Sabtu, 19 Desember 2009

18+


18 hari setelah momen bersejarah itu. Kamarku masih berantakan, seberantak pikiran kami, aku dan kawan sekamar yang masih doyan berantem (tapi dia ngaku gak pernah berantem tuh! Emang aku ngomel2 sama siapa??)

Awal-awal hari yang dilalui, kayaknya estede banget, diisi dengan cerita soal mantan2. aneh bin eneg, kok aku gak cemburu ya? Gak kayak ummahat2 yg kabarnya sampe bakar ini buang itu supaya suaminya ngelupain pacar mereka di zaman jahiliyah dulu. Kawan kamarku juga sampe protes, benci liat perempuan agresif, ternyata dapat istri cool banget! Ya lah boi.. kan daku dah bilang, jangan bayangkan seorang tari itu kayak akhwat2 di novel apalagi di sinetron (emang ada??)

18 hari plus setelah akad, kalo gak salah dah 3x berantem (terlepas dari kawanku itu ngerasa berantem ato gak). Masalahnya, duit en ikhwan. Estede lagi, capek men! Soal duit, bukan aku minta2 duit dia. Tapi gondok banget denger beliau (ehm) buang2 duit di kua, llajr, dll. Negeri korup ini memelihara para bangsat di seluruh departemen untuk morotin masyarakat awam yang cupu en org2 tarbiyah yang lempem. Emosi lagi deh! Alamat berantem lagi. Siap2….

Masalah ikhwan, gak penting tapi selalu jadi penting di matanya. Kalo dah nyebut ikhwan sms akhwat, miskol2 gak penting, ato ngirim2 komen garing, mulailah dia orasi di kamar. Damainya setelah ngeplurk, coz aku males banget ngeladenin soal beginian. Aku emang benci setengah mati dengan ikhwan yg sok2 suci ngomong nunduk2, tausiah panjang2, tapi isi hp-nya koreng semua. Cuma males juga kalo aku juga dituding ngeladenin ikhwan semodel itu. Yg jelas aku gak ngerasa terikat janji dg ikhwan mana pun, gak ngerasa ngasih ati, apalagi duit (hiah, ini lagi!).

Belum genap 3 pekan ini, sedikit banyak ketauan plus minusnya kita. Sama en bedanya, suka en gak sukanya. Plus-nya, di mana tempat banyak banget yg muji tuh anak. Padahal siap sih dia?! Cuma seorang penggemar rhoma irama (ini minusnyaaaaaaaaaaa…!).

Mmm… ngantuk, mo nulis apa lagi ni? Ucapkan syukur ajalah, Allah telah menurunkan kebaikan-Nya dengan mengaruniakan kesabaran yang banyak di dada suamiku. Lop yu, habi!

Senin, 23 November 2009

tempat baru

Tiba-tiba jadi penulis berpena tumpul, pc sering error jd males ngetik. Padahal dulu gak punya kompie asik2 aja ngetik ke rental, bawa disket 2mb (bener gak?) harga disketnya 2ribuan. warna warni, 3x pake langsung penyakitan, kalo gak ful, kena virus, minta format, macem2lah. Hihi

Mm, zaman disket inilah bos2 tk kuliah. So, utk pc zaman sekarang mereka ngakunya kurang familiar. Emang apa bedanya??

Tk alam al fath, di sini sekarang aku nguli. Jadi tenaga administrasi & keuangan. Dulu kata bos nomor 2, kerjanya cuma surat menyurat, taunya duit2 juga. Ya lah tar, TU gitu! Tek urusan ato te utak, pilihlah.

Kelebihan al fath dibanding tempat lama adalah kondisi tarbiyah dan jam kerjanya. Kalo dulu jd instruktur komputer di lembaga pendidikan orang melayu yang kurang cinta damai. Aku sih nyantai, sampe kemudian ngerasa dilibatin dg mood2 gak jelas si bos. Salah satu unsur bahagia itu, lu nggak ngeganggu en gak diganggu orang!

Penghasilan al fath adalah sepertiga dari tempat lama. Penghasilan, bukan gaji. Di tempat lama, selain gaji pokok en uang makan, ada bonus2 berlimpah karena siswaku juga seabrek. Tapi di al fath, dengan gaji yg apa adanya, waktuku masih bisa bermanfaat untuk ummat. Tempat lama juga sih, tapi keluarnya gak bebas, serasa ada beban2. di al fath senin-kamis masuk 7:30 keluar jam 12. jumat sengaja telat coz ke dinas kecamatan dulu. Nonton emak2 ngoceh, nunggu kepala dinas yg makin dingin hari makin lama datengnya. Tar nyampe skul jam 10an, setor muka doang, trus pulang. Sabtu-ahad libur, asik kan! Sampe rumah urus rental en ngetik2 cerpen dll.

Di al fath juga ada tokoh2 unik, yang untungnya, gak suka ato mungkin gak bisa browsing, jd aman dijadiin bahan ngisi blogku.

KETUA YAYASAN, idola para akhwat. Gak ngecewain deh dijadiin teladan. Orangnya lembut, ramah, lincah, cerdas. Sekarang sih, entah nanti2. Aku en kak lily nyebutnya bos nomor satu. beliau ummahat yg tak tertolak keinginannya olehku (lebayyy). Jarang marah, pengalah dan dewasa banget. Tapi kalo rapat skul, aku males ketemu beliau. Dipaksa ngomong, “tari, keluarkan pendapat dek. Akhwat cyber satu ini kalo gak diajak ngomong pikirannya ke mana2. tu di hp ada apa sih?” aku kan lagi sibuk ngeplurk.

KEPALA SEKOLAH. Musuh re kalo dah bahas2 dunia pertutoran. Orangnya tegas, kadang terkesan kejam. Kalo kentut sadis mutlak, udah kenceng bau pula. Tapi hatinya baek (mungkin!). yg pasti, aku justru dapat banyak ilmu dr kakak yg aku en kak lily nyebutnya bos nomor dua ini. Yg juga aku suka, kepsek males rapim. Jd tiap jumat akulah yg bisa leyeh2 telat masuk dg alesan pendelegasian ke dinas gantiin beliau. Di kalangan tarbiyah, kepsek al fath terkenal egois. Dan kata bunda ria, “ente sama kak n*** tu sebelas duabelas lah!” mungkin begitu.

BENDAHARA. datang sepekan 2x, ambil setoran dr TU. Orangnya putih, cantik, lembut, suka becanda. tapi amit2 malesnya aku kalo ke rumah beliau, nunggu depan pagar kayak pengemis. Orang2 di ntu rumah kurang.. apalah diksi yg tepat?! Bendahara, oleh aku en kak lily sebut bos ketiga.

ASISTEN PG (ketua yayasan merangkap guru pg). standar guru playgroup lah, rame, penyayang, kreatif. Hidup kak lily…!

GURU TK A1. ini karyawan paling muda, tp kayaknya dewasaan dia banding aku. Selisih 2 bulan doang sih. Anak2 di bawah asuhannya terkenal mandiri plus gampang diatur.

GURU TK A2. slow motion-nya bikin tobat. Lambreto bikin gelo. Jalannya diitung, ngomongnya bikin yg denger serasa budek saking pelannya. Perlu di-upgrade, kata kak roma (untung ybs gak denger)

GURU TK B1. kreatif, rajin bawa makanan bikinan sendiri. kadang coklat2 mungil, nugget, ato makanan eropa aneh yg dimodif jd lebih Indonesia. Segi usia paling senior, tp kalo ngobrol doyan ngocol.

GURU TK B2. pinter melukis. cuma satu tahun di atasku, tp anaknya udah mo sd. logat jawanya ampun banget. kalo diperhatiin baek2, hormon testosteron ni org kayaknya rada lebih, kumisan sih, hihi. Yes, ada kawan!

TU. Kalem, sabar, tenang, dewasa, pemalu, patuh, suka nabung, gak mau nyontek, cinta tanah air, jaga lingkungan… ya, itu aku. Aku. Dunia sebelah mana yg percaya??

Senin, 02 November 2009

hobi

dah lama gak bikin tulisan untuk xpresi, kangen juga. gara2 plurk ni, maunya serba instan. ketik dikit, tunggu bentar, langsung deh ada yg respon. kudu ati2, jangan sampe plurk ato apa pun matiin produktivitas. percuma hidup kalo potensi gak dimanfaatin.

plurk, bagiku, berfungsi untuk curhat2 yg gak penting tp asik. blog, adalah untuk cerita suka2. gak dibaca orang jg gak ngaruh, yg penting lega. selain nulis2, ternyata aku py hobi lain yg akhir2 ini makin kunikmati: mengambil gambar alias ngejepret. yg dulu aku tau, aku suka melihat alam, terutama air. mandangin hujan, liat sungai, laut, awan. dan ternyata baru aku nyadar, aku emang seneng banget ketemu air. pantesan rajin nyuci (dasar binatu...). tapi kok gak bisa renang?? trus, adakah hubungannya dg ke'aquarius'anku??? 

aku paham banget kenapa kakak kedua-ku ngebet bener untuk pergi mancing. kalo sabtu ato ahad, beliau bela2in keluar kota cuma untuk nangkring di pinggir sungai sambil megangin tangkai pancing. padahal pulang paling2 bawa ikan en udang berapa biji. gitu juga aku, mumet gak mumet, kalo ada waktu rasanya nikmat bener liat pemandangan di sebrang. paling asik emang sebrang, karena di situ ada air dan rumah2 panggung yg kesannya natural. apalagi kalo liat matahari melorot di bawah lengan pohon. semburat awan pamit. sampan mudik bareng arus. cakar kerambah danau sipin. hujan melobangi permukaan sungai, tapi kalo dah petir, mending kabur deh. petir sekarang rada kejam!

beberapa bulan lalu, aku kehilangan file gambar yg cantik2 banget. tobat deh, sekarang yg aku suka dipajang di sini aja, biar ada kopiannya.



kapal di mana aang ketangkap teropong zuko (hehe, kapal rusak di ancol)




cantik kan?

 
kayak luar negri yeee


sok kreatif, moto dari spion
   
tempat menyepi

 
rumah siapooolah tu

 sebrang sebelum jembatan belok kanan, gak tau apa nama daerahnya


 satu tempat dg yg di atas


luar negri lagi. sengeti

  
bagus buat background. aslinya tanaman pinggir rawa di tangkit

Minggu, 18 Oktober 2009

PALESTINA MENAGIH SAYANG

Menuju Pemilu April 2009 lalu, perang iklan antarpartai terjadi sengit. Salah satu partai yang berhasil menghimpun dana 22 milyar rupiah untuk Palestina kemudian unggul di mata para pemuda Islam, khususnya para aktivis yang memang telah berafiliasi dengan partai tersebut sebelumnya, terang-terangan atau dengan sedikit bersiasat.

Dalam masa itu pula, Palestina dibombardir Israel. Lebih dari seribu nyawa melayang dalam hitungan tak lebih dari 23 hari. Tak pelak, ribuan pendukung partai dakwah melimpah ke jalan-jalan, menyerukan pembebasan al-Aqsha, Gaza, bahkan Palestina secara total.

Maka pada detik-detik belum diizinkannya berkampanye, partai pengusung politik Islam telah mengangkat bendera kampanyenya. Atas nama perdamaian dunia, para asatidz menangis di jalan-jalan, seolah benar menangisi ibunya, adiknya, anaknya di tanah jihad sana. Para pemuda Islam berkeliling membawa kotak infak ukuran besar, mengetuk nurani seluruh manusia yang ia temui, untuk bersama menanggung derita warga Palestina. Lalu terpampanglah di layar-layar kaca: Palestina Kita Sayangi.

Lebih dari 60 tahun Palestina dijajah oleh bangsa tak bertanah atas bantuan konspirasi musuh Islam seluruh dunia. Zionisme, gerakan kembali ke bukit Zion (Yerusalem), telah subur bersama freemason sejak Perang Salib tak berhasil melenyapkan agama Islam. Musyrik dan Yahudi, yang dalam Alquran dipastikan sebagai musuh terbesar Islam, melahirkan berbagai gerakan bertopeng HAM dan kedamaian.

Sejarah panjang Yahudi sejak zaman para nabi hingga kini selalu dipenuhi darah dan pengkhianatan. Dan sejarah itu membuktikan, Yahudi lebih sering kalah dengan ketegasan ketimbang siasat. Hal tersebut karena sifat dasar Yahudi yang pengecut tapi culas. Mereka tidak akan berani berperang dengan saling berhadapan, melainkan dengan berbagai perjanjian yang kemudian dikhianati setelah menyatakan sepakat.

