung, tetep aja dia nempel. Pikirnya, ‘ah, tari ini, mana mungkin dia mukul!’ trus pas aku ngambil telur, dia nguber. Klo dlm kndisi gini, biasanya aku mikir, masak pinter kucing drpd aku! Makanya, begitu balik ke dapur, aku buru2 nutup pintu. Horee, gak bs ngintil lg luuu!!

Yuno, kejadian berikutnya bikin keki. Tuh kucing bs buka pintu!

Sepinter2nya kucing, tetep pinter oranglah. Ada 3 cara jauhin kucing yg aku dpt dr pengalaman sejak kecil (lebayy!!): 1. Siram air (jgn air panas—wkt kecil aku bygi org yg nyiksa kucing, di neraka digebukin kucing itu, hihi). 2. Jentik telinganya (jgn keras2). 3. Takut2i pke sapu (takut2i aja, jgn dipukul, apalagi diajak terbang!)

Bebas dr kucing, aku sahur depan pc. Sambil dengerin Dan Byrd dkk. Ada boulevard, smile for me, don’t forget to remember, take my hand for a while, we don’t have to say the words… doo, sok romens! Lg asik2, dr msjd ada suara murottal, ngalah deh.

“Dan apabila dibacakan al-Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat” (al-A’raaf 204)

Rabu, 22 Juli 2009

ustadz-ustadzah menyedihkan

Jam 8 pagi ktmu ela di kolam renang sungai sawang. Cuaca dingin, tp tau2 kpalaku rasanya panas. Ela laporan, petinggi partai buka aib flp di mjlis kampus. Aku sering ktmu istri ybs, dan rasanya pngen tanya ke bliau, apa mnfaat yg sdh didapat suaminya dg menceritakan kburukn kami di dpn umum?

Seseorg, yg gak sdkit org manggil dia ustadz, tega menyampaikan berita yg dia gak liat sama sekali kejadian itu. Kami ditimpa fitnah berlapis2, oleh org2 yg seharusnya mendorong kami spy maju.

Harusnya ku-upload foto hari itu di sni, biar yg mampir mnilai, di mana letak ikhtilatnya (ato sekalian aja bahasakan, zinanya!). coba bandingkan dg foto bareng para caleg yg dulu ngotor2in jalan! Sayang, filenya entah di mana.

Org blh nilai flp itu organisasi cair, encer, ato mgkn kmpulan org dg sdkit ilmu. Tp flp jg layak kasian liat mrk2 yg kpalanya kberatn ilmu, smpe2 gak bs gerak utk skadar tabayun (kroscek) cm bs ngomong, itu pun bkn cm gak penting, malah bkin fitnah. Gimana gak fitnah, rdaksi ucapan ustadz itu lebih kurang bgini, “akhwat2 itu jangan cair, jgn kyk organisasi itu, ikhwan akhwat makan semeja. NA’UDZUBILLAHI MINDZALIK!”. Blm lg klmt2 lain, hadap2an, psg2an, foto brsama… mrk kira cm mrk yg py otak!

Percuma k’fenti tiap hari ngibur gak ada brita apa2 di struktur, klo hampir tiap hari pula aku dpt crita yg ktrlaluan dr mulut ke mulut soal ini. Klo gak mikir py rncana dlm wkt dkt ni, pengen kudatangi dpw sungai kambang tu utk gebrak mrk yg sempat2nya ngomongin org, pdhal sehari2 ngakunya sibuk, byk amanah. Jg lidah yg ada di kpalanya aja dia kewalahan!

Di saat kyk gni, kwn2 rame2 cuti. Maunya ngimbangi negatifnya komunitas ini dg karya, kwn2 lebih sk gak dateng drpd bw tulisan. Trus, harus gimana lg?? satu org yg aku pengen tunjuk mukanya, trus tanya, “puas, sdh mengarang cerita ke sana kemari ttg aku dan organisasiku?” seseorg yg entah aku py salah apa dg dia, cm bbrp menit dia lht km makan, lalu menyebar fitnah hgg brbulan2 masih kecium baunya.

pecinta facebook

Reni sms. Maunya kuketik di sni, tp inbox dah kburu dikosongin, krn aku gak sanggup baca sms dr ssorg yg dulu aku syg bgt. Inti sms itu, dia bingung dg snior2nya yg kompak ngeramein facebook. Aku blm crta byk ke ank ini, krn fb heboh pas frekuensi lq brkurang sbb pghuni halaqah pd pulkam.

