Senin, 29 Juni 2009

lagi2 cerita nikah

Bd rpt kidz fun day, ada emak2 dtg ke opz, ngnter undgn walimah. Beu.. akhwt2 lgsg deh, crita nikah! K’heni ngisahin proses bliau dg k’widodo yg murni lewat kadri. Re crita ttg ikhwn-akhwt yg py kcndrungn satu sm lain, trus nkh tnpa lwt mr. katanya riskan. K’ida crita akhwat yg nolak ikhwn yg khtbah lgsg, dg alsn gak pcy jmaah. K’toty crita ttg ikhwn yg ngsih kriteria akhwt pns (pengen numpang tidur di kantong bini, kali!)

Aku asik melipat2 undangan.

“tar undgn tari sgini aja, biar hemat. Trus, klo ngundang jgn per organisasi tp per org. pngalamn, flp klo diundg pke 1 undgn, dtgnya sekompi, kado sebiji!”
“klo prlu pke hvs aja ukh!” kata re, yg ngakunya klo dpt proposal dg kriteria akhwat pns akan lgsg dia tolak.

“ini kan depannya mo dikasih foto calon mmpelai,” kataku.

“jgn mcem2 lah dek!” k’ida lgsg geleng2. Heran, kok dimasukin hati bner. Emg krg krjaan, pke foto2 sgala!

“eh, klo fotonya pisah ya gpp.” K’heni belain.

“trus tari kasih efek ya?”

Re ngakak aja.

“tp jgnlah, di sni org blm bs nerima yg aneh2. Tar malah jd fitnah!” k’heni meralat.
Huu, ni org kok srius smua. Sp jg yg mo majang foto di undangan. Biar kata efek, pikiran org jgn dibantu su’uzhan. Sama aja mncing mslah, masak lom resmi dah foto berduaan!

Bkn mslah jambi yg auranya agak2, tp emg gak syar’i aja foto2 gitu. Mndg tar klo dah nikah, foto kenyang2 trus pajang deh di dompet, kantor, dapur... utk tangkal selingkuh. Halah!

akHwat Ngebut

Siang td, ktmu fasilitator prtma flp jambi. Bliau sjk dulu emg mndkung flp, tp byk kndala utk gabung. Gpp, dibntu diriin aja dah sukur. Akhirnya, ngbrol ttg orgnssi trcinta ne. nymbunglah ke ksus yg bolak-balik digemborin org krg krjaan. Ni ummhat desak trus aku ngsih tau sp orgny, akhrnya krn gak tahan, ya kusebut. Muka bliau tu lgsg gimanaa gitu, “Oooo….” Ktnya. Yg aku tangkep: ‘gak aneh!!’ Ato, ‘dia mah, biasa!’ trus bliau blg, “dia bkn org struktur kok!”

Udahlah, gak usah dibhas lg. ktua flp jg byk celanya. Cntoh ahd kmrn, ngamukin anak org. trnyta akhwt flpers py kcndrungn yg sama. Abis ksel2 gitu, plampiasnnya k gas mtr. Plg pd racing! Kusimpulin, flpers adalah org2 brmntal kuat. Gmn gak, cewek2 jilbab gde ini brani bw motor kcepatn 80km+ (ini dah knceng utk stndar cewk) di antara truk n kndraan laennya. Yg ikhwn gak tau kan? Hehe.

Kata mbak pur dulu, org yg ngebut2 tu gak mikir anak istri. Ya lah, anak ma istri sp yg mo qt pkirin! tp aku ngbutnya msh mkir dkit, coz helmku sjk dpnjem seseorg ctekannya ilang, jd gak bs dikunci di dagu. Klo bw mtr knceng ngeri jg helmnya trbang, trus ngenain pngndra di blkg.

Soal mental, ntah bner ato gak. Tp smpe ni malem, blm ada yg sms ato ngrim surat pngundurn diri. Pdhal ria kpikirn ikhwn yg kubentak bkal kabur dr flp. Klo itu tjd, aku mo ngasih rok ke ybs.

Minggu, 28 Juni 2009

'afwan

Lagi2 mslah emosi. Hr ini bkin salah, ngaku, bikin salah. Aku kcewa ke satu org, tp smua kena imbasnya. hrsnya, kwn trdekat adalah yg qt banggakn. Aku kcewa dg leletnya, aku kcwa dg anggapan remehnya. Pdhal dy blg cnta dg organisasi ini. Utk kkcewaan prtama, kutahan. Tp yg k2, dy mledak. Krn… ybs sama sekali gak brempati dg yg aku rasakan.

Akhirya, aku lepas kontrol. Afwan akh, gak mksd ngebentak ikhwan. Abis, antum tega ngobrol pas ane lg ngomong, pke ktwa pula. Aku gak minta smua org trlalu fokus k sni, tp msak pas acara intrnal, yg dah lama direncanain, msh gak matang juga. Sjk awal aku dah blg, ini sbnernya rapat. Ada hal srius yg mo diomongin, tp.. aduh, udahlah, makin ringam.

Niatnya ahd ni mo mrefresh ksungguhn smua kader inti. Tp ntah knp, endgnya gini. Malah mjlisnya gak ditutup. Cm dpet capek. Mlah ada yg nyletuk mo kluar. Yasud, klo gak kuat mntal, pergi aja.