Pada pekan terakhir, segenap media memberitakan pengkhianatan Yahudi selanjutnya—mungkin jutaan kali sejak saudara-saudara tiri Nabi Yusuf as mengkhianati kepercayaan bapaknya, Ya’qub as (Isroil). Kiblat pertama umat Islam, masjid al-Aqsha, yang sejak lama digali untuk menemukan Haikal Solomon di bawahnya (kebohongan Yahudi yang lain), diserbu lagi. Tentara Zionis membunuh sedikitnya 700 orang yang bertahan menjaga tempat suci tersebut. 

Adalah sebuah siasat lagi, membangun terowongan dengan sampul penelitian di bawah tempat suci agama lain. Dengan skenario gempa bumi atau semacamnya, Israel ingin al-Aqsha runtuh disebabkan bencana alam yang akan mereka rekayasa. Tapi hingga kini (setidaknya awal hari ini), al-Aqsha masih berdiri meski tidak kokoh. Barangkali habis sudah kesabaran para Yahudi ekstrim terhadap ketangguhan masjid beserta jamaahnya ini, maka yahudisasi terpaksa dipercepat dengan penyerbuan terang-terangan di depan mata dunia.
Yahudi telah hapal tabiat kita. Panas di awal, lalu menguap sampai akar. Palestina Kita Sayangi, ternyata hanya sebatas jargon. Berguna sebagai pelaris, seperti mantra para dukun yang dirapal pedagang musyrik. Terus dibacakan sekadar menarik hati orang agar membeli, tak peduli dan mungkin memang tak perlu peduli makna dan pertanggungjawaban kalimat rapalan tersebut.

Ketika al-Aqsha kian sekarat, partai dakwah justru merapat ke penguasa pro-pengkhianat. Jangankan turun ke jalan meneriakkan pembebasan Palestina, sekadar mengecam pun seperti tak berdaya. Demikian pula para aktivis Muslim yang katanya intelektual, tapi semua tindakan menunggu titah dan restu para guru. Jangan suruh mereka berperang, karena mereka lebih suka bersedekah pada Zionis melalui produk dan pelayanan yang seharusnya diboikot. Aktivis Muslim bangga bisa mengakses facebook, menyeruput starbuck, menggenggam nokia. Siapa bisa disalahkan, jika para asatidz telanjur memfatwahalalkan.

Jumat, 09 Oktober 2009

bingung aku bikin judulnya

apalah arti nama, kata shakespeare. nama adalah doa, kata muhammad (mizz u!). maka adik2ku seneng bener otak-atik kata utk dapetin nama terbaik bagi halaqah mereka. kalo ayu-reni-tila-septi (tadinya 12, sisa 4) milih nama salsabila yg jg nama mata air di surga. harapannya tentu biar kita semua bisa nikmati air itu, aamiin. (pada titik tertentu keharuan, yg gak perlu kugambarkan dg airmata, kuminta Allah mempertemukan kami di surga-Nya; jg ketika keluargaku sdg rukun, flpers kompak berkumpul, puput/wiwid nyandar di punggungku, mr dan kwn2 liqo melingkar di sekitarku. thx 4 ur luv).

resty-nuri-diba-putri-ayu-anggun-angie-desti-widy (12 sisa 9) malah bawa buku nama anak2 ke mushala, 'pilih kak,' kata mereka. duh, jadi geli. kayak mo ngasih nama anak (abi, lagi di mana?? GUBRAK). trus salah satu dr mereka bilang, cari yg sesuai dg karakter kita lah. mm, kuliat abege2 itu cerianya ampun bgt (ceria ato biang rame?), like mr like mt (suka mr-nya, suka mt-nya juga. jadul bin basi, taaar..).  akhirnya inget satu kata: nasywa. ini nama keponakanku, kalo gak salah artinya gembira (salsabila jg nama keponakanku). kuusul deh nasywa itu, ternyata pada setuju. ujung2nya ngajak bikin jaket, hooo itu to maksudnya. asal kalian seneng, bikinlah. berarti tar kalo dpt kelompok lagi, bs pake nama sandra, ferdian, haikal, salwa, hasbi, hamizan (nama2 cucu makku, hehe).

asal kalian seneng, bikinlah. kuralat. asal gak melanggar syariat, en kalian seneng, bikinlah. telat kali. kasus lama ngulang, binaanku ada yg pacaran. teganya, teganya dikau merusak kepercayaanku. yg ini like mr like mt insyaallah gak berlaku. manusiawi sih, tiap hari ketemu gimana gak ngiler (apaan sih tar!). apa aku belum ngasih materi ghadul bashar ya?? perasaan sudahlah (pake pikiran hoi, bukan perasaan!) ada pula yg ngomen di plurk, 'senior kami yg dikira militan taunya pacaran juga'. udah nikah kali, kalian aja yg gak tau krn gak diundang, gak diundang krn gak tenar. hihihi.

pas bonceng seorang akhwat yg aku tau dia pacaran, langsung kutembak, 'nikahlah ukh, mati potensi kita gara2 satu itu. gak mungkin anti bs py binaan melek en gak budeg.' bahasaku emg serem. ya drpd manis2 tp yg dimaksud gak nyampe. dia gak mungkin langsung kabur kan, wong lg di atas motor. klo punya nyali lompat aja, biar benjut.

yang kumaksud melek en gak budeg: binaan pasti liat (bs lewat mata kawannya) ato denger (pinjem kuping kawannya juga) klo mr-nya boncengan dg bukan mahram, dll aksi org pacaran. oke kita bs nyelamatin diri dr mata ato kuping mereka, gmn dg Allah? mau jd munafik? (astaghfirullah..., sambil mikir, aku pernah asoi geboi gak dg ikhwan??? kayaknya en mdh2an emg gak).

Sesungguhnya orang-orang munafik itu (ditempatkan) pada tingkatan yang paling bawah dari neraka. Dan kamu sekali-kali tidak akan mendapat seorang penolong pun bagi mereka (4:145). na'udzubillah, tsumma na'udzubillah.

pulang ya dek, pacaran hari gini efeknya negatif semua. kalo gentle, pacarmu itu akan datengi bapakmu, minta izin nikah. tak beliin avanza klo dia berani! (lebaayyy, tabungan aja seret!). hya, soale ada jg ikhwan yg giat banget sms kawanku saban hari, pas ditodong nikah dia ngomongnya muter2. ternyata di tarbiyah ada hermafrodit jg, wakakak! tar kalo tu akhwat dpt proposal dr mr-nya baru mewek darah ente! gitu jg akhwatnya, ladeninlah sms2 gak penting para ikhwan, siap2 aja sakit hati. usul humaira, bikin buku ketika cinta berdarah... (usul very boljug!)



Selasa, 06 Oktober 2009

penjahat lalulintas

tiap hari di jalanan, bikin aku aku iseng ngitungin penjahat yg berserak di jalan raya:

1. angkot
rajanya gak sopan. jelas2 sopirnya ng-sen ke kanan, si kenek (ato kernet? pokoe kondektur) malah ngasih aba2 ke kiri. lg lempeng jalan, tau2 dia ke kiri, ngasih sen 2 detik sebelum nyentuh marka. ato pas dia di kiri, trus kita mo duluin dr kanan, eh tau2 dia ke kanan. kalo nyenggol, boro2 tanggungjawab, dia bakal ngabur sambil ngoceh!
klo jam pulang sekolah, jgn coba2 lewat smp 11, smp 7, sma 5, sma 3, sma 1, adhyaksa, ferdy-revani, dll skul. maceettt! angkot2 nyerak seenak perut, trus saling maki dg emak2 pns yg sebel motornya diseruduk2 angkot.
kalo di lampu merah, gak ada cerita angkot diem nunggu lampu ijo. selalu nembak. mungkin krn tuntutan persaingan, sekarang di jambi banyak ojek, yg punya motor jg bejibun, jd jarang liat angkot penuh penumpang kayak dulu. salah mereka juga sih, kalo lampu merah, trus dia gak bisa nembak karena arah berlawanan terlalu rame, angkot2 brenti di jalur kiri yg harusnya dipake lewat kendaraan yg mo belok kiri. sunnatullah (hukum alam): yg suka nyusahin org lain hidupnya bakal susah.

2. motor edan
bukan motornya kali, pengendaranya. suara knalpot meraung2, asapnya ngebul. gak tau ato pura2 gak tau klo sepanjang jalan dia ngumpulin sumpah serapah org2. belum lg klo meliuk2 di antara lalin yg padet (tari lupa masa muda!)

3. polisi
kyakyaa.. polisi kok dikata penjahat. gimana gak jahat, dia nyetopin org cuma buat minta duit. makin hari makin aneh aja uu lalin, dr larangan pake helm kecil sekarang malah wajib pake helm standar yg mahal punya. bikin curiga, ada apa sih, siapa sih di balik uu??
biar penjahat satu ni gondok, kalo ditilang jgn bayar di jalan, biar aja stnk ditahan. tobat deh dia, capek2 nangkep, yg dpt duit kejaksaan ato kantor pajak. kejaaam...

4. pengemis
gak semua, cuma yg pura2 sakit/cacat atau yg mengeksploitasi anak dan lansia. tega2nya anak en ortu disuruh ngisep timbal di bawah terik matahari. gimana sih tampang koordinator pengemis?

5. anak punk
2 bulan lalu masih banyak di sipin, sekarang bersih, mungkin ditangkepin. mereka suka asal naek mobil orang (kakakku kena), minta rokok dll. agak males klo pas lampu kuning, kita dah ngebut2 ngejar supaya gak keburu merah lagi, eh dia berdiri tengah jalan. klo ketabrak kan kita yg nanggung.

ada lagi??

Sabtu, 03 Oktober 2009

mari membajak

hebatnya komputer. aku yg pembosen gini bs betah berjam2 hadap2an ma dia. lebih hebat lagi, yg nemuin komputer (emang kapan ilangnya, tar?) dan tentunya, yg maha hebat, pencipta penemu komputer!! thx Allah, utk fasilitas ini.

seorang binaan pamit, keluar dr liqo' dg alasan sekolah. "gpp," kataku (padahal hatiku retak tak tak!)

"tujuan hidup kita apa, dek?" sebenernya aku nanya ke diri sendiri.

"ibadah."

"liqo' adalah sarana menuju target jangka panjang: surga." jangka panjang, tp bisa tiba2 di depan mata (ajal!)

"ortu blm tau, dan gak bisa dipaksa. tp adek tau kewajiban kita sbg penerus nabi. quran dan sunnah di pundak kita, daiyah gak mungkin shalih sendiri." dadaku digedor2: tari, jgn lupa ngaca ya.... "kuliah nanti liqo' lg ya, utk pelihara kondisi, jaga komitmen itu susah."

dia ngangguk ragu2.

aku curhat di komputer.

ngapalin ayat2 juga enakan dr komputer. pake mp4 klo dah lumayan lancar, tinggal ngulang. sayangnya, kadang2 ni barang nyesatin juga kalo aku dah ngobrak-abrik pc ato fd org. nemu lagu jahiliyah kuembat (walopun dah tu kuhapus, boseennnn), ada game langsung copy (yg ni jrg dihapus. hmm, saiang).

nasyid jg walopun cpt bosen jarang kuhapus. lagu2 islami, klo yg nyanyi bikin mules (nyanyi reliji dg kuping ditindik kayak banci; ramadhan nangis2 nyanyi ingat mati, lewat ied bikin lirik syirik; nyanyi tobat tp bininya umbar aurat) gak selera dengernya!! mending sekalian yg gak sok2 suci, lagu umum aja, tema sosial. lebih menarik. tp tetep.. bentar aja dihapus, boseennn.

tp gaul dg kompie kalo gak ada musik gak seru. krn aku bosen dgr nasyid yg mendayu2 en lagu indonesia yg seliweran di tipi, jdnya aku paling betah dgr lagu luar. kadang sebel jg sih, ketemu lagu yg banyak makiannya. ada yg kuhapus ada yg nggak.

pas lagi di puncak bosen dgr bondan en fade 2 black, eh nemu hip-hop thufail al ghifari. tadinya semangat mo beli cd aslinya. pas liat dia nampang jg di fb, jd ilfil! tp drpd dgr yg lain, gpp-lah. drpd melow dgr lagu cinta gak jelas, mending ngamuk2 dengerin thufail maki2 ikhwan, pemerintah en zionis. (lagu2nya ngefek bikin naek darah, hehe).

afwan akh, lagu2mu tak bajak aja. hak cipta kan milik Allah... windowsku aja bajakan, microsoft juga. kalo perlu smua barang2 zionis kubajak, trus jual lima ribu perak, biar bangkrut!!! en duitnya kirim utk koban gempa ato palestina. hidup mujahid..!!

