Kamis, 25 Juni 2009

rukhshah (keringanan)

إِنَّ اللهَ يُحِبُّ أَنْ تُقْبَلَ رُخَصُهُ كَمَا يُحِبُّ الْعَبْدُ مَغْفِرَةَ رَبِّهِ

Allah menyukai akan rukhsah-rukhsah-Nya (dispensasi/keringanan) diterima dan diamalkan sebagaimana seorang hamba menyukai pengampunan-Nya (HR. Ath-thobari).


Mm, hadits di atas berlaku gak ya, untuk kasus2ku? First, di rumah gak pake kaos kaki. Dulu ada kawan yg nanya ke ummahat, en bliau jwb boleh. Masalahnya di rumah ada abng ipar. Tp mo gmn, masak tiap hari pake kaos, udah jambi tu panasnya minta ampun, kotor pula. Kaos kakiku ada 4 pasang, tp kyknya yg kpake cuma 2, soale yg 2 lg suka ngumpet ke mana gitu. Nah, klo tiap hari pake kaos, brarti tiap hr nyuci kaos kaki. Klo kering, kalo gak??

2nd, kawan2ku nih sering banget. Keluar kota dikit, shalatnya dijamak. Kata ustadz boleh sih, tp aku suka gak sreg aja klo gakda halangan kok tega2nya gabungin waktu shalat. Malah ada yg mngqashar pula, pdhal cm mo jln2. Mendaruratkan yg gak darurat. Eits, itu pendpatku pribadi.

3rd, kayaknya yg ini gak masuk deh. Bbrp hr lalu aku terpksa boncengan ma spu2 cowk. Mm, tau lah, sepupu bkn mahram. Dia kan mo beli printer, prtimbanganku, klo dia pergi sm kawannya (spu2ku dr luar kota, gak tau jln), dijamin dia beli canon. Lebih murah, kerjanya cepat, dll. Klo dg aku kan, dia gak brani nolak klo aku dah nyuruh pilih yg laen. Epson mahal, lama pula kerjanya, tp hasilnya bagus, en yg plg penting, bkn py zionis! Lgian spupuku ini msh kecil kok, slisih 5 ato 6 th, cm bdnnya tinggi jd kyak dah gede. Inget dulu pas aku liburan ke rumahnya, manjat pohon jengkol. Dia yg masih balita maen2 di bawh pohon ketiban jengkol yg aku lempar. Hihi.

Haduu, jd kangen masa kecil. Inget masa lalu. Di mana soulmate sd-ku: riska suciati? Cinta monyet smp: i****s? perantara hidayah sma: aini, vivin, nopri..., gank gokil desain grafis tp: ical, age, sugay, oben, agus, usman, haris,… (aku cewek sbiji) miz u guyz!

7 komentar:

  1. linknya syarifahlestari telah dipasang.
    tengkyu ya mba

    BalasHapus
  2. Di rumah pake karung aja Bu, jadi kalo jalan biar kayak balap karung. He... he.... :-D



    Ipar'kan termasuk mahram yang terbatas....jadi boleh aja gak pake kaos kaki di rumah dengan tetap menjaga adab.(ini pemahaman saya, bukan fatwa)

    BalasHapus
  3. @ attayaya
    oot

    @ djoko
    ngasal..
    mdh2n gitu

    BalasHapus
  4. Ya asal hati2 ajha :-)

    mana tau ada tamu dadakan Y_Y

    BalasHapus
  5. pengumuman: utk ikhwan yg mo ke rumah, tlg sms/telp dulu. biar ane bs nyiapin kaos kaki...

    BalasHapus
  6. nguap brarti ngerasa...



    ngrasa ngantuk maksudnya

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....