Sabtu, 27 Juni 2009

mom

“Jilbab coklat tu enak ya make’nya,” kata mamak. Ibuku ini, klo pengen ssuatu gak mo tudepoin. Klo musim duren, trus bliau pengen, bliau ngomongnya, “di mayang udah byk duren tu!”. Klo minta bliin mkanan kesukaannya, martabak india, “dingin2 gini enknya mkn mrtbak.”

Yg namanya ank cewk, slalu lbh snsi. Ngasih sttmen jilbab enak dipake, brarti mamak minta tu jilbab. Sambil tersenyum manis kubilang, “klo mamak mau, ambillah.” Pdahal, itu jg jlbab kesayanganku. Huaaaaaa.

Udah gitu, bliau blg lg, “hm, kira2 warna apa lg ya yg bgs buat ganti?” paham bgt mksudnya, “beli atu lagi!” Hikz, mom, klo aku py duit byk, jgn 1, 100 kubeliin!
Mslahnya, kmrn br aja bli rok item, cz rok item yg 1 tinggal di rumah nia, trus dy kukerta ke kerinci. Rok item kedua rusak di laundry, pdhal bajuku kbanyakn wrna natural, jd plg nyambung dg rok gelap.

Klo model akhwat tegaan, aku bkal blg ke mamak, “orangtua udah gak wajib lg pke jilbab, yg muda ni yg auratnya kudu dijaga.” Tp gak ah, aku plg sakit klo liat bliau sedih.

Sabar ya mak, anakmu nguli dulu. Tenang!

Jumat, 26 Juni 2009

Malaria lagi, malaria lagi

Bangun tidur, langsung gugling. Rencananya ba’da ql mo ngerjain gawean, yg ada badanku meriang. Sbnernya dr malem, tp krn klewat capek, jd ngntuknya ngalahin sakit perut dan menggigil.

Mo nanya om gugel, obat malaria yg alami apa, tp spdy brmasalah lg. aku dah males minum obat kimia, muntah mlulu. Pke hpa, lama. Sbnernya tau sih, klo malaria jgn klewat capek. Tp amanah, mo gimana. Yg nyebelinnya, mlria ni klo kambuh gak mo sndiri, braninya keroyokan. Ya pusing, maag, menggigil, bdn skt2. Komplet dah!

Hikz, yg bkin tambah jiper, pagi ni 2 ttgga wafat. Innalillah. Yg 1 bpk2, 1 lg adik kelasku d sd dulu. Hmm, jgn2 yg k3… hey!!!

Aku akan sembuh. Aku sehat. Aku sehat.

Tar lg insyaallah ketemu binaan di taman anggrek, siang rapat dg raissa.

Tari adalah hamba Allah yg kuat!!

Kamis, 25 Juni 2009

rukhshah (keringanan)

إِنَّ اللهَ يُحِبُّ أَنْ تُقْبَلَ رُخَصُهُ كَمَا يُحِبُّ الْعَبْدُ مَغْفِرَةَ رَبِّهِ

Allah menyukai akan rukhsah-rukhsah-Nya (dispensasi/keringanan) diterima dan diamalkan sebagaimana seorang hamba menyukai pengampunan-Nya (HR. Ath-thobari).


Mm, hadits di atas berlaku gak ya, untuk kasus2ku? First, di rumah gak pake kaos kaki. Dulu ada kawan yg nanya ke ummahat, en bliau jwb boleh. Masalahnya di rumah ada abng ipar. Tp mo gmn, masak tiap hari pake kaos, udah jambi tu panasnya minta ampun, kotor pula. Kaos kakiku ada 4 pasang, tp kyknya yg kpake cuma 2, soale yg 2 lg suka ngumpet ke mana gitu. Nah, klo tiap hari pake kaos, brarti tiap hr nyuci kaos kaki. Klo kering, kalo gak??

2nd, kawan2ku nih sering banget. Keluar kota dikit, shalatnya dijamak. Kata ustadz boleh sih, tp aku suka gak sreg aja klo gakda halangan kok tega2nya gabungin waktu shalat. Malah ada yg mngqashar pula, pdhal cm mo jln2. Mendaruratkan yg gak darurat. Eits, itu pendpatku pribadi.

3rd, kayaknya yg ini gak masuk deh. Bbrp hr lalu aku terpksa boncengan ma spu2 cowk. Mm, tau lah, sepupu bkn mahram. Dia kan mo beli printer, prtimbanganku, klo dia pergi sm kawannya (spu2ku dr luar kota, gak tau jln), dijamin dia beli canon. Lebih murah, kerjanya cepat, dll. Klo dg aku kan, dia gak brani nolak klo aku dah nyuruh pilih yg laen. Epson mahal, lama pula kerjanya, tp hasilnya bagus, en yg plg penting, bkn py zionis! Lgian spupuku ini msh kecil kok, slisih 5 ato 6 th, cm bdnnya tinggi jd kyak dah gede. Inget dulu pas aku liburan ke rumahnya, manjat pohon jengkol. Dia yg masih balita maen2 di bawh pohon ketiban jengkol yg aku lempar. Hihi.

Haduu, jd kangen masa kecil. Inget masa lalu. Di mana soulmate sd-ku: riska suciati? Cinta monyet smp: i****s? perantara hidayah sma: aini, vivin, nopri..., gank gokil desain grafis tp: ical, age, sugay, oben, agus, usman, haris,… (aku cewek sbiji) miz u guyz!