Kamis, 01 Oktober 2009

gempa jambi

assalamu'alaikum, pa kbr? gmn di sana?

aslm. gmn kondisi jambi skrg?

bbrp sms senada di atas masuk ke as-ku. ada juga yg nginfo 'kader' kumpul ke dpd. kutanya, "emg gempa sampe ke kota ya?" gak dibales.

ternyata prediksi bakal ada gempa di sumatra, yg disampaikan saat gempa garut, bener terjadi. sayang, cuma bs prediksi, tindakan preventif untuk meminimalisir jumlah korban kayaknya nihil.

waktu sms2 itu masuk, aku sedang di rsud raden mattaher. nahan dongkol, berjam2 di sana gak ketemu dokter. cuma pegawai yg dg cueknya ngobrol lama di hape. awalnya, bapakku yg jarang sakit, belakangan sering demam en gak kuat shalat jamaah. setelah sehari shalat sendirian di rumah, kondisi beliau memburuk sampe gak kuat berdiri utk shalat. mantri langganan udah angkat tangan. bapak gak mau diopname di rs. akhirnya, bawa ke puskes.

sampe puskesmas simpang kawat, yg jaga gak ada. mungkin karena kabut luar biasa tebal (sampe aku ngetik ini, udara masih bau asap, bahkan di dalam rentalku!). aku tunggu skitar 30 menit, akhirnya dilayani. bapak diperiksa, dikasih obat, en dirujuk ke rs.

berlimpah kutukanku utk rs pemerintah itu. masuk gedung, aku daftar utk dokter spesialis, 25rb. setelah daftar, nunggu 30 menit utk dpt form yg diisi data bapak. dr loket td, diminta ke penyakit dalam. nunggu sejam. kirain setelah dipanggil, bs langsung periksa. sampe situ, rupanya cuma dapet kertas selembar, trus suruh ke poli bedah. di poli bedah, bener2 kacrut instansi satu ini, berkas yg kubawa gak disentuh seujung kuku pun! yg jaga asik telpon2an entah dg siluman mana.

aku bolak-balik di depan orang putus saraf ntu. dalam ati nyumpah2, kalo bapakku kenapa2 di sni krn kelamaan nunggu, siap2 aja kalian kuamuk!

lama nunggu, bapak gak tahan. beliau ngajak pulang. ya udah, aku dan kakak keduaku manut krn dah jengkel juga. rsu udah kayak rsj, tp yg sakit jiwa bukan pasiennya, melainkan pegawai, perawat, dan tentu saja dokternya, yg sampe siang gitu blm juga datang!!

blm semenit sampe rumah, re sms; kader harap ke simpang jelutung, trona, ato simpang bi utk bagikan masker en galang dana gempa. aku meluncur ke simpang bi. alhamdulillah, di sini gondokku lumayan kempes. kejadiannya lucu2, walo ada yg nyebelin juga.

pertama turun ke jalan, ada 2 org bapak2 boncengan motor. kusamperin, "pake masker, pak!" sambil kuberi 2.

"dak lah dek, dakdo duit kecik."

"??" hehe, "gratis, paaak." eh si bapak langsung minta 3!

trus ada lg yg nanya, "dr mano?"

kujawab, "dr pks, pak."

"ngapo kalian ngasih masker?"

"ya kalo ngasih beras gak kuat manggulnya kalee!" dalem ati doang!

yg lebih asem, ada bpk2 ngeliatin aku dr waktu masih di pinggir. pas kusamperin, dia melotot ke logo di box yg kupegang. langsung geleng2 kenceng, cemberut pula! (ntah klo emg tampangnya sangar akut gitu, hihi). ya udah, diajak sehat gak mau.

ada sejam kali edar masker, amika yg tadinya megang kotak dana di simpang arah broni (aku di arah sei kambang), izin tau ke mana. aku gantiinlah dia bawa kotak dana, krn maskerku jg udah abis. kulongok kotak, isinya banyak lembar 2rb baru. jiaaah, kayak lebaran aja! goceng kek, manis juga liatnya. tp alhamdulillah, ada jg yg ngasih sepuluh sampe lima puluh ribu.

selesai amanah di jalanan, pulang liat cucian piring en pakean numpuk. beres nyuci, angkut2 cpu en hunting laptop. subhanallah... hari ini harusnya capek bener, tp itu lebih baek drpd aku diem2 stres mikirin yg lain.

Selasa, 29 September 2009

Gerhana, A. A. Navis

gak bisa tidur... biar ngantuk, aku baca buku. lumayan riskan sih, kalo ternyata bagus, biasanya malah jd melek sampe larut. kalo ngebosenin, bentar aja langsung pindah dunia. tadi baca di bawah lindungan ka'bah karya hamka. gak tau kenapa, mood-nya sedang gak ke sastra. sebenernya bagus sih, tp gak diterusin (kalo gak mood, kurang nyerap di otak). tapi gak bikin ngantuk juga. biasanya yg bikin lelap tu, buku2 fiqh yg ngulasnya muter2, ato buku melow yg bukannya bikin nangis malah pembacanya nguap berulang2 sampe pingsan.

malem2 yg lalu, aku baca gerhana milik aa. navis. latarnya padang zaman dulu. beliau sedikit mengangkat soal sebutan org2 indonesia utk org minang. org sumbar dikenal dg sebutan orang padang, yg mana sebutan ini lebih mengesankan karakter drpd suku. tp aa. navis gak berani nyebutin karakter yg kayak gimana. ahay, se-indonesia jg tau!




novel gerhana menceritakan carut-marut kondisi kampus era.. berapa ya?, pokoknya jadul banget. orde baru, waktu harga soto cuma 25 perak, eh rupiah. nepotisme rektor-dekan, ayam kampus, mahasiswa doyan popularitas, dosen gak bermutu, sampe polisi pengikut marquis de sade. bagus, tapi... estedelah, somplaknya sastra kita, kayak gak bisa lepas dr sex. dibaca semua gak enak, gak dibaca semua lebih gak enak, jadi gak nyambung kalo dilewatin.

waktu baca novel putri karya putu wijaya juga gitu. ide, alur, latar, semua oke. kecuali kalo udah ketemu adegan2 biru, ampun dah! mo belajar dr penulis senior, harus siap2 dapet yg dia punya, meski kita gak suka. dr penulis islami, siapa ya yg enak dijadiin inspirator? dulu sih, mbak helvy tiana rosa. sekarang pengennya tetep, tp blm ketemu novel barunya. paling bukavu, kumpulan cerpen lama. inilah salah satu misiku jd penulis, spy penikmat sastra masih bs melahap sastra berkualitas yg tetap sehat. sayang, sampe hari gini buku sebiji aja blm punya! cerpen sih banyak, tapi masih kelas lokal. hikz.

emang apa sih yg aku gak bisa? doo, kumat narsisnya (ato takabur?). bukan.. maksudku, kalo Allah ngizinin, apa sih yg aku gak bisa?? cuma punya buku, gampaaang

**harusnya dipost tadi malem, tapi pending karena (lagi2) speedy gangguan!!**

Kamis, 24 September 2009

rihlah

belakangan aku doyan bener jalan2. klo dulu keluar rumah cuma buat ngisi, diisi en piti, sekarang otaknya refresing mulu. stres? gak juga. kayaknya aji mumpung aja, sebelum dilarang2. dr solo (ada unsur jln2nya juga, itulah pemanisnyaSmileyCentral.com. emang enak jauh2 cuma buat rapat?!), ke bahar, lusa lalu ke sabak. bbrp hari ni bolak-balik main ke sebrang. sayang, naluri nulis en fotografinya kok mati suri. biasanya pulang2 dr suatu tempat, ada oleh2 cerita en pics, kali ni capek doang. tapi puas!

.......... (aduh, mules pula!) BREAKKKKKK SmileyCentral.com

hff, lega.... tp hidungku mampet, td pagi dah bersin2. gpp, yg penting malaria jgn kambuh! hari ini rencananya mo di rumah aja, ngetik, baca, dll. tp td kawan smaku sms, ngajak jalan. okke!! SmileyCentral.com

oya, kemarin pas di jalan ke sabak, aku liat buaya!! biasa aja kaleee.. gak, ini gak biasa krn tu buaya nongol di dkt pemukiman. pemukiman buaya. haha, error. beneran, aku liat punggung buaya pas mobil kakakku berhenti utk mastiin arah yg dituju bener ato gak. ntu buaya kayaknya lagi ngaso, kuliat dia di pinggir sungai yg airnya tenang banget. air sungainya item, kata kakakku yg rumahnya di sabak, itu rawa gambut. kupastiin si buaya py ukuran badan super xxxl, extra lebay pangkat 3. soale punggungnya doang udah seluas itu. untung dia agak jauh dr mobil, klo deket ngeri juga. aku kan cuma bawa pulpen, gak bawa spidol, gimana mo ngasih tanda tangan ke badannya yg tebel gitu!


kemarin sore, setelah roadshow (halah!) dg flpers, aku ke sebrang ma puput en riana. sampe sana, suasana gak senikmat waktu aku en wid ke sana. sunset sih cantik, tp byk pemuda situ yg lagi maen bola, pacaran, en.. pipis! hiek, gak tau sengaja pa nggak, tp knp sih buang sisa badan mesti depan kita2. bikin ilfil.. cape deh! SmileyCentral.com

dr sebrang, aku ke mendalo, mulangin anak orang. aku kan bertanggungjawab SmileyCentral.com, trus kebutan dg matahari, ngejar maghrib. dasar bang zuko, menang irit tp tenaga empot2an. dah sampe ujung tanganku narik gas, gak jauh2 dr 60km/jam. Alhamdulillah, sampe rumah langit masih ada merah2nya. wudhu, shalat, tilawah, makan, shalat isya, trus... lelap!

Minggu, 20 September 2009

laki-laki

awalnya mo posting sang mutarobbi, tp jdnya malah posting soal ikhwan b*e*g*e* (bacanya bukan bege ya!). gara2 ada yg masalahin kecuekanku ngadepin makhluk2 ntu. di flp ada 3 org yg wanti2, mr-ku dr dulu rata2 jg, kawan2 tutor en 4 akhwat genk keyen nyante, kecuali bunda ria (ya lah, yg di flp jg dia plg bawel!). drpd jd contoh buruk, kuklarifikasi deh di sini.

aku, klo sms-an dg ikhwan, trgantung gmn ikhwannya. dia ngocol, aku jg. dia serius, ya aku serius. yg pnting, ngocolnya gak 'belok' en yg srius gak bkin mampus. yg ngocolnya error buanyak, ujung2nya crita nikah. aku sih dr dulu berdoa, "ya Allah, jgn beri aku ikhwan model gini." (terlepas dr doaku makbul ato gak..). biasanya mrk mentok klo aku dah blg, "tak lapor mr!" tp klo kmd dia bls (belum nemu sih), "oke, kita ke mr." aku kabur deh! drpd putus hubungan dg mr, mending putus dg tu ikhwan. aku sih bukan mandang mr sbg org suci ato tokoh sakti yg wajib dipatuhi (mrk pasti meng-cut hbgan kyk gitu), tp lebih cinta ummahat aja drpd ikhwan. apalagi klo ikhwannya.... (isilah titik2 tsb!)

ada jg ikhwan yg smsnya srius luar binasa. udh depannya pake salam, di blkg kasih salam lagi, kayak gak mo dibales. padahal dia nanya! yg model gini, aku jwbnya, "ok", "Insyaallah", "jzk". gitu doang! eh, yg error jg kujawab singkat2 klo dia dah mulai rese'. tp batas rese'ku lumayan jauh kok. makanya dianggap cair. (mo somse, tar diteriakin, "kayak cakep aja lo!")

tp, di antara para ikhwan yg unik2 itu, aku lebih benci, benci benci benci, dg yg model gini: sok kalem, sok lembut, sok wibawa. klo rapat bolehlah jaraknya dg akhwat, ngomong gak liat, mukadimah panjang2. sekali buka sent inbox hp-nya, bs nangis bombay dia punya binaan kalo baca! aku dah nemu yg bgini, baca smsnya di hp akhwat. syg mrk gak godain aku (huahahaha!), klo ya, aku akan sebarin boroknya ke akhwat2 yg kusayang. soale mo negur akhwat yg hpnya dihinggapi ikhwan b*e*g*e* tu, khawatir dikira sirik. insyaallah se-dzarrah pun nggak ukh, bolehlah kita mubahalah! (tantangan ini jg maunya kuajukan ke seseorg yg dulu fitnah aku naksir suaminya. huek! amit2)

ada bbrp ikhwan yg dulu suka iseng say hello ke hp. aku sih mood2an, lg mood kubls, klo gak, apalagi pulsa seiprit, ya kucuekin. tp yg awalnya iseng, ato sok2 penting, byk yg ujung2nya jd kawan. namanya manusia, kdg khilaf. belakangan mgkn dia baru nyadar, akhwat yg dia isengin trnyata mati rasa. ups, mksdnya mati rasa ke dia! tenang..., masih normal kok!

kmrn, ada akhwat ngomong, "kak, nikahi ****." dia nyebut namanya.

