Minggu, 31 Mei 2009

nOstALgILa

Pas ngobrol2 dg anak sma, aku inget masa smp.

Si tari manja, tamat sd ongkang2 gak ngerti kalo masuk smp pake daftar. Kakak2ku dulu ntah pd ke mana, jdnya aku telat daftar, trus terdampar ke smp swasta di kampung trans. 1th di sei bahar, dg prinsip peraturan dibuat untuk dilanggar, nyaris semua peraturan kucuekin. Maklum, kakak sulungku guru di sana, jd serasa sekolah punya mbahku.

Setelah aku pindah ke baiturrahim (balik ke kota), peraturan ditegakkan lagi.
Di sekolah semi islami ini, aku jd anak baru yg bener2 gak dipandang. Gak satu pun anak kelas mau duduk dgku, alasannya: aku dr kampung. Brengsek banget emang! Kesan pertama, kebanyakan begini: tari adalah anak introvert yg gak py persediaan kata. Mingkem always.

Yupz, aku cuma diem. Ke kantin sendirian, kalo bareng kawan, mereka kayak gak ngerasa ada yg ngikutin. Klo isengku kumat, paling2 aku nulis utk meredamnya. Nilai plusnya, pas masa2 ujian gak ada yg minat nyontek. Anak kampung kesannya bego aja.
Ba’da terima raport, baru deh, pd rebutan semeja dgku. Gimana nggak, se-skul kubanting! Seumur2 mungkin baru kali itu guru2 baiturrahim ngasih angka 9 di raport. Aku dielu2kan. Elu… elu…! Poko’e pd bengonglah. Pdhal, kan skulnya estede, wajarlah juara umum.

Di smp itu, aku dpt byk buku, pena, dll hadiah tiap terima raport. Tp yg plg byk, adalah pengalaman. Pglamn yg sbnernya kurang positif. Di situ aku sering jd saksi pelecehan seksual, kekerasan, dan mcem2 kegilaan oknum skul.

Pelecehan seksual bkn oleh guru, tp sesama siswa. Gak total salah anak laki, tp ceweknya yg telanjur banting harga. Buktinya, aku yg jg akrab dg cowok gak digituin kok. Bkn kalah menarik, tp sjak awal aku emg lumayan tau sopan santun.

Kekerasan fisik & verbal adalah makanan sehari2 kami. Cuma lupa bawa kamus bhs arab, bs kena tempeleng bolakbalik. Gak bisa jawab soal iqro’, siapin otot buat ngangkat meja pake 1 tangan. Gak pramuka lari kodok naik tangga, gak senam lari kodok keliling lapangan voli. Gak upacara, gosong di depan merah putih. Kuku panjang, siap2 jari pada luka. Rambut panjang, kepala dilempar korek api nyala. Ribut, kena siram air cuci tangan. Gak hapal ayat/hadits, muka dibedakin kapur. Dll yg masih buayaaak banget. Guru2 ringan aja maki muridnya pake kata babi, setan, monyet… di depan kelas.

Halo, para guru, apa dikira semua itu py efek jera? Sama sekali gak! Aku dkk malah makin parah edannya. Ex, pernah pas lg gda guru, kawan2 ribut. Kulihat dr jendela, 1 org anak kelas sebelah melintas sambil ngelirik dkit ke dalam kelasku. Aku paham banget dg gelagat itu, maka aku menjauh dr rombongan yg ribut. Bener aja, gak lama, dtg guru yg ngajar di sebelah. Tanpa tedeng aling2, dia siram bagian yg ribut tadi. Tau posisi mereka ya dr spion yg kulihat melintas sebelumnya.

Kita sekelas nganggep itu lucu banget. Bukannya kasian liat yg kuyup, sekelas malah sakit perut kekenyangan ngakak. Next, murid bikin permainan yg sama. Pas istirahat, anak2 kelas atas yg leluasa liat org2 di bawah, mengguyur siapa aja yg sedang jalan kekantin pake air cuci tangan. Tuh kan, krn ada yg nyontohin. Jd pd putus sarafnya!
Yg kudapat sekeluar dr skul ini adalah: aku benci jilbaber, aku bosan belajar agama, aku gak peduli pada apa pun, siapa pun!

10 komentar:

  1. wew..
    *speechless, ga nyangka..
    what a past..
    hmm..

    BalasHapus
  2. liat aja anak2 muda sekarang... hasil didikan penuh kekerasan!

    BalasHapus
  3. setuju..
    anak muuda..
    ga bisa pake kekerasan.
    dasar para guru yang pake kekerasan tuuu..
    grrrrrr
    perlu disikat..
    :D

    BalasHapus
  4. ck...ck...ck...
    knp ga dilaporin sih...
    bahaya nih klo begini terus...

    dah pendidikian di negara ini pilih memilih dalam mendidik, eh gurunya juga kurang ajar, gimana mw bangkit dari keterpurukan :(...

    eniwei saya jadi tau banyak tentang pendidikan yg ga cuma biasa, tapi ini luar biasa heboh...

    lam kenal yah...
    nice post...:D

    BalasHapus
  5. itu smua sisa2 zaman belanda. kita dibegoin. aku ada baca sejarah, penjajah itu klo di skul indonesia menghukum melulu. serba keras. org indonesia salah paham, dkira bule2 pd pinter gara2 dibentak en dipukul, jd mereka niru. pdhl di negaranya, penjajah gak memberlakukan itu

    BalasHapus
  6. yups bener, klo ad yang Alumni Spenseb

    pasti dah familir dgn kalimat ini;

    "Kuhantukkan gigimu kedinding itu, mau kau?"

    ucapan salah satu guru perempuan, matapel Biologi..

    syeerreemmm...

    tapi saya sbg guru waktu di SMU 4 and SD 15 di Kab. Tebo, dikenal dgn guru yang Asyik ;), bahkan dikangenin sama siswi SMU-nya

    huahahaha.... ganjen

    BalasHapus
  7. ternyata wabah katarak sampe juga ke tebo...

    BalasHapus
  8. ngeledek ajha Jago..

    coba MASAK?

    huaha...

    BalasHapus
  9. gian siapa yang mulai duluan, Hah !!! X-(

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....