Selasa, 23 Juni 2009

akhwat = cewek?

Apa sih beda akhwat dengan cewek?

Cewek, perempuan indonesia umumnya. Akhwat, konon, lebih shalih krn ketutup jilbab en baju+rok ato gamis yg rapi. istilah awalnya sih, jilbab itu utk baju pnjang, yg nutup kepala namanya hijab, cadar disebut niqab.

Trlepas dr bener gaknya bahwa cewek dg akhwat itu beda, scr fisik mgkn sdikit bs diterimalah klo emg 2 jenis perempuan ini agak beda. Tp soal hati… mm, kayaknya gak juga.

Akhwat itu perempuan biasa yg sensi, gampang tersentuh, suka diladeni, dll. Aku baru aja liat kawan yg ngepink gara2 disms ikhwan. Nah, ikhwan jg trnyata cm laki2 biasa yg sok2 hero, sneng dipuji, en… ganjen!

Klo ada kasus vmj ikhwan-akhwat, selalu deh akhwat yg disalahin. Alesannya, ngeladeni sms ikhwan, ato ngasih harapan, ato ngomongnya yg dilembut2in (ini mah parah!). padahal gak selalu akhwat yg ngulah. Byk kasus malah ikhwan yg kecentilan, tp pas ditodong nikah, balik kanan deh dia!

Dulu, waktu aku masih muda (ciee, skrg masih kok!). klo gak salah umr 21, di hlqah mr ngomel2 soal akhwat yg gak jaga hijab dg ikhwan. Sumpe, aku gak nyambung bhwa mr-ku itu sdg nyindir kawan lq. Yg aku tau, aku gak dkt sm ikhwan mana pun, en sama sekali gak kepikirin buat yg aneh2 gitu. Jd gak ngerasa disindir. setelah bbrp th, br aku tau, kasus vmj adalah kasus basi yg awet. Nah, di satu momen, k’widi (tmn lq dulu) pernah protes k mr krn kesel tiap ada kasus slalu akhwat yg disalahin.

Niatnya nulis gini utk ngasih tau kwn yg lg diuber2 akhwat pesantren. Tp gtw jglah, entah dia yg mulai sok2 care, ato tu akhwat yg sensian plus agresif bnget. Aku pernah ngalamin suka dg ikhwan, tp rugi banget klo smpe jatuhin harga diri dg sms2 rayuan gak mutu. Lagian aku kan pelit, mana sudi buang2 pulsa utk org yg blm ngorbanin apa2 ke aku. Hihi.

Pernah jg ketiban fitnah yg dalem banget. dah lebaran brp x, ni hati blm bs nglupain pasutri nyebelin itu. Seorg tari smpe nangis mrk buat, lg rmdhan brantem dg mr. pdhal aku bner2 gpy rasa ma tu org, dianya yg wkt bujang doyan sms malem2, malah kegeeran. istrinya yg kalah manis ma aku mati ketakutan suaminya kuambil. Huhu… jangan lakukan yg sama tar, k para gadis pas you dah nikah ntar. Insyaallah nggak. Dulu wkt sma sering dikerjain kk kelas, tp giliran aku py adk kelas, gak satu pun dr mrk pernah jd korban intimidasi dr aku. Kesalahan org gila jgn diulang, krn kita waras! Tepatnya, krn aku tau rasanya gak enak. Klo mo bales dendam ya k ybs, bkn k org lain. Tp dendam itu dosa, biar Allah aja yg bls. But… wkt itu aku doain mrk gpy anak slama2nya (kejam bner doanya! Abiz keseeeel)

Udah ah, malah buka koreng lama. Tar di surga insyaallah gak ada dendam2 lg. Tp Allah, biarpun mrk muslim jg, jgn jadiin tetanggaku ya. Males! Mending sekampung ma para binaan.. aamiin.

Kamis, 18 Juni 2009

Satpam KCB

Snin lalu, pas lg ngantuk berat, fitri nelpon. Ni fitri yg k skian, cz byk bner makhluk Tuhan bernama fitri. Khabisn ide kah ortu mereka?? Bodo’ ah.

Si fitri ngusul nonton kcb rabu ni, udah tu katanya dah pesen tiket pula. Eh, td, pas lg ngisi di masjid agung, mrk blg batal krn gpy duit. Hihi.. jgn2 mrk ngtes, ni kk pelit gak? Klo baek kan bliau yg nraktir.huehe, su’uzhan boz!

Bkn gak mo nraktir dek, ni jg lg seret. Lagian syg ah nraktir nonton, mnding bliin buku, ato mkn2 aja. Kkmu ini, nonton bioskop blm tentu setaun skali. La wong nonton tipi aja veri veri jarank!

Kesenengan deh si imut (huek!), gak jd ke bioskop. Syubhat, katanya. puput jg seneng, tp gtw knp.

Mm, td di msjd agung debat ma satpam. Sumpah, miris banget liat ni masjid. MASJID AGUNG AL FALAH. Masjid megah, seribu tiang (ternyata dihitung sm yg kecil2 di atas, mungkin dah tu dikali brapa gitu biar genap 1000).