"..??" aku bengong manis.

"Klo kk jd ikhwan, kesannya banting harga ya, ngomong kayak gitu?"

"Gak lah, tergntung kasusnya. klo dah dirayu2, dipegang2, trus gak dinikahi juga, itu malah big sale se-big bignya!"

haha, ketawa bareng deh, sambil menghirup 'pupuk kompos' yg bertebaran di 'pantai' aurduri.


ya Allah, kirimkan yg lebih baik drku, tp baik utkku

Kamis, 17 September 2009

perempuan

kirain aku cuma betul2 ngerasa perempuan pas si tamu datang bawa oleh2 kram perut. biasanya klo udah gitu, aku pilih masuk kamar, baring gak banyak gerak sambil menikmati keperempuanan. bayangin, ada banyak perempuan lain yg gak didatengi si tamu dalam waktu yg panjang, sampe2 mereka stres, khawatir gak normal, gak punya keturunan, dll. yg lebih utama, seorang Muslim kalo sakit kan dosa2nya dihapuskan. asal ridho. tapi ada juga yg klo dapet sakitnya sampe 2 hari. innalillah, turut berduka deh!

tadi, seharian jd perempuan beneran. pagi2 laper, pengen makan gakda makanan. merasay lah kalo gak puasa di bulan ramadhan. biasanya mamak sama kakak perempuanku tetep nyediain sesuatu sisa sahur. tapi hari ini, asli apes kuadrat. udah lauk gak ada, nasi pun nihil. klo hari biasa sih gampang, ngabur aja ke rumah makan padang. tapi ini ramadhan... satu, pagi2 blm buka rumah makannya, kedua, malu hoi! akhirnya, aku masak (siangnya jambi langsung diguyur hujan lebat banget!)

alhamdulillah, masak nasinya sukses. gak gosong, cuma kedikitan, kata mamak. trus abis makan, pengen ngopi (sumber inspirasi utk nulis), treteng.. kemarau nyampe juga ke tremos dapur! air panas gak ada. oke oke, aku masak. nah, kebiasaan buruk org rumah sering berulang nih, ada aja yg ngambil alih kerjaan dapurku. dr dulu, kalo aku masak ato ngapain, bapak, mamak, ato kakak2ku suka jd pahlawan, nerusin kerjaanku. aku seneng sih (bangett!) tapi efeknya jelek utk ke depannya. aku jd sering lupa, en kurang tanggung jawab. oya, aku juga bikin telor dadar. uenak! ya lah, sambel campurannya nemu di meja makan sisa sahur, yg bikinnya aja master of sambal: yuk eni. jagoan bikin yg pedes2.

belum habis pagi, kakakku yg kelima dateng bawa 2 anaknya, yg 1 umur 5 th, satu lg bbrp bulan. nitip, selama beliau kerja. anak yg pertama bener2 nyetak habis kelakuan emaknya kecil dulu. biang kerok. yg kedua, manis sangat kayak ammanya (prepare the ember!!). sayang, si izan, ponakanku yg biasanya baik betul itu baru aja diimunisasi, jdnya rewel. so, cucian ngalah, ngetik2 ditunda, urus anak dulu.

abis diminumin obat, izan ngantuk dikit. baru jg ammanya (bibinya: aku) mo ikutan tidur, dia bangun, mewek. maunya digendong, asal aku duduk alarmnya bunyi, ngeeek. akhirnya keliling rumah entah berapa kali, biar kesannya jalan2. gak cukup bkin pgel, tu anak juga ngasih bonus air anget yg basahnya sampe ke dalem2. pipis!

sesiang itu, izan asik 'nyanyi' aja. aku dah ngulang2 shalawat, berdendang ria bawain nasyid yg kuinget, dia tetep melotot gak bobok jg. dasar bayi zaman sekarang, sorenya pas aku iseng duduk depan tv, trnyata dia diem, nonton! udah gitu tidur nyenyak banget. trus kubawa ke kamar, bd maghrib dia bangun. fresh. dia ketawa2, muter sana-sini, gak nangis dikit pun. alhamdulillah... tp skrg, akunya yg pengen tepar!!!

Rabu, 16 September 2009

lagi lagi...

bbrp pkan lalu pngen nulis ttg malaysia, hubungannya dg amrik yg dah nangkring di singapur, gak setujunya aku dg ribut2 ma sodara serumpun. rasa2 eneg dg org2 yg jiwa patriotisnya luar biasa, maunya perang lawan malaysia (ghirah harus digedor, klo berani ke palestin sana, bunuh yg bener2 musuh!)

trus mampir ke blog org, liat lirik nasyid keren banget. Persis dg pikiranku selama ini, ya soal malaysianya, zionisnya, kelakuan ikhwahnya, dll. Subhanallah, ada juga ikhwan yg berani ngoceh gini. trus aku ke mp3raid, coba download thufail al ghifari. abis tu, nyalain lagunya. kena banget, aku sampe nangis saking harunya (lagunya ngerap, jingkrak2, tp liriknya itu, gak biasa).

langsung ku-sms kenalan yg lg di jakarta, karena aku gak mo ngebajak py sodara yg dia beneran mo jihad. rencananya mo beli cd asli, gpp klo mahal. tau2, deg! inget sesuatu... coba search thufail al ghifari di google, jgn2 ikut latah ke facebook.

hasilnya... airmataku langsung kering. gak taulah, yg di fb tu thufail yg itu ato gak. pliss, beri aku kabar baik klo itu bukan mereka/dia (aku gak tau, solo ato grup ni munsyidnya). klo ternyata emg mereka, entahlah. ke mana lg nyari yg bs dipegang ucapannya.

selama ini, yg gak pake fb cuma mereka yg emang gaptek. yg gak tau ttp gak mo tau, yg tau pura2 gak tau, malah asik rekrut kenalannya rame2 nyumbang zionis.

silakan vonis aku perfeksionis, sok selektif, lebay ato apa.

Allah, aku sedih lagi. aku gak punya byk uang untuk disumbang, gak punya tenaga utk perang. baru sebatas ini yg kubisa, bukalah hati sodaraku ya Rabb... dan sampaikan salamku utk ikhwah fillah di palestina sana

Selasa, 15 September 2009

sang murobbi

gatel bangeet rasanya pengen ngetik. apa daya, ada aja yg ngojek gratisan sono sini. giliran rada tenang, pln semaput. dah pln waras, gakda yg minta anter, akunya yg kelenger. cuapek boz, sare' heula!

dr byk cerita, ini yg masih agak nyangkut idenya. tentang tutor/mentor/murobbi, ato apalah org nyebutnya, intinya pembina kajian. awalnya dr mantan mentee (emang ada, mantan mentee?) curhat soal liqo' barunya. duh, yg kurang fahim sm istilah2 ini tanya aja ya, ato telp 108, tanya no hp syarifah lestari. halaaaah!!

binaanku ini, ngaku pengen nangis pas liqo', krn inget liqo' lamanya. byk sebab sih, salah satunya, krn tutornya yg di sana gak selembut yg di sini (hiaaaaaaa, dijamin bokizzz!). nggak, bkn itu. tp krn tutornya membahasakan diri 'aku' dan manggil binaannya 'kamu'. padahal benerlah ya, masak nyebut diri sendiri 'kamu', trus manggil org lain 'aku'. kan ngawur tuh orang! plis deh tar, serius dikit napa?? ya, ya. sementara, tutor di sini, gak aku aja sih, tapi rata2, membahasakan diri 'kakak/mbak', en manggil binaannya 'adek'.

mungkin kata 'kakak' dan 'adek', kesannya remeh aja, tp sebenernya, sapaan akrab ini punya efek positif banget. asli bedalah, yg lebih muda dr kita selalu lebih seneng dg kalimat sapa begini, "Sehat, Dek?" daripada, "Apa kabar, Ukh?" apalagi gini, "Kamu sehat2 aja kan?" ih, gak romantis banget!

tapi kalo ikhwan, biar lebih muda, biasanya tetep gak mau dipanggil adek. sok2an emang! (hoi, hoi... kita lagi bahas mutarobbi nee, bkn ikhwan!!!)

dulu, aku jg ngerasain yg skrg dinikmati (hihi) adikku itu. dr mr (murobbi) yg manjaiiin banget. manggil adek, rajin mutabaah, kalo kita ngomong didengerin sampe bener2 titik. eh, tau2 setelah itu dapat mr yg ngebahasain diri 'ana' trus manggil binaannya 'mbak/anti' en yg sama sekali gak bs diem klo binaannya lg curhat. grrr..., emosi, emosi!!! yu no hasilnya? aku en mr klo ketemu brantem mlulu. sebelumnya klo ngomong politik aku tenang2 aja, setelah itu jd gatel pengen matahin hujjah bliau. soal fiqh jg debat trus, jd males curhat. bahas interaksi ikhwan-akhwat pun tegang urat. pokoknya liqo' jd ajang perang deh!

lucunya, anehnya, uniknya. aku selalu kangen bliau. bahkan di suratnya, beliau ngakuin klo aku binaan yg rajin dateng liqo', jarang telat pula. dan setelah ktemu mr2 yg lain, aku nyadar. beliau itu, mr-ku yg paling kreatif, paling memuliakan tamu (dg sajian makanannya tiap liqo', yee!), plg cerdas, paling gaul, (kayaknya) plg byk hapalannya, dan paling siap tiap ngisi kajian. (pcyalah kakak2ku, aku bs nebak klo kakanda gak siap ngisi, ngalor ngidul. mgkn krn kecape'an ato apalah)

dulu kirain mr satu itu juara gak romantis, klo ketemu kayak gak kenal. tp trus salah satu flper brhasil nebak klo bliau mr-ku. gara2nya, ummahat itu ngeliatin aku dr ujung ke ujung, dr jauh sampe aku jauh lg. waktu itu pas acara di tugu juang. mm, mgkin bliau sedang mendoakan, (biar afdol smbil diliatin objek doanya): "Ya Allah, berilah hidayah pada sodaraku yg aneh itu; yg jilbabnya olwes kaos; yg sandalnya nyaris selalu jepit cowok; yg dr abege dah bawa motor tp gak pernah pegang sim; yg narsisnya amit2; yg saku roknya cepet banget robek tp gak dipeduliin; yg klo kondangan, ngaji, jalan2, tasnya tetep selempang item. ampuni ia ya Allah, karena dia manis. Aamiin."

(Hampir lupa) pesan moral: semua org py nilai plus en minus, gak usah ngebanding2in. yg kita anggap 'lebih', belum tentu bgitu. yg dianggap 'kurang' jg bs jadi malah lebih baik.

gitu ya dek...

Rabu, 09 September 2009

rental komputer

Syarifah Komputer. Rental lebih kurang 3x4 m. usaha kecil yg baru kurintis bbrp bulan, blm gitu mghasilkan, malah lumayan bkin tinggi utang. Its ok, namanya jg baru mulai. Optimis tar!

Tarif rental yg kupasang sih asli bkin kebanting rental depan. Tp krn aku bukanya suka2 (mksdnya gak terjadwal, krn kdg panggilan dkwh suka dtg tiba2, ya rentalnya ikut2an buka tutup tiba2—kesannya gak jelas ni org bikin usaha!) jd duit masuk jg suka2. Manajemennya jelek banget!

Udah gitu, br juga mo nyelesain smua tanggungan yg klo gak tuntas bs ngalangin masuk surga ntu (ya si utang tadi), udah ada pula ‘proyek’ baru. Trus, kunyalain lg obor di kepala (klo bolam terangnya kurang liar, mo jd pengusaha kan mikirnya kudu rada gila). Oke, aku kerja part time (hiaa, rentalnya mkin ditinggal!)

Jam 8-12 duduk di belakang pc, bikin surat, ngitung duit, kdg2 keluar jg nemuin aparat pemerintahan yg apa2 maunya dibikin rumit (mulai deh lu tar!). shalat zuhur di rumah, udah tu ke rental yg letaknya tepat di sebelah kamarku. Ngapain? TIDUR.

Kupikir2, giliran aku kerja sm org, amanah sosial kok minggir sendiri ya? Gak ada yg teriak, “Ukh, tolong….” Coba klo di rental, baru aja nyolokin kabel, hp udah merepet.
Trus, aku mikir lagi. Ni rental, ada 3 pc lengkap di dalamnya. Tp klien yg dtg gak satu pun ngetik sendiri. Rata2 pd bawa kertas, “Tolong ketikin, trus print. Kagek kami ambek (nanti kami –maksudnya saya, ambil).” Ato, minta buatkan presentasi, piagam, company profile, dll.