Di sms itu, reni crita soal fb en artkel yg dia baca, bhw pmlik fb adalah seorg zionis yg jg pndiri lsm utk israel raya. Kublg, soal itu udah prnah kusampein, mau mrk nrima ato mnolak, itu urusan mrk dg Allah. Sms reni lalu kuforward ke satu akhwat yg trmasuk pengguna fb. Jawabannya…

ANA EMANG AKTIF DI FB, DAN SEBENTAR LAGI PAKE M3!

Astaghfirullahal’azhim. Airmata emg gak guna utk mslah ini, tp cm itu btk ekspresi.
Aku gak pernah brmksud spy org2 ninggalin fb, kfc, nokia, dll milik zionis krn aku. Yg krn gak enak ato takut itu, ktika dia kecewa dg aku yg manusia biasa, dia berbalik. Entah musyrik, entah munafik. Aku gak py hak melabeli org lain.

Lanaa a’malanaa, lakum a’malukum. Utk kami amalan kami, utk kalian amalan kalian. sama spt aku menasihati binaan yg disebut2 umahat sering pacaran, kukatakan dlm hati, Ya Allah, aku hanya mampu menyampaikan, selebihnya kuserahkan padaMu

Senin, 20 Juli 2009

sidang mentor

Rapat terbatas, utk mentor trtentu. Duduk dlm ruangan trtutup, trus saling tuding. Tdnya aku n d’gank kyknya mo disidang, tp yg ada, qt yg nyidang mrk. Awalny aku yg plg lunak, tp trus mulai naik darah pas para snior ngungkit2 mslh koordinasi. Smntara kami yg yunior ini suka gondok kuadrat liat kinerja atasan. Akhirnya, bs diblg di situ senior-yunior saling menelanjangi.

Ah, dlm brjmaah itu hal biasa. Tdnya mo ngamuk, tp urung. Aku kan dah dewasa (uhuk!). td bhkan brusaha jd peacemaker, krn pimpinan rapatnya ikhwan, jatah ngomongnya cpat habis. Aku ats nama kawan2 minta maaf aja, mskpun kliatn muka re asem banget. Ishbir ya ukh, kita kan kerja bkn utk manusia, gak guna pujian ato makian makhluk. Yg kita butuh reward dr sang Khalik!

Di mana tempat, yg namanya organisasi selalu dibumbui konflik. Mo orgnsi dakwah kek, kmpulan rampok kek, sunnatullahnya bgtu. Gak gampang nyatuin bbrp kpla dg macem2 krkter dlm satu wadah. Td liat slh satu akhwat nangis, aku inget 2 th lalu pas aku nangis di depan k’fenti, ngaduin kaderku yg akhlaqulkarimahnya sdg robek. Sbnernya aku pngen marah ke ybs, tp ngrasa gak brkepentingan.

Aku dah nebak, kk itu bkal nangis. Aku liat matanya berkaca2. Dan akhirnya… bobol jg prtahanan bliau. nah, utk mndinginkn suasana, kuminta pimpinan beralih ke pmbahasan solusi aja. Tp, lg2, ada pula yg mgungkit yg udah lalu. trnyata curhatan blm slesai. Gara2 k’neni mnyuarakan kkesalannya, re jd geram en ngmong lg. yupz, hbslah wkt. Hari kburu maghrib, acaranya cm diisi curhat, hujat, dan (alhamdulillah) maaf.

Aku jg py andil bkin panas suasana. Krn dibilang kecil, aku jd kpncing ngmong ada aroma senioritas di sini. Pedih bgt sbnernya dibilang cm kmntar dr luar, pdhal bs dblg snior cm konseptor, ttp aja plakunya para yunior. Tp udhlah, klo diturutin bs putus ukhuwah. Klo kburu mati, di akhirat dicuekin Allah (brdasarkan hadits shahih—aku lupa redaksi tepatnya).

