Senin, 08 Juni 2009

PROVOKASI

Lidah tak bertulang. Kemarin2 sekeluarga sepakat, aku yang nemenin bapak pulkam ke purwodadi, eh sekarang semua sepakat ganti org. alesannya nancep banget: aku gak bs masak, en gak bs bahasa jawa. Kayak mo buka resto aja, pake syarat masak segala. Bahasa jawa emg aku blepotan, tp ngerti kok klo org jawa ngomong! Satu poin deh utk si maskot.

Kenapa gak bs masak seolah sebuah dosa besar? Mo laporan ke Pak Anis Matta ato Mbak Eva, tp males. Kayak kurang kerjaan. Kenapa mereka? Gini, dulu waktu lq ma mr lama, beliau bagi2 copy-an artikel, tulisan ustadz. “Krn antunna (kalian) gak ketemu pak anis, jd baca tulisannya aja ya,”

Ternyata artikelnya puanjang! Tapi menarik. Salah satunya, adalah ttg hal yg blm byk akhwat tau: TUGAS BERES2 RUMAH ADALAH KEWAJIBAN IKHWAN!! (ikhwan = sodara laki2, tp belakangan nyempit jd laki2).

Tugas istri, cuma 2: melayani suami en mendidik anak. Gak masuk tuh, yg masak, nyuci, nyetrika, nguras bak mandi, nyupir, ngepel…. Itu semua kerjaan suami! Ini semua dicontohin Nabi. Yg kira2 ada lah zaman itu ya (jgn ngebayangin beliau nyetrika, mungkin cuma dilipat trus taro bawah kasur. Hihi). Kata pak anis, krn Nabi gak sempet ngerjainnya, maka beliau bayar khadimah (pembokat). Jgn lupa, meski sering kelaparan, sebenarnya Nabi itu bukan miskin, tp sederhana. Beliau pedagang, bangsawan, raja. Waktu nikahin Khadijah aja, maharnya 100 ekor unta!

Nabi juga biasa masak sendiri, jahit baju, benerin sandal. Gak ada tuh riwayatnya pas liat Nusaibah perang, Nabi bilang, “Ukh (hei, cewek), pulang gih. Masak dulu!” ato pas lagi nonton org main pedang, Nabi noel pinggang Aisyah, “Dek, laper….”
Kata pak anis lg, menyangkut kewajiban suami menafkahi, yg di dalamnya ada membayar khadimah, jd kalo suami gak py duit utk itu, maka dialah yg harus ngerjain tugas2 rumah. Adil banget!

Yg disampein pak anis sm dg yg mbak eva (apa mbak reni ya? Lupa!) di Daurah Keluarga. Aku yg waktu itu gak konsen2 amat krn ngerasa salah masuk majlis, lumayan nyambung pas si mbak cerita hak n kewajiban suami. Tambahan dr beliau, klo duit suami itu 100% milik istri. Sdgkn duit istri, ya py istri, krn dia gak py kewajiban menafkahi keluarga selama suaminya masih ada. Keren.

But, yg di ats bkn gerakan feminisme ya. Ada etika2nyalah. Aku emosi bgt klo nulis yg beginian (selain soal zionisme), coz perempuan2 sk jatuhin diri di hadapan laki2. Gak ada bedanya babu sama bini, perempuan py kewajiban sekarung, haknya sepotong. Ada yg masak capek2 trus suami makan duluan, dia nunggu. Kenapa gak makan bareng aja? Udah gitu dia pula yg nyuci piring bekas suaminya. Eh, harusnya siang2 di rumah, malah ikutan cari duit. Suaminya mau pula makan duit dia. Empet!!

Udah tar, udah. nanti tensimu naek!

11 komentar:

  1. ini mah basi... tangan istri itu harus tetep halus (Husss,,,, jgn ngebayangin)

    teringat ketika Rasulullah menyingsingkan lengan bajunya,,, so sweet bgt.... pengen dech eike dapat cowok kayak githu (lhohh)

    BalasHapus
  2. untung nggak dapat julukan JAMUR (Jawa Murtad), julukan hanya gara2 gak bisa bahasa jawa

    BalasHapus
  3. @ malik
    ini serangan utk bawel2mu soal masak tu cak!

    @ preman
    org indonesia aja byk yg blepotan bhs indo-nya, malah sok2 english..

    BalasHapus
  4. But,kayaknya susah juga ya,menjalankan amanah yang........^_^

    BalasHapus
  5. Haha... sabar.. sabar... kan memasak itu termasuk salah satu bentuk melayani suami, hehe...

    BalasHapus
  6. btw tema profile blog nya tambah bagus lho, elegan dan kalem, hehe...

    BalasHapus
  7. @ arief brian
    yang... kalo hujan turun lagi.. (lirik lagu jadul)

    @ ditter
    klo sekali2 sih iya. nah kalo sehari berkali2??
    tengkyu...

    BalasHapus
  8. salam kenal, tulisannya bagus, kunjungi balik ya..

    BalasHapus
  9. Oowalaah....!!!
    ternyata "panjenengan niku tiang jawi tho Jeng. nanging ketingale sampun dados tiang Sumatra.... Nggih lumrah kemawon menawi mboten saged Boso Jawi" (ini Bahasa Jawa Kuno. He..he..)

    :-)

    BalasHapus
  10. huaaa... dites ma orang jawa!! ampun mas!!!

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....