Yg aneh, en bbrp kali tjd. Ada yg dtg bawa flash disk dan kertas hasil print out. “Kak, tolong ketikin yo, trus masukin sini.” *ngasih unjuk fd*. “Balik kuliah kami ke sini lagi.” Senengnya aku dpt planggan model gni. Tau gak, di flash disk dia itu, ada file yg dia kasih aku print outnya. Buat apa aku ngetik ulang, edit aja yg di file. Harusnya ngeprint doang cm 500, jd 3x lipet lah. Seneng, tp kasian. Mo bilang, tp sayang (hayyooo! Cari duit yg berkah dong tar, kasian yg di perut. Nasi maksudnya!)

Nah, krn yg kpake cm 1 pc, aku niat jual yg 2 lg. ganti laptop aja biar gak ngaruh klo pln mampus. Blm jg kejadian, pas aku lg beres2, ank tetangga pd dtg. “Yuk, kami maen yo…”

Duh, yg ini bkin sedih. Ank2 sd itu suka main game di rentalku. Klo mrk udah main, ponakanku gak bs tidur, rental kayak sarang ifrit, kompter bolak-balik hang krn mrk salah pencet. Tapi… ketawa mrk kedengaran merdu (aslinya berisik banget, tp seru! Jd inget tari kecil), celoteh mrk unik, ilmu2 baru mrk (walopun diawali dg salah tekan tombol) bikin aku ngerasa berguna. Klo pc-nya kujual??

Serabasalah jg. Gak tega kemarin liat mrk di depan pintu, kubilang, “Dak buka, Ayuk lagi beres2.”

“Tutup trus Yuk, dr kemaren.”

Aku diem aja. Org kabelnya jg gak bs dipake, itu aku lg bongkar2 spy listriknya bs nyambung. Sbnernya ada peluang bawa mrk ke ‘hidup yg lebih baik’. Tp bingung mulai dr mana. Aku gak telaten ngurusin anak kecil sih. Walopun di rental mrk cm ngegame, plg gak itu nyelamatin mrk dr game online di warnet bawah, ato ps di sebelah rumahku. GO n PS penuh kekerasan, boros lagi. Di rentalku ngegame cm 1500, kdg 1000 (tergantung mood yg py rental, amit2 bgt ya py usaha kok gini!) game yg dimainin jg rata2 game edukatif. Aku pengennya mrk beralih ke baca, tp buku2 yg ada di situ rata2 novel, majalah, en nonfiksi yg berat utk ukuran mrk. Mo beli buku anak2? Mmm, mikir 87x lah.

Selasa, 01 September 2009

aku cinta indonesia, tapi...

alhamdulillah.. akhirnya gawean yg bkin jengkel smpe ke ubun2 slese juga! krn bkin puyeng, aku ngerjainnya pake jurus ngarang, apalagi kawan2 blg, belum tentu dibaca org dinas. su'uzhan sih, tp realistis!

laporan 8 hari sekolah, laporan bulanan, laporan keadaan guru. sbnernya dia muter2 di situlah, aku yg muda aja ngeliat kertas bbrp lembar dg isi data yg sama males, apalagi emak2 en bpk2 di sono. apa mau mrk ngoreksi laporan dr tk & sd se-kecamatan? gak yakin.

kata bu ela, "sebenernya gak susah kok, jd semrawut krn kita gak pernah laporan, jd tari kudu mendata dr awal." bener banget. tp bukan admin sebelumnya ato kepsek yg kebangetan gak pernah laporan, mrk ngakunya males ke dinas coz byk ketebelece. emg, aku ngerasa sendiri. yg duit fotocopy-lah (selembar 150, di dinas bs 5000!), uang sosial, iuran ini, itu... tega! masalahnya, klo gak ikut ngumpul (yg ujung2nya duit ntu!) kita bakal ketinggalan informasi. ada lomba gak tau, ada tunjangan utk guru jg gak bakal ada yg ngabari.

pcy gak pcy, yg bgni nih bkin org se-indonesia raya hidupnya byk yg susah, krn suka mempersulit org lain. siapa yg memudahkan urusan saudaranya, maka Allah akan memudahkan urusannya. sebaliknya bgitu. coba deh, instansi pemerintah yg mana yg klo kita py urusan bs gmpang kelarnya? gampang kelar klo bapakmu kepala bagian, ato namamu dikenal di jajaran pengusaha berpengaruh, ato yg semodel itulah. so, jgn heran klo apa yg kita py dijiplak en klaim sm malaysia. pasir kita disedot singapura dr bawah laut. aparat kita disetel amrik. tki kita diremehin negara lain, sdgkan org2 asing bs jd hartawan di sini.

gak usah heran, krn mental kita ambruk.

udahlah, yg udah tjd biarin hanyut dlm sejarah (yg smpe kpn pun gak pernah pasti, selalu ganti2 kisahnya, trgantung siapa yg berkuasa). sekarang waktunya org2 muda pegang kendali, putar balik kiblat kita ke tempat semula, buang aja adab bobrok py barat. mgkn yg masih bs diambil dr mrk adalah budaya disiplin dan optimisnya. dan asal tau aja, semua ada di Quran kita!

Minggu, 30 Agustus 2009

amanah

sekadar menunaikan amanah. pesen mbak novi, tar foto2 munas tolong dipajang di blog, biar kawan2 bs ngopy. aku taro dikit aja ya


laut. hehe, foto paling indah



foto yg bikin bunda ria ngomel, "duduk kalian itu!!"



aslinya tetep pisah kok, ikhwan en akhwat. ke belakangnya yg suka out of control



beneran lg nerima telp, bukan gaya2an



ifadah (sesama delegasi jambi)



enaknya foto bareng seleb: rahmadiyanti rusdi, syarifah lestari, izzatul jannah, muthmainnah



kang irfan, mbak dianti, kang abik, mbak intan (duduknya kayak lapis. buun..!!)



jemuran!

Rabu, 19 Agustus 2009

syarifah lestari tidak ada di facebook

munas flp edisi 2. aku en ifadah sampe di solo qobla subuh. bersih2 en shalat subuh, trus dianter salah satu karyawan bus putra remaja ke stasiun balapan. acung jempol deh utk org jawa, mungkin 98% ramah smua! tp yg di solo en jogja ya. gak tau yg laen, apalagi yg di sumatra, hehe. dr balapan, naek kereta api pramex turun di lempuyangan. pd perjalanan berikutnya (dr jogja ke solo) aku bingung, mo naek pramex kok yg ada kereta prambanan? dah bingung lama baru ngeh, pramex tu singkatan prambanan ekspress. dasar katrok!

klo dibandingin solo en jogja, (versi aku) solo lebih menarik. lebih bersih. apalagi dibanding jambi. kyakyaaa, ampun bg zul! di jogja byk turis, kata ifadah malah kayak bali. aku sih liat mereka inget babi. hiah! maksudnya flu babi. lagian males banget liat org eropa yg tindiknya di sana sini, kulit kasar diumbar2. apalagi mereka tinggi2, aku jd ngerasa kate. badan mereka langsing, aku jd ngerasa bantet. tp liat mereka setengah telanjang, aku ngerasa lebih bermoral!

next, di taman budaya solo, flpers se-dunia ngumpul. gak mksud lebay, tp emg bkn dr indonesia aja. ada yg dr mesir, saudi, jepang, hongkong, kanada, dll. tp tampangnya indonesia sangad. emg, mereka wni kok. ada yg kuliah s1, s2, ato kerja di luneg sono. pas ngumpul2, kenalan, tuker nomor, ujung2nya yg kukhawatirkan terjadi, "punya fb?" pertanyaan terkutuk itu!

kubilang, flpers jambi gak doyan fb, klo acara gak pernah nyuguhin aqua (kayak mereka), malu pake nokia, dan kuangkat2lah soal produk zionis. gak byk yg kuceritain, krn sbnernya mrk nyadar kok. ya biasalah, ngeles en ngles lagi. apa susahnya sih!

iseng2 ku-cek lah nama2 penulis flp di gugel. emg yg pertama muncul kebanyakan fulan/ah on fb. istighfar aja. males byk bacot, mereka kan dah tau, capek aja tegang urat. org klo mkin byk tau, mkin pinter berapoloji. mgkn bagi sbagian org, bgitu ngeliat org yg kasat mata ilmu (dan mgkn imannya) di atas dia melakukan sesuatu yg merugikan agama, dia akan ikut2an melakukan hal tsb dg pertimbangan byk kawan. tp aku lebih suka berpikir sebaliknya, aku dkk harus ttp bertahan. biar Allah lihat, kami masih di sini, utkMu Rabb!

hidung

munas flp edisi 1. krn keterbatasan dana, aku en ifadah ke solo naek bus. mantep, 3 hari 2 malem ngeratain pantat di putra remaja. pertama masuk bus, aku yg sering reflek rada dableg, nyium bau gak enak en langsung aja bilang, "ih, bau!" sumpe, waktu itu kukira bau asing yg kucium berasal dr selimut2 yg ditata rapi di tiap2 bangku.

asli, hidungku adalah benda plg sensitif dr organ2 lain yg Allah kasih. "org kampung mana sih yg ngelap 'kotoran tidur'nya di sini?" ifadah langsung melotot. ngerasa kali dia.

tp pas aku gak sengaja noleh ke kiri, br aku ngeh, dr mana asal bau aneh itu. di samping kiri, belakang bangkuku (beda barisan), ada seorang ibu yg mukanya ditutup kain. setiap aku noleh, bau itu makin nusuk. mm, kemungkinan di balik kain itu ada luka yg ngeluarin bau tadi. krn gak tega nutup hidung depan ibu tsb en suaminya (mungkin), aku milih pindah duduk dekat jendela. alhamdulillah ifadah mau diajak tukeran. soale emg cm aku yg sgitu sensinya dg bau. yg lain kyknya tenang2 aja, ato malah menikmati??

jadilah sepanjang jln aku nutup hidung sambil nahan sakit kepala krn bernapas dr mulut. setelah agak lama jalan, dg ac yg kukencengin, barulah bau aneh itu bubar dr mukaku. tp klo aku noleh ke kiri, biasanya bau itu nyangkut lg ke hidung. so, aku ngadep jendela trus, seolah menikmati pemandangan. selera ngemil amblas, kebayang koreng. ujung2nya, aku merutuk, knp Allah kasih hidung yg lebay gini.

lupa malem ato subuh, aku ke toilet. bus putra remaja brentinya gak di waktu2 shalat kyk bus lorena. jd aku shalat di bus, ambil wudhu di toilet. lg enak wudhu (emg enak, air ac dinginnya ampyun!), aku nyium bau gosong. kutoleh ke atas, trnyata jilbabku terbakar! lampu toilet gak ditutup, krn ruang toilet kecil dan rendah, kepalaku nyentuh tu lampu, jdlah dia bakar bagian depan jilbab yg kusingkap ke atas. alhasil, jilbabku bolong...

duduk di bangku, aku senyum sendiri. "thx God, Kau beri aku hikmah itu." bayangin klo hidungku gak sensi, mgkn kepalaku dah keburu terbakar, baru aku ngeh ada api di toilet. klo dah gitu, mungkin aku panik, trus gak bs buka pintu toilet. bs ditebak, bus terbakar, oleng, terguling, en den.. meledak?? na'udzubillah!