Kakak2 en kawan2ku syg.. kita bljar saling memahami ya. Kita kan satu tujuan, dan brdiri dlm jamaah yg sama. Musuh kita udah byk, dr musyrik, munafik, kafir.. blm lg sodara2 sesama muslim yg kdg lebih suka asbun dan rajin ngejudge. Yg jls2 dlm krdor yg sama jgn dijadiin musuh baru, rugi besar krn siapa pun kita, py potensi yg besar dan positif jk tepat perlakuan.

mm.. seandainya aku bs sesabar ini di flp.

Sabtu, 18 Juli 2009

Liqo’ Dodol

2x, sejam nunggu mr. mnding dah nunggu sejam tu yg dtunggu dtg, ini mah nihil! Gda pilihn kcuali… SABAR. 2x kyk gitu, ttp aja gak ada ucapan apa2 dr mr. afwan, ato apalah. Kata org jambi tu, nyapnyap bae. Inget dulu, lq ms lmpau. Pas aku dtg k rmh mr, ybs gda di rmh, pdhal jls2 hr tu jdwal lq. Mana hjn, aku dkk gak bs msk rmh. Yasud, plg bw oleh2 basah.

Bbrp taon kmd, aku dpt sms dr mt: “gmn ngadepin lq yg g kndsif?” hwehe, dia mo blg, kk kok g dtg2?? Dgnti mlulu, pntesan adk2mu ikutan gak smngat!! Ya aku lgsg mnta maaf, trus sms brp folio gtu. Wkt itu alesanku maisyah. Trus inget sndiri (tpatnya diingetin Allah, tengkyu Cinta..) aku pernah blg, dakwah sambil kerja, bukan sebaliknya.

Msh soal lq. Td ke smk 2, rncananya mo ngsi mentoring, fllw up pesantren taqwa yg diadain fprj juni lalu. Pas liat kndsi skul en ank2nya, mm.. lmyn mkir deh. Kyknya lbh save klo dtg pke srt, tmui kpsek ato pmbna rohis (yg lg semaput –mksdnya tu rohis, bkn guru pmbinanya) br ngsi tiap pekan d mshala. Legal lebih aman.
Mslahnya, mo minta srt k fprj, hihi, udah su’uzhan aja. Giliran butuh kop aja, baru lu kemari! Ah gak mgknlah k’iwan, k’irpan ato k’neni ngmong gtu. Ngmong sih kagak, tp.. cukup! Hrs pstif thnkg! Gak mksd ngelangkahi, sodara.. cm males aja klo utk ssuatu yg urgen gni msh jg pke paham prosedural. Plis lah, birokratif warisan mbah harto gak ush dipke lg, usang.

Trus sore, smsan dg calon mt. duh, blm apa2 tu ank udah kena vmj ke tutor. Ati2 dek, bs keracunan ente! Mgkn kkmu blm bs ngobatin, tp insyaallah bliau gak akan memvonis sdmkian rupa, gaya org suci. Ya namanya hati, emg ente yg kuasa? Tp jgn bablas jg. Akhwat2 jgn bnting hrga lah dpn ikhwan. Yg gombal2 gak usah diladenin, gampar aja! Astaghfirullah, suka kekerasan ente tar.. wakakak!! Nggak, aku sih sukanya duit, bantal, cemilan!

Kamis, 16 Juli 2009

macem2

Alhamdulillah, bisa blogging lg. td pagi hbs brantem ma soulmate, smpe gak slera makan. Alhamdulillah, siangnya dah sms maaf2an. Akhirnya, seorang tari ngetik kata AFWAN utk seseorg di hpnya. Puas ente, put??

2 hr lalu pngen nulis ttg itong yg ntah kena d mn, hr2 krjanya ngirimin sms gak penting. Aku dah stngah mati nahan emosi, tp dy mkin jd. Gaya smsnya, yg klo seseorg baca kotak sent di hpnya, seolah2 aku ada ngjak dia ktemuan, pngen tau byk ttg dia… plis deh, lu kira lg obral! Akhirnya, kuomelin deh! Sbnernya pngen ngasih nmr dia ke mr, biar disemprot sm mr-nya, tp gak tega.

Kemarin, pas msk rmh ustd utk ikt kjian, k’ida nanya, “Berapa, Dek?”

“Apanya?”