Pg jam 10, aku en binaan janji ketemu untuk liqo’ (kajian, arti sebenernya sih pertemuan) di masjid agung. Pas aku udah di dalem, jepret sana sini, kok adik2 msh lom nongol. Ternyata, mrk dicegat satpam di depan (awalnya kukira mereka diintrogasi marbot)

Ni satpam, gak trima kita2 ngumpul gak izin dia. Aku sbnernya jg gak trima direpotin sebongkah satpam. Padahal sebelumnya, ketemu dg bpk2 yg kyknya pengurus msjd. Enak diajak ngobrol, ramah, rajin ketawa.

Satpam sengak, kata ayu (bkn ayu lestari, ni jg nama pasaran bgt!), teriak, “Dek, pintu mo dikunci!” mksd dia, keluar kalian!!

Pas itu si putri lg setor hapalan. Dasar satpam dodol. Aku cuekin. Adk2 lngsung gentar, “kita pindah aja yuuuk...”

Inget Muhammad ayat 7. sm stpam aja takut, gimana klo ketemu olmert laknatullah?

Trus si satpam gondok, dia berdiri dkt kita2. kustop putri yg lg nyetor pas satu surah selese. “Ada apa pak?” aku berdiri. Kalah tinggi deh si satpam.

“Klo mo kumpul2 harus pake izin!”

“Kita cuma numpang ngaji kok, ini kan masjid, tempat ibadah. Nah sekarang ini, kita lagi ibadah.”

“Tp ni msjid ada yg punya. Kamu mau, org masuk rumahmu tanpa izin?”

“Ini kan rumah Allah.”

“Iya, tp ada yg jaga.”

“Kita jg biasa ngaji di Nurdin Hasanah, ar-Raudoh...”

“Izin dulu kan?”

“Gak, sama sekali!” aku menggeleng tegas. Wah, jd cerpen deh!

“Tp ini milik pemerintah. Ada aturannya!!”

“Yg buat aturan siapa?”

“Ya pemerintah.”

“Yg buat al-Quran siapa?”

“Dak usah bawa2 alquran!”

“Tp dalam al-Quran kita disuruh meramaikan masjid.”

“Ini bukan soal agama!”

“Skrang bapak maunya apa?”

Glek. Dia sendiri lupa mo ngapain. dasar sdg kalap, ttp aja dia ngomel, tp smbil pergi.

Aneh, bknnya bersyukur ada yg ngeramein tmpat ibadah dg kgiatan positif. Padahal aku en adk2 gak nyampah, gak ribut2 amat (ya lah, masjidnya luas, jd suaranya gak membahana seantero masjid. En yg kita bahas insyaallah manfaat semua. Kutebak, dia sdg memunculkan egonya, dia pngen dhormati. Braninya sama anak sma, ktmu aku jiper jg!

Wallahua’lam apakah jatah pahala dia ttp dpt ato gmn. Yg aku tau, klo dlm sbuah mjlis dzikir, malaikat2 turun mendoakan peserta mjlis, bahkan org yg skdar lewat di dekat mrk. Tp yg marah2 en pengen ngusir tp gpy nyali? Entahlah, mdh2n dpt hidayah.

Rabu, 17 Juni 2009

welcome back!

Alhamdulillah… otak dah seger lagi, setelah ahad en snin lalu butek kayak comberan. Liat si mentel yg kawannya dah ketemu ajal, jd ngerasa ada yg kena musibah lebih buruk dr ‘skadar’ difitnah. Mentel, kucingku yg dulu dipanggil adek bayi (krn udah gak bayi lg, jd ganti nama), kehilangan kawan akrabnya. Gak tau kena apa, tu kucing udah terkapar di depan rumah. Mentel ke sana kemari nyariin, padahal kawannya udah dikubur kakakku. Turut berduka cita ya..

Insyaallah jam 10 nanti ke masjid agung, ngisi anak sma. Trus ke wtc, nobar kcb ma binaan dr stmik. Bd ashar ke aurduri langsung ke sebrang, jmput biodata anak2 yg mo dikhitan. Mudah2an smpet mampir ke rumah k’dwi, byr utg 63rb, pasang iklan di ji.

Slmat dtg kmbali dunia! Tq utk wiwid yg dah curhat ttg kerinduannya ma lingkungan ikhwah; en utk kawan yg coba2 ngocol dg ngasih tekateki pas chtg. Dia gak tau, pas dia ngasih pertanyaan, aku nanya ke mbah gugel, makanya kejawab trus. Huahahaha….

Senin, 15 Juni 2009

FUTUR

Aku sering ingatkan adik2 binaan & anak rohis umumnya: jangan telalu kagum dengan kakak2 tutor, gimana pun, mereka manusia. Aku khawatir mereka ngerasain apa yg sering aku rasa. Kecewa. Sumpah, aku gak bilang kk2 kalian tu ada yg oportunis, muna’, dsj. Aku cuma sampein albaqarah 216 sebatas yg aku tau.

Ini juga nyangkut aku pribadi. Aku bukan orang sempurna, byk khilaf, byk cela. Tp aku pengen org2 yg ngerasain dampak jelekku lebih gentle, dg ngomong langsung depan mukaku. Jangan main belakang.

Aku benci senioritas, itu sebab kutinggalin smua amanah yg bikin repot soal enak gak enak dg yg lebih tua. Sementara yg lebih tua sering ngasih contoh buruk, terutama soal disiplin waktu dan kinerja. Alasannya klasik: ngurus keluarga. Akhir2 ini, kurasain lg contoh buruk dr senior: gak tabayyun. Begitu kasus baru dtg lg, aku males tabayyun ke dia. Kan dia yg ngasih contoh, maen tembak. Justifikasi.