Jumat, 07 Agustus 2009

pengemis

Org2 sering teriak I Hate Monday (aku benci emakku, translet bhs minank). Tp aku, agk sebel klo ketemu jumat.
pagi2 ketemu emak2, nonton org berebut ngomong. "data, data, data... alfath sumbangannya mana? plis ya, ini forum kepsek!" haduu, kangen deh sama bantal!

klo udah berhubungan dg dinas, siapin deh receh buat ini itu. receh, khusus alfath, soale aku gak bakal ngasih duit byk2 ke mereka. ya lah, apa gunanya udah digaji, malak jalan trus. contohnya wkt ngambil form utk nuptk, "administrasinya bu, terserah berapa...." di kupingku, ini kedengaran kayak: "tolong bu, sedekahnya. saya blm makan enam belas hari, serelanya saja." krn duit terkecil di tas ceban, ya kukasih segitu. pdhal utk yg di lampu merah paling2 ngasih seceng! biarin, brarti yg berseragam di kantor2 itu sdg mendoakan dirinya spy hidup melarat. tinggal diaminin aja. aamiin.

ngetik2 soal pengemis (pdhal dr td gakda kata ini ya), bbrp bulan lalu aku liat di simpg telanai en simpang jelutung, eh bukan simpang jelutung, simpang apa tuh yg arah pasar hadapan arah trona, arah kasang hadapan arah jelutung (sotoy lu, tiap dr diknas aja pulangnya gak pernah tanpa nyasar. mo ke trona sampenya ke meranti. mo ke jambi independent nongolnya di pasar baru!)

di simpang2 itu, ada uu entah sponsored by polri, depsos, ato pemda (yg jelas bkn dr perkumpulan pengemis), isinya lebih kurang: "dilarang memberi sumbangan kepada peminta-minta diajkjljf jdaia kfeeroa sembelekete di jalan2. sanksinya deireru tat tit tut sentuluyut"

menurutku, ini adalah uu plg aneh sejagat. harusnya tu spanduk dipajang di depan kantor2 pemerintahan, en isinya direvisi dikit: "dilarang memberi sumbangan kepada peminta-minta diajkjljf jdaia kfeeroa sembelekete DI MEJA2. sanksinya DIUSIR DARI INDONESIA" tu baru keren!!

logikanya, klo org2 miskin dibina, kan mrk gak bakal berceceran di jalan2. lowker aja sekecil lobang jarum. mutu pendidikan bikin nangis. kata kakakku, sekolah gratis adanya di tipi, daftar aja yu ke sono!

jalan aspal bolong sana-sini, padahal apa2 dipajakin. contohnya, wkt organisasiku ngajuin proposal ke walikota, katanya harus ada surat dari kesbang. daftar ke kesbang, org kesbang bilang harus py npwp. ke kantor pajak utk urus npwp malah diminta surat izin usaha. huaa, ampun deh! padahal organisasiku kan lembaga nonprofit, cari duit kok malah keluar duit!

satu lagi, kemarin liat org demo di kotabaru, kayaknya ngomelin pdam, mgkn krn srg mati air. pln tuh, hajar jg. sehari bs mati lampu 3x! trus speedy, byr mahal, konek gagal melulu. asik2 blogging, dia putus.

hey, hey.. katanya satu, ini mah lebih!

Minggu, 02 Agustus 2009

integritas kader dakwah

INTEGRITAS kader dakwah, akhirnya ketemu jg materi ini. Dijamin ngeri deh bahas beginian. Ketika ucapan dan perbuatan kita dipertanyakan keserasiannya! Yg ngisi aja dr awal udah wanti2 bahwa materi tsb utk beliau jg.

Singkat ajalah. pd satu slide, pemateri memperlihatkan foto seorg ummahat palestina dg 2 org anaknya yg ditodong senjata oleh tentara zionis. Beliau tanya, “apa perasaan antum? Kita harus marah, jika rasa cinta itu ada.”

Dadaku rasanya mo meledak, tinggal nunggu waktu. Pas sesi tanya jawab, aku langsung acung jari. “ustadz td bertanya apa perasaan kami. Selain foto ummahat td, ustadz perlihatkan foto ikhwah dalam aksi solidaritas utk palestina jg. Ana berani jamin, lebih dr separo mereka pakai nokia, termasuk ustadz sendiri. Lebih separo yg berdemo itu ada di facebook, bagi2 proposal (pajang tampang + biodata). Bgmn jika contoh buruknya integritas justru diperlihatkan oleh qiyadah?”

Pak i******r lgsg menutup wajahnya (sumpah, aku jd ngrasa brsalah. Afwan pak, bener2 gak mksud melukai hati, tp inilah momennya. Mumpung di sana berkumpul para akhwat dan ummahat, meski gak byk). Muka bliau merah, “syukran masukannya.” Bliau cm jwb itu. Dan aku jg sbnernya emang gak butuh jawaban.

Mtri slnjutnya, ahdab (tujuan) tarbiyah. Pertanyaan yg gak terjawab td, oleh moderator ditanyakan ke pemateri yg ini (aslinya, mbak pur penasaran) pertanyaannya dipelintir jd begini, “apa hukumnya menggunakan produk yahudi?”

Dasar! Aku kan bilang zionis, bkn yahudi. Jwbn ustd, enteng banget, “kita tuh gak akan bs lepas dr yahudi.”

Hhhhffff… jd olga deh, hancur hatiku!!! Jwbn lainnya klasik, “brg apa pun smuanya buatan yahudi, kita gak py pilihan.”

Syg, aku lupa merekam debatku selanjutnya. “pertama,” kataku, “kita bedakan yahudi dg zionis.” Krn mbak pur malah bantu pemateri ttg sirah nabi berniaga dg yahudi.
“Allah gak mgkn zhalim. Sgt byk alternatif. Ustadz blg pepsodent py unilever yg yahudi, masih ada ciptadent ustadz. Sabun lux bs kita ganti dg sahara yg bahkan ada label halalnya. Nokia bs digeser dg sony ericsson, motorolla gak lebih baik dr samsung. Sgt byk, tinggal kitanya.”

Ustadz gak mo kalah, “jgn kita aja dimanfaatin yahudi, kita jg bls manfaatin mereka.” Klasik kan? Percayalah, ini bkn alasan, tp NGELES!! “kita perjual-belikan brg2 yahudi itu, untungnya utk kepentingan islam.”

“itu namanya kita tdk berusaha. Seuntung2nya kita dagang barang haram, lebih untung kita produksi barang halal.” Pengennya ngomong gini, tp di mana2 di indonesia ini, yg tua lbh py byk kesempatan ngomong drpd yg muda. Gue dipaksa denger deh, mending browsing pke hp. Pura2 aja merhatiin.

Trus, ustadznya ngeluarin ilmu kanuragan, “fatwa itu tidak boleh memberatkan.” Apa mksudnya mo nyela ustadz qaradhawy ya?

“Tp ustadz, kita tdk boleh mendaruratkan yg tdk darurat.”

Eh, ada akhwat kammi nyela di sebelah. Dg gaya sotoy blg, “semua yg di internet jg py yahudi.”

Kutunjuk mukanya, “kawan2 gak suka baca!”

“org akan kesusahan jk brg2 yahudi diharamkan,” ustadz nyambung lg.

“ana nggak.”

“ya anti, yg lain?”

“itu tergantung kita.”

“fdfsiu jfklsfis mkfsisds.. dkai eruevahdgyu. Dad ddid dut…” ciri khas orgtua, gak mo dibantah… “yg pnting kita ykin, suatu hr nanti org2 yahudi akan ketakutan dg muslim.”

Ya udahlah, senior selalu benar (lagi2!) berarti sang ustadz telah memfatwahalalkan produk2 zionis. Ustadz lupa dg mumtahanah 8-9, ar-ra’d 11, dan hadits ini:
Barangsiapa menyeru kepada petunjuk (Allah), baginya pahala seperti pahala orang yang mengikutinya, tidak mengurangi yang demikian itu sesuatu dari pahala mereka Dan barangsiapa menyeru kepada kesesatan, maka baginya dosa seperti dosa orang yang mengikutinya, tidak mengurangi yang demikian itu sesuatu dari dosa mereka (tidak dikurangi sedikit pun –pen)
HR. Ahmad, Muslim Abu Daud, Tirmidzi, Nasai dan Ibnu Majah dari Abu Hurairah.

Wallahua’lam.

Rabu, 29 Juli 2009

tk (alam) islam al fath jambi

Subhanallah, kagum banget liat anak2 didik tk alam al fath, sejak pagi di antara kerumunan orang, di bawah langit jambi yg hampir selalu terik, mrk masih aja semangat. Kumpul pagi2 di depan rri telanai (komplek kantor gubernur), aku lupa temanya dan dalam rangka apa, krn emg bner2 gak perhatian. Jumat kmrn nganter kepsek ke diknas kecamatan, hasilnya entah apa gak dikasih tau. Senin en selasa byk kluar, jd gak ngerti guru2 sibuk ngapain.

Snin lalu, ke diknas provinsi buat ngambil kaos senam utk anak2. Di sana rusuh banget, guru2 en org2 dinas saling ngotot soal jumlah kaos, pendaftaran dll. Org dinas kuliat banyakan ngobrol, pantes kerjanya ngawur. Yg ibu2 guru, bawaannya angker aja. Kok bs betah ya murid2nya, hihi.

Td di antara sekian byk org, di sesak dan panasnya lapangan, byk anak2 nangis. Kecape’an, laper, haus, panik, bete, dll sembelekete. Anak2 al fath yg cerdas, mandiri dan berjiwa pemimpin itu pd baek smua. Azfa keren ttp anteng dg pkean adatnya, muhammad cool biarpun kepanasan. Yg lain2 msh ketawa ketiwi. Senam mereka semangat, gerak lagu pun gitu. Bangga deh! (huu, kyak yg pernah ngajarin mereka aja!) hehe, plg gak ini bukti bhw pendidikan Islam bs diandelin.

Trus, momen yg kutunggu2: nganter muhammad pulang. Gak tau knp, blkangan aku suka anak2, pdhal biasanya remaja lbh mnarik drpd anak tk. Muhammad itu mau memulai pembicaraan, en klo ngomong kyk diatur. Contohnya gini, pas di jalan ke parkiran dia ngomong, “td muhammad cari2 teletubbies tp gak ketemu. Ya udah, muhammad maunya kincir angin aja.” Hehe, kyak mamakku. Tau deh, dia mo blg, “minta kincir angin!”

Di parkiran.. “Bu Tari, sempit ni.”

“Iya, Ibu keluarin motor dulu, baru Muhammad lewat.” Deg, klo dipanggil ibu sih udah mulai biasa, tp membahasakan diri dg kata ibu, rasanya gimanaa gitu.

Jd inget pas pg nemenin filza makan sate. Krn dah kenal lama, en smpat ‘berguru’ dg ibunya, jd ni anak manggil aku amma (bibi). Qt br2 makan smeja dg anak2 smp, si filza kan emg doyan ngobrol, smbil makan ada aja celotehnya,

“Ma, gak pedes ya.”

“Kakak mo minum, Ma.”

“Minta es tebu ya, Ma.” Dan ma ma yg laen.

Kyknya anak2 smp di depan kami ngira si filza anakku (klo bner, brarti mrk katarak. Gak liat sejauh itu bedanya! Ato mrk smbil bisik2: bruntung bgt ni tante, suaminya pasti putih en cakep bgt)

Dg nyantainya, salah satu dr mrk blg, “enak ya, klo mkn bareng ortu. Dibayarin.”

“Ya lah klo dpn org rame, coba sndiri, boro2 dibeliin, malah kena omel.”

Taulah, sdikit byk mrk nyentil aku. Tp sori ye, insyaallah aku gak gitu loh! Balik ke parkiran dg muhammad td, aku jd mikir, tar anakku manggil apa ya? Mama gak enak didenger, ibu udah pasaran, emak aseli ngampung. Mgkn ummi.

Woi, cari abinya dolo!!!

Senin, 27 Juli 2009

cerita pagi

Hp-ku nyalak pagi2, serombongan sms yg smalem pending krn telkomsel kena gangguan jiwa, masuk rame2. Mm, bangun deh. Pas buka pintu, ada makhluk kecil nyambut di depan kamar. Tiap hari ya gini, ada kucing mo sahur. Tapi waktu dhuha nanti, dia dah buka. Namanya mentel, klo minta makan gak mau teriak2. Cukup ikuti aja tuannya, tar ngerti sendirilah yg diikuti tu.

Pesan Rasul saw (lebih kurang), ORANG YANG MEMUTUSKAN HARAPAN MAKHLUK, ALLAH AKAN MEMUTUSKAN HARAPANNYA DI AKHIRAT KELAK. Perawinya lupa, nemunya di buku Di atas Sajadah Cinta py kang abik. Insyaallah shahih.

Krn hadits tadi, kubuka saji. Tara.. ternyata, mentel lebih untung drpd ane. Ada ikan goreng sepiring, tp nasi putih sebutir pun gak ada. Udahlah, tuh ikan entah brp biji kukasih aja ke mentel en emaknye yg ikut2 pula nimbrung. Paling nanti siang dikarate yuk eni, ikannya habis. Trus, utk aku sendiri, ya aku masak. Ni sambil ngetik, sambil nunggu petir. Kt yuk eni, bakal ada petir, kalo aku masak.

Udah mkn sepiring ikan, ternyta mentel blm kenyang. Ampun deh, org masak kaki digerayangi, males bener. Udah kuomeli, kuancem pentung, tetep aja dia nempel. Pikirnya, ‘ah, tari ini, mana mungkin dia mukul!’ trus pas aku ngambil telur, dia nguber. Klo dlm kndisi gini, biasanya aku mikir, masak pinter kucing drpd aku! Makanya, begitu balik ke dapur, aku buru2 nutup pintu. Horee, gak bs ngintil lg luuu!!

Yuno, kejadian berikutnya bikin keki. Tuh kucing bs buka pintu!

Sepinter2nya kucing, tetep pinter oranglah. Ada 3 cara jauhin kucing yg aku dpt dr pengalaman sejak kecil (lebayy!!): 1. Siram air (jgn air panas—wkt kecil aku bygi org yg nyiksa kucing, di neraka digebukin kucing itu, hihi). 2. Jentik telinganya (jgn keras2). 3. Takut2i pke sapu (takut2i aja, jgn dipukul, apalagi diajak terbang!)