“Ngukur jalan kan?”

Dak sopan!

Eh, aku tlat, ustd lebih tlat lagi. Hihi.

Kmrn plg malem, diamanahi kepsek bli cd utk nobar anak di gramedia. Khilaf deh, bli cd 25rb. Beli buku cepek lebih! Hikz, ganti duit skul tar….

Kwn2 pd kget wkt tau aku di alfath. “Tari, org bebas skrg jd org kantoran?” kt bg ian.

“Kk ngjar tk?” tanya ifadah.

Hil mustahal. “Kk admin. Mndg ngadepin anak sma drpd tk!”

Niat hati, pagi-siang di tk. slma d tk klo ksg ngtik cerpen. trus plg dr tk ngsih privat, ngrjain order rental, dll (tarik maaang…! Cari piti taruih). Critanya kan mo nabung (org2 ngira aku nabung buat ‘ssuatu’, pdhal aku tuh pengen bgt nglunasin utg plus brgkt munas ke solo!). eh, gak taunya. Krjaan d tk gak hbs2, malah smpe bw plg. Udah gitu bknnya nabung, aku malah kluar modal utk beli spatu, bkin baju, n jilbab segi4. Jilbabku kan dah pd diinfakin pas cinta gila ma jilbab kaos. Ya udahlah, atm jd korban.

Mndadak skt kpala, duit di ctt dg yg di tgn kok bda jauh sih?? Aduh tar, ente emg gak bakat jd akunting! Nombok deh, nombokk…!

Minggu, 12 Juli 2009

entahlah!

Srasa gila malem ni. Laper, capek, bosen, pusing… tp aku gak tau mo ngapain. Krjaan nmpuk, besok pg mulai ngantor. Tambah lg, ada yg… Allah, knp bgni?

DIA sdg nagih apa2 yg sudah kutulis. Nge-take Bukan Khitbah, Cemen, Jomblo, Ketika Akhwat Jatuh Cinta, Bahan Diskusi, 3 dari 100, dll. Apa sih susahnya nulis?? Tdnya gak pengen posting ini, awalnya mo protes telkomsel & three. Tp gara2 telp itu…

Hidup itu pilihan. Maaf kwn, aku ksh pilihn yg (mgkn) berat. Aku capek. Aku ingin seseorang yg tegas, tanggungjawab, berani. Aku gak suka sesuatu yg kabur, maju-mundur.
Posting apa sih?!

(Allah, kirimi lg aku cahaya-Mu. Penuhi dg cinta & takut pada-Mu. Lapangkan pikiranku, sluas kpercayaanku pada kebaikan-Mu)

Kamis, 09 Juli 2009

HoRoR

Ujung maghrib, wawa (keponakan ke-6, usia 3th lebih, anak kk ke-5) kebelet pipis. Gak main ba-bi-bu langsung ngabur ke kamar mandi. Mgkn br brp dtik nongkrong, tau2 dia teriak, “Ibuuu… ada belang2, awa takut!!” tp yg duluan lari ke sumber suara malah aku. Biasanya aku peluk dia, trus bacain ta’awudz. Ini udah yg ke-3 dia histeris ngeliat sesuatu. Tp gak sering, dulu yg pertama pas dia masih bayi banget, jam 3 malem. Wkt itu aku baru abis wudhu, gak sopan, biar aku gak shalat kyaknya. Maka kubilang ke Allah, kalo Dia izinkan aku shalat, yg ini harus aman dulu. Alhamdulillah, wawa bayi tidur pulas.

Yg ke-2 pas di bahar. Masuk maghrib, wawa iseng brdiri di jndela ngliat kluar. Jreng.. dia balik badan, pucet, panas bdannya, trus teriak, “Amma, telpon ibu ani, ada polisi!”

Hualah, polisi dr mana, org di depan rumah kakakku itu kebun sawit! Yg jls, wawa emg takut bgt dg polisi. Mgkn krn di tv dia liat polisi suka mukulin org (emg di tv aja?). singkat crita, akhirnya wawa pules di mushala. Pingsan kali.
Yg ke-3 ya malem td ntu. Pas aku, ibu en ayahnya datang, wawa lgsg laporan, “Awa mau pipis, dia lewat di situ,” ceritanya sambil nangis. Tangannya nunjuk pohon2 pisang dkt pagar. Kmr mandiku emg gak dlm rumah, tp msh satu atap, sebelah dapur yg juga di luar. berbatas pgr dg rumah ttgga.