Dulu, aku paling gak bs nolak permintaan mr. gak pernah bantah, apa pun yg aku rasa ngeganjel. Sekarang, di halaqah, aku adalah penentang paling keras klo ada sesuatu yg menurutku di luar yg seharusnya. Misalnya, ketika ada yg ghibah soal harakah lain. Memang, ada harakah yg gatel suka membid’ah2kan org, dll. Tp nurut aku itu oknum. Ya samalah dg di sini, bkn jamaahnya yg salah, tp orgnya yg error.

Aku gak lg tertarik dg partai, krn ada idealisme yg tercabik2 di situ. Aku gak bs betah di tempat yg seharusnya aku nyaman, krn byk berhubungan dg remaja. Aku suka dunia remaja, unik, ekspresif, warna-warni. Tapi kutolak amanah di sana, krn byk oknum yg kinerjanya mengenaskan, sementara kalo tausiah bs betah berjam2. Termasuk dg kerjaan. Org boleh liat sebelah mata pd lembaga kursus yg dulu aku instruktur di sana (bahkan ada akhwat yg betul2 di telingaku dia meremehkan tempat aku cari makan—dulu. Padahal gaji dia adalah sepertiga gajiku!!) tapi aku gak gila duit. Biarpun byk yg kudapat, klo aku ngerasa tertekan, ya kutinggal.

Skrg flp. 3 th aku diamanahi sbg ketua. Kenyang sudah kepalaku dg macam2 masalah, terutama soal soliditas internal. Aku yg gak sabaran, pemarah, reaktif, byk becanda, dan keburukan2 lain, coba bertahan di sini. Blm lg selesai (dan mungkin gak akan ada kata selesai, krn kader berganti dan bertambah), muncul lg masalah baru. Outsiders yg uring2an, kurang kerjaan, sirik, lidahnya gatel, otaknya mampet, ato apalah, bikin kepalaku makin mumet.

Parahnya lg, kawan2 yg harusnya di belakangku, hampir smua kayak org stroke. Gak bisa apa2. Mungkin krn akunya jg yg terkesan kejam, jd mereka pd jiper. Trus mati ide, nyerah, dan ngerasa gak berguna. Berarti betul yg slama ini aku yakini, cuma Allah en aku yg tau siapa aku, dan apa yg aku rasa. Yg laen, mrk… udahlah, ternyata sobat tu gak ada!

Dr masalah izin (noraknya org sini yg sok2 tau etika, bilang aja gila hormat), hijab, sampe mempertanyakan apa yg udah dihasilkan flp. Aha, plg mrk blg, flp cuma ngasilin masalah. Yap, aku memang sedang su’uzhan.

Yg jelas2 disampein seorg ummahat ke aku adalah, bahwa aku kurang menghormati org yg lebih dulu terjun ke dunia da’wah (bahasa lain dr senior, dasar feodal!). gimana aku mo hormati yg tua, klo mereka gak bs menghargai yg muda? Lagian, mo hormat yg gimana? Apa aku harus jln nunduk2 pas ketemu mereka, trus mundur gaya keraton (merangkak) waktu pamitan. Na’udzubillah!

Aku dianggap gak bs nerima kritik, pdhal seorg ustdz enteng aja bilang aku gak tarbiyah krn brani ngingetin dia soal amanah. Aku dianggap terlalu keras, gak sensitif, pdhal ada ummahat yg langganan potong omonganku di majlis. Semangatku dianggap berlebihan, pdahal seharusnya mereka ngebangunin ikhwah2 zombie yg antara ada dan tiada, bukan matiin harapan org2 yg mau bergerak.

Semua aksi adalah salah, selama kau hanya yunior. Dosa terbesar flp jambi adalah, berdiri tanpa izin (entah apa kapasitas mrk yg teriak2 soal atitut ini). Flp jambi dilahir dan besarkan oleh akhwat baru ato mungkin setengah melek. Gak tau fiqhudda’wah, gak py ilmu, gak jaga hijab, gak setor infak.. dll. Intinya, flp gak masuk lingkaran da’wah (kelak di akhirat, aku akan tanya ke Rasulullah, apa jdgment ini benar??)

ANEH SEMUA!!!

lagi ‘libur’, banyak setan nyamperin. Ada setan dr jenis jin, ada jg yg dr manusia. Pengen duduk di danau sipin. sendiri aja. liat air, awan, sampah….

Banyak kerjaan, smua jd gak bs kuselesain coz mut dr smalem jelek. Desain pin, rekap peserta pesantren, cetak undangan aqiqah, dll. Bener2 masih byk! Setengah mati aku berusaha senyum pas ketemu pimpinan jambi tv, tekan dalem2 kesel di hati. Gitu jg pas ngobrol dg mas2 di depan, dg mbak resepsionis ji. Senyum, senyum, senyum. Pdhal dada rasanya mo meledak!

Si Imut (Item Mutlak) bolak-balik nelpon buat ngibur, padahal yg ada malah mkin panas. Dr perempuan kurang kerjaan yg ngomong gak penting, smpe ikhwan2 di kampus antah berantah. Sakit smua!!
Jd gak kreatif. Pengen mecahin kaca.