Bebas dr kucing, aku sahur depan pc. Sambil dengerin Dan Byrd dkk. Ada boulevard, smile for me, don’t forget to remember, take my hand for a while, we don’t have to say the words… doo, sok romens! Lg asik2, dr msjd ada suara murottal, ngalah deh.

“Dan apabila dibacakan al-Quran, maka dengarkanlah baik-baik, dan perhatikanlah dengan tenang agar kamu mendapat rahmat” (al-A’raaf 204)

Rabu, 22 Juli 2009

ustadz-ustadzah menyedihkan

Jam 8 pagi ktmu ela di kolam renang sungai sawang. Cuaca dingin, tp tau2 kpalaku rasanya panas. Ela laporan, petinggi partai buka aib flp di mjlis kampus. Aku sering ktmu istri ybs, dan rasanya pngen tanya ke bliau, apa mnfaat yg sdh didapat suaminya dg menceritakan kburukn kami di dpn umum?

Seseorg, yg gak sdkit org manggil dia ustadz, tega menyampaikan berita yg dia gak liat sama sekali kejadian itu. Kami ditimpa fitnah berlapis2, oleh org2 yg seharusnya mendorong kami spy maju.

Harusnya ku-upload foto hari itu di sni, biar yg mampir mnilai, di mana letak ikhtilatnya (ato sekalian aja bahasakan, zinanya!). coba bandingkan dg foto bareng para caleg yg dulu ngotor2in jalan! Sayang, filenya entah di mana.

Org blh nilai flp itu organisasi cair, encer, ato mgkn kmpulan org dg sdkit ilmu. Tp flp jg layak kasian liat mrk2 yg kpalanya kberatn ilmu, smpe2 gak bs gerak utk skadar tabayun (kroscek) cm bs ngomong, itu pun bkn cm gak penting, malah bkin fitnah. Gimana gak fitnah, rdaksi ucapan ustadz itu lebih kurang bgini, “akhwat2 itu jangan cair, jgn kyk organisasi itu, ikhwan akhwat makan semeja. NA’UDZUBILLAHI MINDZALIK!”. Blm lg klmt2 lain, hadap2an, psg2an, foto brsama… mrk kira cm mrk yg py otak!

Percuma k’fenti tiap hari ngibur gak ada brita apa2 di struktur, klo hampir tiap hari pula aku dpt crita yg ktrlaluan dr mulut ke mulut soal ini. Klo gak mikir py rncana dlm wkt dkt ni, pengen kudatangi dpw sungai kambang tu utk gebrak mrk yg sempat2nya ngomongin org, pdhal sehari2 ngakunya sibuk, byk amanah. Jg lidah yg ada di kpalanya aja dia kewalahan!

Di saat kyk gni, kwn2 rame2 cuti. Maunya ngimbangi negatifnya komunitas ini dg karya, kwn2 lebih sk gak dateng drpd bw tulisan. Trus, harus gimana lg?? satu org yg aku pengen tunjuk mukanya, trus tanya, “puas, sdh mengarang cerita ke sana kemari ttg aku dan organisasiku?” seseorg yg entah aku py salah apa dg dia, cm bbrp menit dia lht km makan, lalu menyebar fitnah hgg brbulan2 masih kecium baunya.

pecinta facebook

Reni sms. Maunya kuketik di sni, tp inbox dah kburu dikosongin, krn aku gak sanggup baca sms dr ssorg yg dulu aku syg bgt. Inti sms itu, dia bingung dg snior2nya yg kompak ngeramein facebook. Aku blm crta byk ke ank ini, krn fb heboh pas frekuensi lq brkurang sbb pghuni halaqah pd pulkam.

Di sms itu, reni crita soal fb en artkel yg dia baca, bhw pmlik fb adalah seorg zionis yg jg pndiri lsm utk israel raya. Kublg, soal itu udah prnah kusampein, mau mrk nrima ato mnolak, itu urusan mrk dg Allah. Sms reni lalu kuforward ke satu akhwat yg trmasuk pengguna fb. Jawabannya…

ANA EMANG AKTIF DI FB, DAN SEBENTAR LAGI PAKE M3!

Astaghfirullahal’azhim. Airmata emg gak guna utk mslah ini, tp cm itu btk ekspresi.
Aku gak pernah brmksud spy org2 ninggalin fb, kfc, nokia, dll milik zionis krn aku. Yg krn gak enak ato takut itu, ktika dia kecewa dg aku yg manusia biasa, dia berbalik. Entah musyrik, entah munafik. Aku gak py hak melabeli org lain.

Lanaa a’malanaa, lakum a’malukum. Utk kami amalan kami, utk kalian amalan kalian. sama spt aku menasihati binaan yg disebut2 umahat sering pacaran, kukatakan dlm hati, Ya Allah, aku hanya mampu menyampaikan, selebihnya kuserahkan padaMu

Senin, 20 Juli 2009

sidang mentor

Rapat terbatas, utk mentor trtentu. Duduk dlm ruangan trtutup, trus saling tuding. Tdnya aku n d’gank kyknya mo disidang, tp yg ada, qt yg nyidang mrk. Awalny aku yg plg lunak, tp trus mulai naik darah pas para snior ngungkit2 mslh koordinasi. Smntara kami yg yunior ini suka gondok kuadrat liat kinerja atasan. Akhirnya, bs diblg di situ senior-yunior saling menelanjangi.

Ah, dlm brjmaah itu hal biasa. Tdnya mo ngamuk, tp urung. Aku kan dah dewasa (uhuk!). td bhkan brusaha jd peacemaker, krn pimpinan rapatnya ikhwan, jatah ngomongnya cpat habis. Aku ats nama kawan2 minta maaf aja, mskpun kliatn muka re asem banget. Ishbir ya ukh, kita kan kerja bkn utk manusia, gak guna pujian ato makian makhluk. Yg kita butuh reward dr sang Khalik!

Di mana tempat, yg namanya organisasi selalu dibumbui konflik. Mo orgnsi dakwah kek, kmpulan rampok kek, sunnatullahnya bgtu. Gak gampang nyatuin bbrp kpla dg macem2 krkter dlm satu wadah. Td liat slh satu akhwat nangis, aku inget 2 th lalu pas aku nangis di depan k’fenti, ngaduin kaderku yg akhlaqulkarimahnya sdg robek. Sbnernya aku pngen marah ke ybs, tp ngrasa gak brkepentingan.

Aku dah nebak, kk itu bkal nangis. Aku liat matanya berkaca2. Dan akhirnya… bobol jg prtahanan bliau. nah, utk mndinginkn suasana, kuminta pimpinan beralih ke pmbahasan solusi aja. Tp, lg2, ada pula yg mgungkit yg udah lalu. trnyata curhatan blm slesai. Gara2 k’neni mnyuarakan kkesalannya, re jd geram en ngmong lg. yupz, hbslah wkt. Hari kburu maghrib, acaranya cm diisi curhat, hujat, dan (alhamdulillah) maaf.

Aku jg py andil bkin panas suasana. Krn dibilang kecil, aku jd kpncing ngmong ada aroma senioritas di sini. Pedih bgt sbnernya dibilang cm kmntar dr luar, pdhal bs dblg snior cm konseptor, ttp aja plakunya para yunior. Tp udhlah, klo diturutin bs putus ukhuwah. Klo kburu mati, di akhirat dicuekin Allah (brdasarkan hadits shahih—aku lupa redaksi tepatnya).

Kakak2 en kawan2ku syg.. kita bljar saling memahami ya. Kita kan satu tujuan, dan brdiri dlm jamaah yg sama. Musuh kita udah byk, dr musyrik, munafik, kafir.. blm lg sodara2 sesama muslim yg kdg lebih suka asbun dan rajin ngejudge. Yg jls2 dlm krdor yg sama jgn dijadiin musuh baru, rugi besar krn siapa pun kita, py potensi yg besar dan positif jk tepat perlakuan.

mm.. seandainya aku bs sesabar ini di flp.

Sabtu, 18 Juli 2009

Liqo’ Dodol

2x, sejam nunggu mr. mnding dah nunggu sejam tu yg dtunggu dtg, ini mah nihil! Gda pilihn kcuali… SABAR. 2x kyk gitu, ttp aja gak ada ucapan apa2 dr mr. afwan, ato apalah. Kata org jambi tu, nyapnyap bae. Inget dulu, lq ms lmpau. Pas aku dtg k rmh mr, ybs gda di rmh, pdhal jls2 hr tu jdwal lq. Mana hjn, aku dkk gak bs msk rmh. Yasud, plg bw oleh2 basah.

Bbrp taon kmd, aku dpt sms dr mt: “gmn ngadepin lq yg g kndsif?” hwehe, dia mo blg, kk kok g dtg2?? Dgnti mlulu, pntesan adk2mu ikutan gak smngat!! Ya aku lgsg mnta maaf, trus sms brp folio gtu. Wkt itu alesanku maisyah. Trus inget sndiri (tpatnya diingetin Allah, tengkyu Cinta..) aku pernah blg, dakwah sambil kerja, bukan sebaliknya.

Msh soal lq. Td ke smk 2, rncananya mo ngsi mentoring, fllw up pesantren taqwa yg diadain fprj juni lalu. Pas liat kndsi skul en ank2nya, mm.. lmyn mkir deh. Kyknya lbh save klo dtg pke srt, tmui kpsek ato pmbna rohis (yg lg semaput –mksdnya tu rohis, bkn guru pmbinanya) br ngsi tiap pekan d mshala. Legal lebih aman.
Mslahnya, mo minta srt k fprj, hihi, udah su’uzhan aja. Giliran butuh kop aja, baru lu kemari! Ah gak mgknlah k’iwan, k’irpan ato k’neni ngmong gtu. Ngmong sih kagak, tp.. cukup! Hrs pstif thnkg! Gak mksd ngelangkahi, sodara.. cm males aja klo utk ssuatu yg urgen gni msh jg pke paham prosedural. Plis lah, birokratif warisan mbah harto gak ush dipke lg, usang.

Trus sore, smsan dg calon mt. duh, blm apa2 tu ank udah kena vmj ke tutor. Ati2 dek, bs keracunan ente! Mgkn kkmu blm bs ngobatin, tp insyaallah bliau gak akan memvonis sdmkian rupa, gaya org suci. Ya namanya hati, emg ente yg kuasa? Tp jgn bablas jg. Akhwat2 jgn bnting hrga lah dpn ikhwan. Yg gombal2 gak usah diladenin, gampar aja! Astaghfirullah, suka kekerasan ente tar.. wakakak!! Nggak, aku sih sukanya duit, bantal, cemilan!

Kamis, 16 Juli 2009

macem2

Alhamdulillah, bisa blogging lg. td pagi hbs brantem ma soulmate, smpe gak slera makan. Alhamdulillah, siangnya dah sms maaf2an. Akhirnya, seorang tari ngetik kata AFWAN utk seseorg di hpnya. Puas ente, put??

2 hr lalu pngen nulis ttg itong yg ntah kena d mn, hr2 krjanya ngirimin sms gak penting. Aku dah stngah mati nahan emosi, tp dy mkin jd. Gaya smsnya, yg klo seseorg baca kotak sent di hpnya, seolah2 aku ada ngjak dia ktemuan, pngen tau byk ttg dia… plis deh, lu kira lg obral! Akhirnya, kuomelin deh! Sbnernya pngen ngasih nmr dia ke mr, biar disemprot sm mr-nya, tp gak tega.

Kemarin, pas msk rmh ustd utk ikt kjian, k’ida nanya, “Berapa, Dek?”

“Apanya?”

“Ngukur jalan kan?”

Dak sopan!

Eh, aku tlat, ustd lebih tlat lagi. Hihi.

Kmrn plg malem, diamanahi kepsek bli cd utk nobar anak di gramedia. Khilaf deh, bli cd 25rb. Beli buku cepek lebih! Hikz, ganti duit skul tar….

Kwn2 pd kget wkt tau aku di alfath. “Tari, org bebas skrg jd org kantoran?” kt bg ian.

“Kk ngjar tk?” tanya ifadah.

Hil mustahal. “Kk admin. Mndg ngadepin anak sma drpd tk!”

Niat hati, pagi-siang di tk. slma d tk klo ksg ngtik cerpen. trus plg dr tk ngsih privat, ngrjain order rental, dll (tarik maaang…! Cari piti taruih). Critanya kan mo nabung (org2 ngira aku nabung buat ‘ssuatu’, pdhal aku tuh pengen bgt nglunasin utg plus brgkt munas ke solo!). eh, gak taunya. Krjaan d tk gak hbs2, malah smpe bw plg. Udah gitu bknnya nabung, aku malah kluar modal utk beli spatu, bkin baju, n jilbab segi4. Jilbabku kan dah pd diinfakin pas cinta gila ma jilbab kaos. Ya udahlah, atm jd korban.