Kutanya, “Emang belang2 apaan sih?”

“Itu, Ma yg, mm.. mm…” bingung si wawa jwbnya. “dia besar.”

“ada matanya gak?”

“dakdo.”

“kakinya brp?”

“segini,” wawa ngasih tlnjuk en jari tengah.

“mulutnya gmn?” ih, isengnya aku.

“dakdo mulutnyo.”

“klo hidung?”

“ado.”

“dia ngapain di situ.”

“lewat bae.”

“Nah, ngapo wawa lari?”

Si wawa mikir.

Aduh, knp kutanya gitu. Bsk jgn2 pas liat lg dg dia malah nyamperin. En abis nanya, akunya yg ngeri ngbayangin crita tu anak. Hiah!

Dulu, zaman seru2nya ruqyah, ustadz juanda pernah blg, ‘org yg ngomong dia liat jin, ada 3 kmgkinan: 1. Dia bohong, 2. Halusinasi, 3. Dia kena sihir jin. Krn fitrahnya, manusia itu gak bs liat jin.

Senin, 06 Juli 2009

ikhwanul muslimin

Sodara sebangsa disiksa lagi. Hayo, megapro, sby berbudi, jk winner, ngomong apa?? Kmrn2 dah puas cerita harga bbm, skrg coba bahas hrga diri! Gak di hongkong, mlysia, mesir, org2 indonesia dianggap kerupuk, murah, loyo, gak py hrga diri, o’on. Ya iyalah, pemrntah gak py gigi. Nyali mampet klo ktemu negara laen. Klo sm rkyat sndiri aja, aparat pd sadis!

Bkn cm prt, buruh kasar, smpe mhsw kita pun gak dihargai org. mesir en arab emg banci. Mesir cinta israel, putus saraf ke palestina. Arab cinta mati ma amerika, masih islam cm krn ka’bah ada di sana. Mo bukti, coba gugling sndiri, males aku ngetik byk2.

Pemerintah mesir nan cacat moral itu plg takut dg ikhwanul muslimin. Hoy, husni mubarak (gak malu sama nama ni org!) ana ikhwanul muslimin, klo brani ke sini! Udah uzur jg, bkn mkirin maut.

Inget 23 hari serangan israel ke palestina? Bnernya sih tiap hari. (hay yahud, ingat benteng khaibar. Pasukan Muhammad akan kembali menghabisi kalian!) dlm kndisi sburuk itu mesir tega nutup grbang rafah, shg bantuan gak masuk k plstna. Bgini ngaku muslim?? krn kekuasaan, hati mrk mati. Pdhal desingan peluru, dan merah langit palestina kliatan dr mesir. Di sctv kuliat, wrga mesir nangis krn gak bs bantu sodaranya, pdhal di blkg dia, ledakan demi ledakan bersahutan, “lihat lihat, dengar itu!” teriaknya pd reporter sambil menangis.

mesir gak mo buka rafah, krn takut+sayang israel, en benci hamas. hamas adlh gerakan perlawanan yg lahir dr ikhwanul muslimin, dirian hasan al-banna, yg wafatnya pun dibunuh pemerintah mesir (smoga ustadz al-banna dterima Allah sbg syuhada).

Aneh ya, alquran jstru dikhianati oleh org2 yg phm bahasanya (bhs arab). Allah mlarang brmegah2 (at-takatsur) org arab malah hdpnya mewah2, gak liat ethiophia (pdhal mrk tau sjarahnya, bhw pndahulu islam hijrah prtma ke negri itu,--ditolong oleh raja najasy). Allah blg jgn jd pnolong org2 kafir, malah mrk berebutan jd kacung israel+barat.

Al-wahn, cinta dunia takut mati. Pnyakit yg lbh mengerikan dr flu babi, tlah mewabah di negara2 muslim. Btw, ada gak capres-cawapres yg mkir ke stu? Kuconteng deh klo ada!