Gabung tarbiyah kok malah gini. Dulu pertama ngaji, rasanya bahagiaaa banget. Ketemu org2 shalih, org2 lembut, santun…. Makin ke belakang, mkin ketauan baunya.

Allah, aku sdg cari tau, apa gunanya Kau ciptakan org2 usil? Utk apa kau biarkan hidup manusia2 dua muka? Knp mkin hr di sni mkin byk org yg putus saraf pedulinya? Motivator2 berotak kotor, da’i pecundang, para kampret,….

Klo udah macet gini, rasanya pengen aja cari kerja. Nguli sama org dr pagi sampe sore. Dr snin ke snin lg. dr rumah, tempat kerja, rumah lagi. Gak usah ngurus binaan, drpd jd org muna’. Gak usah ngurusin organisasi drpd makan ati. Gak usah ngaji, cm ngumpul2 ma org sok suci. Pantes byk yg kabur dr arena da’wah. Entah dia bosen, ato gak kuat liat belatung2 ngerasa naga.

……………………………………… (tidur siang)……………………………………………

Ketiduran setelah setor hapalan ke ustadz Sudais. biasanya klo habis marah hapalanku rontok banyak. Lebih parah drpd pas kena vmj. Baru tidur berapa menit, ifadah nelp, jd gak bs tdr lagi. Dah melek gini, liat tulisan di atas rasanya kasar banget. Tp sengaja gak kuhapus. Biarin org kecewa pas tau betapa emosionalnya seorang tari. Jahat, ato apa pun, terserah.

Senin ini ada kajian tafsir, makin males datang. Satu, aku lebih tertarik kajian fiqh, biar jelas ambil fiqh yg mana utk ibadah. Klo tafsir masih bs baca buku. Klo fiqh, makin byk baca makin bingung. Dua, semangatku ketemu jama’ah bner2 kendor hari ni. Aku pengen berdua dg pc aja. Ngobrol satu arah. Allah, hari ini aku tak sesemangat biasanya. Afwan, libur dulu jd org baek.

Sabtu, 13 Juni 2009

isenk malem2 (ngetik sambil ngeprint)

Begadang lagi! Ada gawean yg dr kemarin lom kelar2. Untung td dah tidur, biasa mati lampu. Gak mo pake lilin lg, trauma abis kemalangan lusa lalu. Thx a lot utk sodaraku yg mati2an bantu kawannya nyelesain orderan.

Kawanku yg satu itu, terkenal galak di kalangan tertentu. Samalah dg aku yg dicap.. apa ya? Pokoknya gak ramah gitu. Dia suka marah ma akhwat (cewek2 jilbab gede), yg katanya manja. Aku sering mual liat ikhwan (cowok jenggotan dg celana ngatung) yg klo ceramah luar biasa tp kerja empot2an. Kita ketemu di organisasi Islam paling gokil se-jambi raya. Organisasi yg byk makan asem garem dunia persilatan org partai & budaya. Lebay ah, baru jg diri 3 taon!

Selama jd akhwat, aku br suka (mm, ati2 salah diksi tar!) dg bbrp ikhwan. Segelintir. Dulu ada yg baek bgt, care, en menuakan diri klo ngomong. Syg, setelah nikah jaga jrk bgt. Tenang bg, aku gak py cita2 jd istri kedua kok. Jauh sblum knal yg ini, ada yg jg baek, tp istrinya amit2. Mungkin nyadar py tampang gak imbang ma suami, jd bawaan curiga aja (huss!!)

Ada jg knal seorg konseptor ulung. Tp ya gitu, gawenya ngonsep doang, realisasi nol sebulet2nya! Trus ada trio ikhwan, yg klo mereka ngisi acara, aku pengen lari sejauh mungkin. Mulez kuadrat!

Bkn jama’ahnya yg salah, tp oknum tertentu yg mengotori da’wah dg keunikan2 mereka. Brani ngjudge, sok jaga hijab, padahal sotoynya doang yg gede. Nyatanya, klo ngerjain amanah, sok2 jaga jarak yg ada malah gak koordinasi. Hapalan byk, tp aplikasi bikin gubrak yg liat. Semua bikin aku kecewa.

Kok jd ghibah (ngegosip) sih??

Mm, inilah gunanya blog, untuk ngelepasin uneg2. drpd eneg. Soale dulu pernah curhat ma ummahat (emak2 jilbab gede), yg ada aku malah dapet gelar perfeksionis. Gak bs nerima kekurangan org. hikz, kurang sih kurang, tp ya jgn smpe gak waras gitulah.
Udah ah. Padahal td mulai nulis dg gembira, kok malah jd ngamuk gini. Oya, soulmateku lg atit iyut. Sabar ya cinta, dosa2 (insyaallah) sedang menguap, meninggalkanmu (aamiin).

Rabu, 10 Juni 2009

musibah

Kamarku kebakar. Mungkin karena banyak maksiat, Allah yang Mahabaik maunya dosaku dicicil habis dr sekarang. Gpp, Allah gak pernah zhalim. Itu semua Dia yg kasih, klo mo diambil lg ya ambillah. Aku malu ngeluh trus, udah banyak yg kuadu ke Dia. Drpd ngitung yg diambil lg, mending ngitung yg masih dipercayakan untukku.

