Minggu, 29 Maret 2009

LiQo'

Kata liqo’ mungkin dah gak asing lagi di kuping orang Indonesia. Ya lah, kalo diganti meeting baru banyak yang gak tau. Miting itu, kata emak2, udah masak. Halah!
Aku, yang udah … (sensor) taun tarbiyah, punya kelompok ngaji lumayan asik. Asli, kalo ketemuan langsung gak bakal mau nyeritain isi ‘kerajaan’ kayak gini. Mumpung di dunia maya, apa sih yang disembunyiin? Eit, ati2 ya, kata Chip, perusahaan2 besar biasanya suka ngecek track record user yang mo jadi karyawannya. Yeah, ini sih peringatan buat yang mo nguli.
Iih, kapan mulainya ne!
Di halaqahku, ada kakak2 yang baek hati. Kakak2? Yupz, akyu bungsu bro! mungkin bungsu paling nyebelin sejagat. Begitukah, uni? (MR-ku orang minang!)
Di liqo’ yang dulu2 banget, Mrku suka bilang, “akhwat kok banyak gerak ya, kakak bingung.” Terjemahannya, kalian berisik amat sih! Tapi Subhanallah, beliau emang gak pernah marah tuh!
Mr yang agak dulu juga sering banget negur, “dewasa ya!” bener2 matanya ngeliat ke aku, en ngomongnya langsung. Gak pake nyindir, ato sok2 filosofis. Pokoknya to the point! Aku cuma bisa senyum, speechless….
Halaqah yang sekarang, dibanjiri para ibu hamil. Yang gadis mukanya pada gurat2 kalo emak2 udah cerita bayi. Mupeng!
Tadinya ada selusin binaan, tapi yang satu nikah trus cabut ke jawa, satu lagi didepak (departemen akama, hihi). Tinggal cemilan tambah atu, paling tua lahir 76, yang bontot 84. Tua semua ya!
Mr-ku (MR bukan singkatan mister ya, tapi murabbi—pembina kajian) orangnya penggugup. Rajin lupa, gak suka debat, sabarnya bikin salut. Beliau jauh dari pelit (aneh ya, kan orang … sst!) mungkin karena beliau pns, suaminya aleg, jadi jor2an aja keluar duit. Tapi yang lebih mungkin lagi, karena soal dakwah, beliau gak mo tanggung2 berkorban.
Kakak pertama. Dulu dewasa, suka heran kalo liat aku cekikikan di majlis (kak widi tuh, yang suka mancing2 dengan celetukannya yang gak penting tapi unik!). sekarang tetua ini udah terkontaminasi sedemikian rupa, sampe2 dia sendiri sering ngelawak.
Kakak kedua. Yang mana ya? Jangan bilang ente lupa, tar! Mm, kayaknya yang ini. Seorang terapis yang pendiem banget, tapi punya stok diksi ngasal bukan main. Kalo diceritain di sini kurang lucu kali, tapi kalo denger langsung pas adegan, dijamin bibir pada ngangkat!
Kakak ketiga. Sepupu kakak kedua. Sama2 terapis,pendiem sangat, en sama2 nikah dengan ikhwan dari harakah lain. So what? We were on, we are one!
Kakak keempat. Entah aceh ato jawa. Dulu kakak kesembilan ngebet sama adeknya kakak ini. Pas kutanya, emang kelahiran berapa adeknya kak? Dia jawab, 85. Gubrak! Brondong…
Kakak kelima. Raja nyeletuk, suka ngikik gak karuan. Paling awet kebiasaan telatnya. Yang aneh, tukang ketawa tapi juara nangis. Kalo ngambek hidungnya merah.
Kakak keenam. Gak tenar karena jarang datang. Aku aja gak tau, ni sodara tinggal di mana, kerjanya apa. Wajar sih, dia anak baru (maksudnya baru gabung halaqahku setelah tempat lamanya bermasalah). Masuk dalam keadaan hamil, trus cuti melahirkan keluar kota. Mana bisa kenal lebih jauh!
Kakak ketujuh. Si jawa bantet (ups!). tapi manis, kalem, lembut, santun, penyayang… pokoe yang baek2 beliau punyalah! Tapi lagi, dia jenggotan. Hihi, saking suburnya kali.
Kakak kedelapan. Pengusaha. Urusan jahit menjahit, nikah2an, ukup, londri, lempar ke dia deh. Biangnya! Yang pengen dapet akhwat mandiri, bolehlah ajukan proposal ke sini. Hehe.
Kakak kesembilan. Paling ancur! Tapi mungkin yang kedua, setelah aku. Hikz! Hebatnya, dengan segala keporakporandaan tingkahnya, dia malah dapet ikhwan kalemmm bener! Menularlah padaku, menularlah…. Wataw!!

3 komentar:

  1. hhahhahahhaaa...

    kk,
    kk,
    ikhwan kalem???
    amiin y Rabb..
    biar, tnang dnia Persilatan niyh kak, kk jejingkrakan..dy diam!
    hha,
    yg mna akhwat_yg mna ikhwan ny niyhhh...
    hhoho,

    cari aaaacchhh...
    syp MR kk, yg t'rsebut dAtas..
    ^_^

    BalasHapus
  2. cari aja dulu yg kalem ntu, biar dy yg laporan ma uni. hihi

    BalasHapus
  3. saiia kalem,,, sumpe ,,, hikhikhik...

    BalasHapus

sila ngoceh di sini....