Rabu, 01 April 2009

jANgaN LeBay

Pepatah basi, tapi masih laku: batas benci dan cinta, setipis kulit ari. Gak bedalah dengan diskusi dan ghibah, yang cuma dibedain solusi (artinya, kalo ente ngobrol ngalur ngidul tentang seseorang, meskipun dengan niat awal cari jalan keluar, tapi kemudian yang didapat cuma gang buntu—tanpa solusi—maka yang kalian lakukan adalah MENGGUNJING, bukan diskusi. Inget baek2!).

Masih ada satu lagi yang mirip: batas antara nasihat dan dengki. Ternyata banyak orang yang sebenarnya iri tapi sok2 ngasih nasihat. Ketauannya di mana? Gampang, liat aja penyampaiannya. Kalo bahasanya sinis, kita bisa nerjemahin kalimatnya jadi agak beda. Contoh, kalo dia bilang, Fren, beli baju di mana? Berapa duit? Pas kita jawab sekian, trus dia bilang lagi, Norak amat. Gak malu, kalo diliat guru ngaji pake baju porno gitu? Terjemahannya: Duitku kayaknya gak cukup deh! Bener sangat yang nyiptain kalimat iri tanda tak mampu.

Ato kalo ada seseorang yang ngasih ‘masukan’ setelah baca tulisanmu di media dengan gaya sotoy: Tulisanmu jelek. Maksudmu sama sekali gak ketangkep, apa sih yang mo ente sampein?? Artinya, dia mo bilang: Sialan ni media, kok tulisan gue gak muat2!

Ada contoh lagi, pas kita cerita tentang sesuatu yang di situ tersirat kemajuan positif, dia bilang: Hm, ane lebih tau. Dan rasanya gak gitu, ente mo nyombongin diri? Padahal kita cuma cerita tuh, gak ada pamer2nya. Berarti, dia ‘sakit’, en sebenernya pengen ngomel: Kenapa Tuhan melebihkan kau dari aku!

Laen kali, bereaksi itu biaso bae. Kalo lebay, aib tebuka, Bung!

7 komentar:

  1. dak ah, biasa ngadepin orang2 konyol

    BalasHapus
  2. Penggemar T2 ya, kyk jdul lagu mereka, atau di Winamp nya nyetel ntu lagu :d

    kidding

    BalasHapus
  3. hwaha... dasar pak gosip, pak tv. ane malah kagak tau. T2 apaan? lagunya juga apa.. ra ngerti blaz om!!

    BalasHapus
  4. beeuuhhh,,, beneran nich ngajak perang urat saraffff ... heh !!!

    Tak Kan kumaafkeeennn .......... :evil:

    BalasHapus
  5. kayaknya gak nyambung ya tulisan ma jadulnya.........

    BalasHapus
  6. haha, gitu ya?? bawaan emosi ne, jd lebay! soale ada bbrp pihak yg gak suka liat kemajuan 'sodara', trus agak norak reaksi mereka. ah, entahlah...

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....