Alhamdulillah, Quran terjemah en Quran saku 3 juz utk hapalan masih utuh dalemnya. 2 flashdisk di dalam tas yg hangus masih fungsi. Duit2 besar hari itu udah kupindah ke dompet, dalam jaket. Keduanya selamat. Buku catatan masih bs dibaca dalemnya. Springbed selamat. Pc dah di rental semua. Pakean2 aman. Dll.

Udah, gak usah diitung2 lg.
Berhemat ya, tar….

I’m fine

I’m ok

Forget lah!

Senin, 08 Juni 2009

PROVOKASI

Lidah tak bertulang. Kemarin2 sekeluarga sepakat, aku yang nemenin bapak pulkam ke purwodadi, eh sekarang semua sepakat ganti org. alesannya nancep banget: aku gak bs masak, en gak bs bahasa jawa. Kayak mo buka resto aja, pake syarat masak segala. Bahasa jawa emg aku blepotan, tp ngerti kok klo org jawa ngomong! Satu poin deh utk si maskot.

Kenapa gak bs masak seolah sebuah dosa besar? Mo laporan ke Pak Anis Matta ato Mbak Eva, tp males. Kayak kurang kerjaan. Kenapa mereka? Gini, dulu waktu lq ma mr lama, beliau bagi2 copy-an artikel, tulisan ustadz. “Krn antunna (kalian) gak ketemu pak anis, jd baca tulisannya aja ya,”

Ternyata artikelnya puanjang! Tapi menarik. Salah satunya, adalah ttg hal yg blm byk akhwat tau: TUGAS BERES2 RUMAH ADALAH KEWAJIBAN IKHWAN!! (ikhwan = sodara laki2, tp belakangan nyempit jd laki2).

Tugas istri, cuma 2: melayani suami en mendidik anak. Gak masuk tuh, yg masak, nyuci, nyetrika, nguras bak mandi, nyupir, ngepel…. Itu semua kerjaan suami! Ini semua dicontohin Nabi. Yg kira2 ada lah zaman itu ya (jgn ngebayangin beliau nyetrika, mungkin cuma dilipat trus taro bawah kasur. Hihi). Kata pak anis, krn Nabi gak sempet ngerjainnya, maka beliau bayar khadimah (pembokat). Jgn lupa, meski sering kelaparan, sebenarnya Nabi itu bukan miskin, tp sederhana. Beliau pedagang, bangsawan, raja. Waktu nikahin Khadijah aja, maharnya 100 ekor unta!

Nabi juga biasa masak sendiri, jahit baju, benerin sandal. Gak ada tuh riwayatnya pas liat Nusaibah perang, Nabi bilang, “Ukh (hei, cewek), pulang gih. Masak dulu!” ato pas lagi nonton org main pedang, Nabi noel pinggang Aisyah, “Dek, laper….”
Kata pak anis lg, menyangkut kewajiban suami menafkahi, yg di dalamnya ada membayar khadimah, jd kalo suami gak py duit utk itu, maka dialah yg harus ngerjain tugas2 rumah. Adil banget!

Yg disampein pak anis sm dg yg mbak eva (apa mbak reni ya? Lupa!) di Daurah Keluarga. Aku yg waktu itu gak konsen2 amat krn ngerasa salah masuk majlis, lumayan nyambung pas si mbak cerita hak n kewajiban suami. Tambahan dr beliau, klo duit suami itu 100% milik istri. Sdgkn duit istri, ya py istri, krn dia gak py kewajiban menafkahi keluarga selama suaminya masih ada. Keren.

But, yg di ats bkn gerakan feminisme ya. Ada etika2nyalah. Aku emosi bgt klo nulis yg beginian (selain soal zionisme), coz perempuan2 sk jatuhin diri di hadapan laki2. Gak ada bedanya babu sama bini, perempuan py kewajiban sekarung, haknya sepotong. Ada yg masak capek2 trus suami makan duluan, dia nunggu. Kenapa gak makan bareng aja? Udah gitu dia pula yg nyuci piring bekas suaminya. Eh, harusnya siang2 di rumah, malah ikutan cari duit. Suaminya mau pula makan duit dia. Empet!!

Udah tar, udah. nanti tensimu naek!

Minggu, 07 Juni 2009

proposal

Gak taulah, apa maksud kawanku ini. Datang malem2, ngantar flash disk, isinya: BILA WANITA TAK BISA MASAK. Kupret!!

Udah gitu, ada pula contoh proposal. Baru ngeh, ternyata proposal nikah tu panjang ya.. hehe, kirain biodata doang!

Seterusnya, aku ketawa-ketiwi aja. Banyak foto lucu (yg py fd pelawak kali!). Pantang menyerah dia, udah picsnya di kamera kuhapus, dia anter lagi berbiji2 pake fd. Gakda apa2, itu cuma bagian dr ekspresinya.

Ngemeng2 soal proposal, jd inget kejadian di liqo’.

“Kak, ada gak ikhwan jawa kayak kakak?” kutanya tmn lq yg orgnya lembuttt bgt.

“Kk kan akhwat jawa..” mksdna, klo ada ya buat dia!

Eh, mr yg dudukny agak jauh denger… hihi, jd malu.

“Tari, masih muda kok udah gelisah sih,” kata beliau.

Glek. Muda? Udah seperempat abad, uni… trus pake jurus akhwat pd umumnya, “Yg di rumah nagih.”

