Minggu, 12 April 2009

Kata mereka…

Hari itu, di rumah kak fenti. Di majlis daurah yg belum dibuka, aisah teriak2 (emang hobinya dia!), “siapa yg mo ngisi di sma satu??”

“Ini ni alumni.” Bbrp org langsung ngarahin telunjuknya ke aku.

“gak ah, malu.” Langsung deh slide 3th di sma muter cepet di kepalaku. Tari yang itu… yg seumur2 gak pernah nyentuh lantai raissa, tau2 mo ngisi mentoring di sana. Aje gile!

“doo, ini pahala sedang diobral,” kata kak fenti.

… dst. Intinya, kutolak abis2an. Abis bo’ongan.

Akhirnya, aku ketemu kakak2 kelas jadul, para alumni yg entah gimana prosesnya bs bawa aku balik ke smansa. Masuki gerbang raissa, en ketemu remaja berupa2.
Kelompok 1, menamakan diri mereka salsabila. Setelah 2x ngisi, kuminta mereka bikin surat tentang mentornya.

Tanpa nama pengirim, mayoritas mereka bilang begini: kak tari itu, suaranya pelan (bener2 belum kenal aslinya! Tapi kalo ketawa aku gak parah2 amat kok); agak kaku (ngaku, aku bingung banget waktu itu ngadepin anak sma; karena sebelumnya rajin diskusi dg mahasiswa); kelewat cool (haha, aslinya mereka mo bilang sombong, tapi gda nyali); ngomongnya cepet (mikirnya juga kalee! cuih); en serius (wadooow).

Dr 10 lebih, sekarang cuma nyisa 4. Yg satu tambahan, bukan dari kelompok awal. Dulu masih ada 1 lg yg smngat liqo’, tp ortunya ngelarang krn takut ganggu skul. Padahal sejarah mencatat, anak2 rohis adalah kumpulan manusia berprestasi. Ngalah aja, kalo dipaksain, tar pas ybs bener2 gak lulus uan—naudzubillah—mentoring bisa kena sasaran.
Tahun2 berikutnya, dpt kelompok baru. Kalo gak salah namanya Bilqis, tp kalo gak salah lagi, mereka mo ganti nama. Makan2 ne…

Dr 12, nyisa 9. Pekan kemarin mereka kuminta bikin surat ttg mr en kawan2 liqo’nya. Utk-ku, umumnya mereka blg, mereka suka aku yg humoris (huehehehehehehehe), gak pelit (mudah2an), pinter (jglek!) dst, dsb, dll. Minusnya, kata mereka aku suka nyindir. What?! Aku mikir lamaaa banget. Perasaan gak lah. Mikir lagi, kayaknya emang nggak. Mikir lagi, beneran nggak. Mikir la.. males ah.

Tebakanku, mereka salah ngerti. Aku ngomong, mereka kira nyindir. Aku kan blak2an, kalo mo negur ya negur aja. Malah kalo nyindir aku khawatir ybs gak nyambung. Ngabis2in energi.
Surat yg—kayaknya—masih kusimpen adalah surat dr mr kesekian. Beliau tegas, banyak ide, en pantang didebat. Beliau pasti patahin ente punya argumen. Kalo ngompol (ngomong politik), kita bisa berantem. Kawan2 nahan napas, deg2an, tapi milih diem.

Akhirnya, beliau curhat di suratnya.

Mbak Tari yg manis (emang!), rajin liqo’ (uhuy!), pin…, krit…, … cobalah lebih dewasa, belajar serius, en lebih hormat sama senior.
Hohoho…. Ya ya ya, aku emang antifeodalime, gak suka senioritas dsj. Tapi percayalah, selama ada hal positif yg bs kuambil dr seseorang—mo lebih kecil, lebih tua, lebih jelex, lebih lemak (woi!)—insyaallah akan kuambil. Semampuku.

Flp ni, yg belum pernah surat2an. Gak usahlah, bakal panjang suratnya. Bisa2 malah jadi buku. pengarang sih!

I luv u all



6 komentar:

  1. Waaah,, crita2 coal 'surat' ya...?
    Keknya jg ge promosin diri ndiri jg tuch,.,.
    S7-2 ja dech pa yang dibilang ma kTari..*_*

    BalasHapus
  2. ups, kesannya gitu ya?? duh, ganti topik deh! tar ya, posting yang baru dulu..

    BalasHapus
  3. Ikhwan.Psyche14 April 2009 22.37

    hoaammm.... nguaaannnttuukkkk.....

    haiiizzz.... padahal ane rencana mau bikin tred dgn judul ini....

    sudah nasib "dilangkahin" mulu :(

    BalasHapus
  4. gpp, bikin aja. pembajakan aja biasa, apalagi contek mencontek! lagian kan gak maksud gitu..

    BalasHapus
  5. cie...cie....

    curhat ya K'?
    boleh juga tuh!
    :)

    suratnya msih disimpan ya?

    BalasHapus
  6. ya masihlah, buat kenang2an. supaya kangen trus ma liqo', jd gak kepikiran buat ngabur dr jamaah. mana enak da'wah sendiri!

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....