Jumat, 17 April 2009

Salah Diksi

Aku pernah baca artikel tentang lomba. Kata penulisnya, para juri suka main lempar naskah aja kalo dr awal tu naskah udah gak enak dibaca. Begitukah?

Aku dah lumayan sering jadi juri lomba penulisan. Sebenarnya kurang kapabel, tp mungkin krn jumlah tokoh penulis di jambi ini seiprit, plus panitia gak kenal banyak, ya maklum. Nah, dr sekian byk lomba itu, insyaallah aku jarang main lempar naskah. Kdg kalo lg baek, naskahnya malah kucorat-coret supaya si penulis tau di mana letak kekurangan tulisannya. Tp kalo lg gak mood, ya sekadar kubaca aja.

Dan, dari sekian lomba yg aku jadi jurinya, baru kali ini ngerasa bete dobel. Bukan masalah bayaran (kan gratis, hehe, biasa lagi!). tapi kelakukan panitia yg aneh. Mereka gak ngasih surat, tau2 nodong: kak, jam berapa ke kampus? Aneh bin ajaib, gak pake basa-basi, gakda permisi2an, sms pula.

Oke2, aku gak akan sok terhormat dg gak mau disms. Berapalah harga pulsa untuk bls, 10x belum habis seribu. Tapi diksinya itu loh! Kan lebih manis kalo begini: aslm, pa kabar kak? Gini, ana dr…. waktu itu, panitia minta kk jd juri.. bla.. bla… mudah2an kk udah tau ya. So, jam brp kk bs ke kampus? Kan manis tuh.

Gak cukup bkin bete hari itu, malam besoknya sms lg (orgnya beda): kak, ni… ana butuh data pemenang artikel sekarang. Hff, da’i.. da’i. to the point oke, kurang basa-basi maklum. Tapi kalo bahasanya kyk sms-in kacung gitu, aku jd males. But, namanya sodara, ya kubalas juga. Udah gitu dia tanya2 lagi, pdhal pertanyaannya dah kusms sebelum dia nanya (hebat kan!).

Akhirnya… smsnya kucuekin. Ciri2 org jawa ni (kumat deh rasisnya!): kalo marah diem. Gak kubalas, khwatir emosi. Di luaran jg gitu, aku takut salah diksi kalo marah. Jd mending diem. Trus, jgn diotak-atik. Kalo meledak ente bisa babak belur ane pentungin!

3 komentar:

  1. Sabar...Sabar... Orang Sabar Bisnis Lancar

    BalasHapus
  2. hwee..
    serem juga nih klo meledak..
    jangan sampe deeeh.. hihiii =P

    BalasHapus
  3. di SD mungkin 2x meledak, di SMP meledak trus (bandel2 kawannya!), di SMA.. (mikir dulu) kayaknya nggak pernah. cinta damai euy!
    pak sulthan tau aja ada unsur bisnis di sini. hihi

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....