Hoho, yg py binaan para gadis udah pd ngeh ni. Ortu di rumah hampir selalu nyalahin jilbab klo jodoh anaknya lom dtg. Tenang Mak, jilbab itu pemancing laki2 soleh, bkn tangkal jodoh (wakakak!!)

Trus bla… bla… blaa…

“Ni, buat tari nanti, klo bs ikhwan luar be ya.”

“Boleh…”

“Klo org Jambi yg hanif be.”

“Loh, nanti susah dakwahnya!” (padahal dulu ni org yg semangat bener nyuruh akhwat2 nikah ma hanif dg mahar partai—huahuaaa)

“Tr tu srg marah2 ma ikhwan ni. Mrk tu… dang ding dung…. Bla, bla bla, dksudoihedaoepiaopweu urioueyroaiejalksda oyfeoipoqa..”

Tausiah panjang deh my 2nd mom…

Udahlah ni, kalo bikin ninda repot. Cari yg sayang flp-ku ajalah!

Jumat, 05 Juni 2009

refreshing

Baru pulang kota ni. Kemarin 2 hari di bahar, refreshing. Gara2 di sana sinyal semua operator merem-melek, macem2 deh pikiran orang. Malah ada yg ngira aku stres pula. Dulu banget, ada akhwat yg ngira aku ke bahar untuk lamaran. Gila apa, emang sedahsyat apa ikhwannya sampe aku yg datengin dia? Huuu!

Ada yg repot sendiri nyuruh ajak kawan supaya ada mahram, ada juga yg nyuruh ajak kawan supaya ada yg ngurusin. Ente kira ni bayi?? Tapi mamak, hikz, tega2nya nelp cuma mo nanya dah sampe blm, sehat gak, kpn plg. Ini tari yg dah hdp lama, plisss. Bahar-jambi cuma 3 jam!

Aku bilang ke salah satu jundiku di flp, kita2 ni bukan capek, tapi bosen, makanya perlu rihlah (jalan2). Nah, sambil jln2, biasalah, aku ngeliput, plus cari2 kemungkinan buka usaha apa gitu. Ternyata sangat2 membingungkan. Org sana cuma minat sama sawit!

Akhirnya, aku plg bawa job bikin kaos en spanduk untuk smp. Gak banyak sih, tp semua kan wajib disyukuri. Fabiayyi aalaaa, irobbikumaa tukadzdzibaan?

Kita berdiri dalam dunia yg menawan. hidup adalah pilihan. yg kuat kan bertahan, yg lemah berantakan (kata bondan di ‘respect’).

Indomie… presidenku! (kata siapa yg idol idol tu?) gak nyambung, tar…!!

Selasa, 02 Juni 2009

aNcUR

Hff, suntuk! Gawean banyak, gak kelar2. Padahal dah pake begadang segala. Termakan kutukan ne: ‘banyak gawe belum tentu banyak duit’ tulisan di kaos yg kudesain. Mo mogok, inget tulisan selanjutnya ‘dak begawe pasti dak beduit’.

Mo ngambil surat undangan males banget, panas. Lagian paling2 tuh surat lom jadi. Udah gak aneh lagi yg beginian, org2 lemot bikin sebel. Gayanya, besok surat jadi, edar paling lambat rabu. Taunya dah selasa siang kabarnya aja nihil!

Ngamuk2 kemaren, malik en k’joko jadi korban. Hehe, kebiasaan, kalo marah cari pelampiasan. Pernah, pas lagi bete, aku minta sms hadits ma kawan yg biasa ngirim ayat/hadits. Dia kemudian ngirimin aku, yang awalnya kukira hadits tu dalem banget ngenanya ke problemku. Bunyinya begini, ‘bedakanlah diri kalian dg org musyrik..’ rasanya keselek. Eh, pas belakangnya, ‘peliharalah jenggot.’ Gubrak!!

Tapi pinter jg tu ikhwan, org bete gak selamanya bs diceramahin, mending diajak lucu2an. Emang lucu, tp hadits itu beneran pesen Nabi.

Hadits laen yg pernah dikirim, salah satunya: hak seorg muslim thd muslim lainnya: (1) mengucapkan salam, (2) dipenuhi undangannya, (3) dinasihati, (4) didoakan saat bersin—setelah ybs ucp hamdalah, (5) dijenguk saat sakit, (6) diiringi jenazahnya. (hr. muslim).

Nah, demi memenuhi yg point (2) di atas, ahad 2 pekan lalu aku terpaksa datang ke nikahnya kawan akrab sma dg tampang dekil selepas outbond sastra flp. Udah acaranya di gedung, org2 pd rapi plus wangi, aku malah pake sandal jepit, bawa ransel, asem pula! Belum kilapan muka yg keringetan. Mo pulang dulu kayaknya nanggung banget, coz cuma ke situ trus gak ke mana2 lg.

Waktu kondangan, kita ber4. Ada aku, ifadah, bunda, en maskot. Si maskot gayanya mo naro adek, padahal dia mo mandi, ganti baju, udah gitu bedakan pula. Jadilah dia en bunda kayak bapak-emak bawa 2 anak yg gendong ransel buat nyimpen makanan.

Tapi kita gak makan kok, cuma mampir untuk setor tampang. Aku datang, kawan! Supaya kau datang di pestaku nanti. Hey, hey, katanya untuk memenuhi hak muslim, ngikuti pesan nabi…. Au ah!