Senin, 18 Mei 2009

Kasih Sayang

Kasih sayang Allah, lebih besar dari kasih sayang seorang ibu. Gak inget tepatnya redaksi hadits ini, tapi bener banget yang Rasulullah saw sampaikan. Di rumah, aku anak ke-7 dr 7 sdra. Gak kenal dapur, gak tau gawe, cm py keahlian ngakak. Dr kecil aku belajar maklum, kalo kakak yg tepat di atsku (beda 5th) selalu py alasan untuk ngiriin adeknya. Biasanya dia cemberut aku punya sesuatu, kalo dia kukasih, bukannya suka, malah tambah marah krn ngerasa dikasihani. Aku cuek, gampang lupa. Padahal aku ngerti, hatinya pasti luka.

Semua kk perempuanku bs masak, malah ahli! Aku dekat dg kk laki2 ke2. Kk perempuan sulung emang udah kyak emak, tp mak tiri. Dia baik, tp suka ngomel. Di mana2 anak bungsu biasanya pembangkang, jd aku yg gak suka diomelin milih pergi ke mana gitu kalo dia udah berkicau. Yakin, gak bakal diapa2in, coz nakal segimana pun, bapak & mamak pasti belain.

Gimana hasil dr ketidakadilan di rumah? Aku emang di pihak yg untung, tp dulu. Sekarang, si bungsu ini pinter ngebut ketimbang masak. Aku lebih mahir benerin listrik daripada nyalain kmpor. Seorg akhwat sampe istighfar tau sodaranya gak tau nanak nasi, aku cuma bs ngeles!
Belakangan kuperhatiin kk ke2, kuliat cara dia ketawa, marah, bawa motor, duduk santai, baca buku… kok aku malah mirip dia! Kk-ku ini emg dr bujang dulu kalo benerin elektronik ato barang2 di rumah, selalu manggil aku spy bs nyontoh, biar pas dia gda di rumah, aku bs gantiin. Dia lebih pcy aku ketimbang kk k3. Kk k3 adalah pribadi yg beda dg siapa pun di rumah. Dia nikmati dunianya kayak tanpa beban. Kk k2 ykn aku cpt nyambung, gampang paham. Bgs utkku, aku beneran bs krn dah dikasih kepercayaan. Tp utk kk k3, dia malah makin jauh dr yg laen krn ngerasa gda yg peduli dgnya.

Children see, children do. Banyak informasi kuserap dr kk ke2, gda mksd niru tp jdnya gitu. Kk2 perempuan kyak pelayan. Masak, nyuci, beres2, smua urusan rumah tangga ada di pundak mereka. Aku cuma punya tugas belajar. U know, aku bosen! Di rumah aja aku baek, di sekolah jd tokoh antagonis (Alhamdulillah gak parah)

Ksih syg ortu & sdra emg byk bgt, tp cara mrk keliru. Timing & porsi care en cuek mrk gak tepat posisi. Sampe hari ini mrk ngaku sering mimpiin tari kecil. Tari yg suka niru2 bapak ngerokok, minta duit kalo disuruh makan, senyum di depan rumah pake baju kuning dg kuping japlang dan dahi luas mengilap. Sebenarnya, mimpi mereka itu ada di kenyataan. Mrk ngira aku tari bayi, gak bs apa2. Tp pas mrk sadar bungsu ini dah 25, mrk salah (lagi) bereaksi.

Kk k2 sejak sd dah membiayai diri sendiri. Aku bahkan py motor dibeliin mamak, hp dr kk sulung. Kmr diberesin kk k2, sandal dijahitin kk k3, kopi dibuatin kk k4, makan dimasakin kk k6. Kk k5 adalah musuh berantem, orgnya temperamen dan aku benci penjajahan.
Hff, ngalor-ngidul. Nulis apa sih?! Intinya, Allah tau apa yg kita butuhin, bukan sekadar apa yg kita pengen. Nyambung gak nyambunglah, aku jg gak ngerti ni cerita apa.

9 komentar:

  1. Artikel yang sungguh bermanfaat, menambah pengetahuan dan bisa saling berbagi.sukses selalu.

    BalasHapus
  2. kok seperti pelem china
    kakak pertama
    kaka kedua
    kakak seperguruan
    adik pertama
    adik kedua
    dll

    hehehehe
    ayo masak nasi dulu

    BalasHapus
  3. haduu..
    bangganya pny ukhty gagah sperti kakak..
    ahahagzzz..
    :D
    bisa diandelin..

    asik ya.. rame.. ber-7..
    bisa bikin tim basket tuh..
    ahaa..

    banyak yg merhatiin, banyak koneksi..
    subhanallah..
    semangat kakak kecil(berhubung bungsu)

    tp gmana inii..
    katanya mw ni**h..
    ayo blajar masak!!!
    sering2 berbenah d rumah..
    kurangi ngebut2 di jalan ya kak..(sok wise)..
    biar cpet sembuh..(lho?)

    BalasHapus
  4. Haha... emang seperti itulah nasib anak bungsu,, kita senasib

    aku jg bungsu, dan punya sedikit rasa bersalah sama kakak2 ku karena di rumah aku dpt keberuntungan yg lebih, hehe...

    BalasHapus
  5. aku jg anak bungsu..

    bedanya ma mbak n mas ditter di atas, kakakku cuma 1,,
    huii mbak kakakknya buanyak bgt... rasanya gimana ya ??? ^^

    BalasHapus
  6. aku juga anak Bungsu >,< ... dimata bibi2 aku tetap si bocah yg nggemesin :P

    @ TS

    Belum bisa Masakkk.... ??? Belajar Sekarang Juga !!!

    BalasHapus
  7. @ irwan
    aku cugira ne, jgn2 mesin auto

    @ attayaya
    manggilnya sih gak gitu, mksdnya biar yg bc konek aje

    @ zenith
    plus minuslah

    @ ditter
    tp kita jd cemen...

    @ sepatu
    asik sih, serbadilayani. tp tu td, jd gak mandiri

    @ sulthan
    pantes...
    ya, insyaallah belajar sama 'abang' yg skrng entah di mana

    BalasHapus
  8. Hmmm kenapa Dizt?

    lagi nyicip masakan kk mu ya ?

    pasti masin


    Kabuuuuurrr.........

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....