(yaitu) orang-orang yang mengambil orang-orang kafir menjadi teman-teman penolong dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Apakah mereka mencari kekuatan di sisi orang kafir itu? Maka sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah. (an-nisaa’ 139)

Jumat, 03 Juli 2009

ghibah (gosip)

Syarifah Komputer. Baru jg ditinggal 2 malem, ni rental udah kyk kapal jungkir balik. Kucing rese’ kebiasaan maen tinta, angin knceng bikin jatuh banner (liat kakak laki2 en abg iparku, gda yg py inisiatif masangin! Mknya aku srg minta tlg ammunya wawa), cd label brserak, debu udah kayak salju (tebel!), gelas kopi baris kayak paskib (inget k’ghofur, “ini rental apa warkop?” hihi).

2 malem mabit di rumah k’meli, mantan sekretaris flp jambi. Bliau ini sbnernya ‘titipan’ strktur utk mjg flp spy slalu dlm ‘koridor’. Errornya, ni kk malah ttp d flp en ngabur dr strktur. Hadu, flp lah yg kena. Aku sbg ktua lmyan brasa loh, pas dia mndur dr struktur, umht2 pd ny ttg flp. Seolah2 mrk ngbandingin, apa sih yg mnarik d flp, smpe2 bs bkin ssorg lbih milih k sni drpd orgnssi lain? Sebodo!

Hr pertama d rumah k’meli, ada bunda. Pas br2 ngbrolin tokoh krg krjaan yg gak bosen2nya ngomongin flpers, k’meli lgsung ngingetin. “Dek, apa bedanya kalian dg dia? Org ghibahin kita gak perlu dibales dg ghibahin dia.”

“Sebel tau, kak!” kataku.

“Ya, trus untungnya ngomongin dia?”

“Lega dikit aja.”

“Udahlah.” Mungkin k’meli mo blg, ngegosipin org sama dg makan dging sodara (al-Hujurat 12). Tp batal ngmong gitu, coz mkir, emg akhwat 2bji ni br ngaji pagi tadi? Hey, lama ngaji gak slalu brbnding lurus dg pmahaman en aplikasi. Byk kok yg… udah tar, jgn manjang!

Aku srg kok jd korban gosip, maklum seleb (jder!). dulu waktu di bahar, kwn skelas ngomongin aku tepat di depan hidungku! Ngomongnya pke bhs jawa, dikira aku gak ngerti. Aku lupa dia ngomongin aku apa, tp tari remaja baik, jadi aku nyantai aja. Di cileungsi, kjadiannya gitu jg. ada cewk n emak2 ngomongin aku pke bhs sunda, jrknya plg smeter dr aku duduk. Aku tau artinya. Dia blg aku ni bdn doang gde, pdhal masih kcil. Wkt tu umurku br 18. Mrk ngmong cekakak cekikik tnpa ngliat aku, seolah2 gak sdg ngmongin gitu. Dalem ati kubilang, mnding aku bdn gede, drpd kalian, bdan ama otak sm dkitnya.

Trus, di tanah abang. Ttangga kios yg tmpngnya chinese ngbrol dg negro pke english. Ngomongin cewek di depannya yg suka ada suka nggak. Tiap si negro liat, ni cewek gak jauh2 dr ngemil. “menarik ya,” kata negro. “tp dia cuma gadis kecil!” kt k’lia, ttga kiosku itu. Aku ccdt (cak2 dak tau) aja. Ditaksir negro, makasih, aku en dia sama itemnya!

Ada lagi, anak kawan bpkku yg bbrp hari kmrn nginep d rumah. Dia pnjem hpku utk nelp bpknya, eh pas curhat malah ngomongin aku. Hoi, biar jawaku udah luntur, tapi kulo ngerti sampeyan talk about opo!

Kupikir, org2 ini trmasuk py nyali. Byngin, mrk brni ngmongin ybs di dpn mukanya. Drpd yg ntu, ngomongin org di blkg, anehny lg ne, ntah krn alasn apa. Aku bhkn gak pernah interaksi dkt dg dia, yg klo itu tjd bs aja dia trsinggung ato apa gara2 aku. Org dia nyebut namaku aja keliru, artinya emg gak kenal. Nah, trus kok bs py refrnsi? Mklum, yg diomongin seleb. Gelegar!!