Mndadak skt kpala, duit di ctt dg yg di tgn kok bda jauh sih?? Aduh tar, ente emg gak bakat jd akunting! Nombok deh, nombokk…!

Minggu, 12 Juli 2009

entahlah!

Srasa gila malem ni. Laper, capek, bosen, pusing… tp aku gak tau mo ngapain. Krjaan nmpuk, besok pg mulai ngantor. Tambah lg, ada yg… Allah, knp bgni?

DIA sdg nagih apa2 yg sudah kutulis. Nge-take Bukan Khitbah, Cemen, Jomblo, Ketika Akhwat Jatuh Cinta, Bahan Diskusi, 3 dari 100, dll. Apa sih susahnya nulis?? Tdnya gak pengen posting ini, awalnya mo protes telkomsel & three. Tp gara2 telp itu…

Hidup itu pilihan. Maaf kwn, aku ksh pilihn yg (mgkn) berat. Aku capek. Aku ingin seseorang yg tegas, tanggungjawab, berani. Aku gak suka sesuatu yg kabur, maju-mundur.
Posting apa sih?!

(Allah, kirimi lg aku cahaya-Mu. Penuhi dg cinta & takut pada-Mu. Lapangkan pikiranku, sluas kpercayaanku pada kebaikan-Mu)

Kamis, 09 Juli 2009

HoRoR

Ujung maghrib, wawa (keponakan ke-6, usia 3th lebih, anak kk ke-5) kebelet pipis. Gak main ba-bi-bu langsung ngabur ke kamar mandi. Mgkn br brp dtik nongkrong, tau2 dia teriak, “Ibuuu… ada belang2, awa takut!!” tp yg duluan lari ke sumber suara malah aku. Biasanya aku peluk dia, trus bacain ta’awudz. Ini udah yg ke-3 dia histeris ngeliat sesuatu. Tp gak sering, dulu yg pertama pas dia masih bayi banget, jam 3 malem. Wkt itu aku baru abis wudhu, gak sopan, biar aku gak shalat kyaknya. Maka kubilang ke Allah, kalo Dia izinkan aku shalat, yg ini harus aman dulu. Alhamdulillah, wawa bayi tidur pulas.

Yg ke-2 pas di bahar. Masuk maghrib, wawa iseng brdiri di jndela ngliat kluar. Jreng.. dia balik badan, pucet, panas bdannya, trus teriak, “Amma, telpon ibu ani, ada polisi!”

Hualah, polisi dr mana, org di depan rumah kakakku itu kebun sawit! Yg jls, wawa emg takut bgt dg polisi. Mgkn krn di tv dia liat polisi suka mukulin org (emg di tv aja?). singkat crita, akhirnya wawa pules di mushala. Pingsan kali.
Yg ke-3 ya malem td ntu. Pas aku, ibu en ayahnya datang, wawa lgsg laporan, “Awa mau pipis, dia lewat di situ,” ceritanya sambil nangis. Tangannya nunjuk pohon2 pisang dkt pagar. Kmr mandiku emg gak dlm rumah, tp msh satu atap, sebelah dapur yg juga di luar. berbatas pgr dg rumah ttgga.

Kutanya, “Emang belang2 apaan sih?”

“Itu, Ma yg, mm.. mm…” bingung si wawa jwbnya. “dia besar.”

“ada matanya gak?”

“dakdo.”

“kakinya brp?”

“segini,” wawa ngasih tlnjuk en jari tengah.

“mulutnya gmn?” ih, isengnya aku.

“dakdo mulutnyo.”

“klo hidung?”

“ado.”

“dia ngapain di situ.”

“lewat bae.”

“Nah, ngapo wawa lari?”

Si wawa mikir.

Aduh, knp kutanya gitu. Bsk jgn2 pas liat lg dg dia malah nyamperin. En abis nanya, akunya yg ngeri ngbayangin crita tu anak. Hiah!

Dulu, zaman seru2nya ruqyah, ustadz juanda pernah blg, ‘org yg ngomong dia liat jin, ada 3 kmgkinan: 1. Dia bohong, 2. Halusinasi, 3. Dia kena sihir jin. Krn fitrahnya, manusia itu gak bs liat jin.

Senin, 06 Juli 2009

ikhwanul muslimin

Sodara sebangsa disiksa lagi. Hayo, megapro, sby berbudi, jk winner, ngomong apa?? Kmrn2 dah puas cerita harga bbm, skrg coba bahas hrga diri! Gak di hongkong, mlysia, mesir, org2 indonesia dianggap kerupuk, murah, loyo, gak py hrga diri, o’on. Ya iyalah, pemrntah gak py gigi. Nyali mampet klo ktemu negara laen. Klo sm rkyat sndiri aja, aparat pd sadis!

Bkn cm prt, buruh kasar, smpe mhsw kita pun gak dihargai org. mesir en arab emg banci. Mesir cinta israel, putus saraf ke palestina. Arab cinta mati ma amerika, masih islam cm krn ka’bah ada di sana. Mo bukti, coba gugling sndiri, males aku ngetik byk2.

Pemerintah mesir nan cacat moral itu plg takut dg ikhwanul muslimin. Hoy, husni mubarak (gak malu sama nama ni org!) ana ikhwanul muslimin, klo brani ke sini! Udah uzur jg, bkn mkirin maut.

Inget 23 hari serangan israel ke palestina? Bnernya sih tiap hari. (hay yahud, ingat benteng khaibar. Pasukan Muhammad akan kembali menghabisi kalian!) dlm kndisi sburuk itu mesir tega nutup grbang rafah, shg bantuan gak masuk k plstna. Bgini ngaku muslim?? krn kekuasaan, hati mrk mati. Pdhal desingan peluru, dan merah langit palestina kliatan dr mesir. Di sctv kuliat, wrga mesir nangis krn gak bs bantu sodaranya, pdhal di blkg dia, ledakan demi ledakan bersahutan, “lihat lihat, dengar itu!” teriaknya pd reporter sambil menangis.

mesir gak mo buka rafah, krn takut+sayang israel, en benci hamas. hamas adlh gerakan perlawanan yg lahir dr ikhwanul muslimin, dirian hasan al-banna, yg wafatnya pun dibunuh pemerintah mesir (smoga ustadz al-banna dterima Allah sbg syuhada).

Aneh ya, alquran jstru dikhianati oleh org2 yg phm bahasanya (bhs arab). Allah mlarang brmegah2 (at-takatsur) org arab malah hdpnya mewah2, gak liat ethiophia (pdhal mrk tau sjarahnya, bhw pndahulu islam hijrah prtma ke negri itu,--ditolong oleh raja najasy). Allah blg jgn jd pnolong org2 kafir, malah mrk berebutan jd kacung israel+barat.

Al-wahn, cinta dunia takut mati. Pnyakit yg lbh mengerikan dr flu babi, tlah mewabah di negara2 muslim. Btw, ada gak capres-cawapres yg mkir ke stu? Kuconteng deh klo ada!

(yaitu) orang-orang yang mengambil orang-orang kafir menjadi teman-teman penolong dengan meninggalkan orang-orang mukmin. Apakah mereka mencari kekuatan di sisi orang kafir itu? Maka sesungguhnya semua kekuatan kepunyaan Allah. (an-nisaa’ 139)

Jumat, 03 Juli 2009

ghibah (gosip)

Syarifah Komputer. Baru jg ditinggal 2 malem, ni rental udah kyk kapal jungkir balik. Kucing rese’ kebiasaan maen tinta, angin knceng bikin jatuh banner (liat kakak laki2 en abg iparku, gda yg py inisiatif masangin! Mknya aku srg minta tlg ammunya wawa), cd label brserak, debu udah kayak salju (tebel!), gelas kopi baris kayak paskib (inget k’ghofur, “ini rental apa warkop?” hihi).

2 malem mabit di rumah k’meli, mantan sekretaris flp jambi. Bliau ini sbnernya ‘titipan’ strktur utk mjg flp spy slalu dlm ‘koridor’. Errornya, ni kk malah ttp d flp en ngabur dr strktur. Hadu, flp lah yg kena. Aku sbg ktua lmyan brasa loh, pas dia mndur dr struktur, umht2 pd ny ttg flp. Seolah2 mrk ngbandingin, apa sih yg mnarik d flp, smpe2 bs bkin ssorg lbih milih k sni drpd orgnssi lain? Sebodo!

Hr pertama d rumah k’meli, ada bunda. Pas br2 ngbrolin tokoh krg krjaan yg gak bosen2nya ngomongin flpers, k’meli lgsung ngingetin. “Dek, apa bedanya kalian dg dia? Org ghibahin kita gak perlu dibales dg ghibahin dia.”

“Sebel tau, kak!” kataku.

“Ya, trus untungnya ngomongin dia?”

“Lega dikit aja.”

“Udahlah.” Mungkin k’meli mo blg, ngegosipin org sama dg makan dging sodara (al-Hujurat 12). Tp batal ngmong gitu, coz mkir, emg akhwat 2bji ni br ngaji pagi tadi? Hey, lama ngaji gak slalu brbnding lurus dg pmahaman en aplikasi. Byk kok yg… udah tar, jgn manjang!

Aku srg kok jd korban gosip, maklum seleb (jder!). dulu waktu di bahar, kwn skelas ngomongin aku tepat di depan hidungku! Ngomongnya pke bhs jawa, dikira aku gak ngerti. Aku lupa dia ngomongin aku apa, tp tari remaja baik, jadi aku nyantai aja. Di cileungsi, kjadiannya gitu jg. ada cewk n emak2 ngomongin aku pke bhs sunda, jrknya plg smeter dr aku duduk. Aku tau artinya. Dia blg aku ni bdn doang gde, pdhal masih kcil. Wkt tu umurku br 18. Mrk ngmong cekakak cekikik tnpa ngliat aku, seolah2 gak sdg ngmongin gitu. Dalem ati kubilang, mnding aku bdn gede, drpd kalian, bdan ama otak sm dkitnya.

Trus, di tanah abang. Ttangga kios yg tmpngnya chinese ngbrol dg negro pke english. Ngomongin cewek di depannya yg suka ada suka nggak. Tiap si negro liat, ni cewek gak jauh2 dr ngemil. “menarik ya,” kata negro. “tp dia cuma gadis kecil!” kt k’lia, ttga kiosku itu. Aku ccdt (cak2 dak tau) aja. Ditaksir negro, makasih, aku en dia sama itemnya!

Ada lagi, anak kawan bpkku yg bbrp hari kmrn nginep d rumah. Dia pnjem hpku utk nelp bpknya, eh pas curhat malah ngomongin aku. Hoi, biar jawaku udah luntur, tapi kulo ngerti sampeyan talk about opo!

Kupikir, org2 ini trmasuk py nyali. Byngin, mrk brni ngmongin ybs di dpn mukanya. Drpd yg ntu, ngomongin org di blkg, anehny lg ne, ntah krn alasn apa. Aku bhkn gak pernah interaksi dkt dg dia, yg klo itu tjd bs aja dia trsinggung ato apa gara2 aku. Org dia nyebut namaku aja keliru, artinya emg gak kenal. Nah, trus kok bs py refrnsi? Mklum, yg diomongin seleb. Gelegar!!

Senin, 29 Juni 2009

lagi2 cerita nikah

Bd rpt kidz fun day, ada emak2 dtg ke opz, ngnter undgn walimah. Beu.. akhwt2 lgsg deh, crita nikah! K’heni ngisahin proses bliau dg k’widodo yg murni lewat kadri. Re crita ttg ikhwn-akhwt yg py kcndrungn satu sm lain, trus nkh tnpa lwt mr. katanya riskan. K’ida crita akhwat yg nolak ikhwn yg khtbah lgsg, dg alsn gak pcy jmaah. K’toty crita ttg ikhwn yg ngsih kriteria akhwt pns (pengen numpang tidur di kantong bini, kali!)

Aku asik melipat2 undangan.

“tar undgn tari sgini aja, biar hemat. Trus, klo ngundang jgn per organisasi tp per org. pngalamn, flp klo diundg pke 1 undgn, dtgnya sekompi, kado sebiji!”
“klo prlu pke hvs aja ukh!” kata re, yg ngakunya klo dpt proposal dg kriteria akhwat pns akan lgsg dia tolak.

“ini kan depannya mo dikasih foto calon mmpelai,” kataku.

“jgn mcem2 lah dek!” k’ida lgsg geleng2. Heran, kok dimasukin hati bner. Emg krg krjaan, pke foto2 sgala!

“eh, klo fotonya pisah ya gpp.” K’heni belain.

“trus tari kasih efek ya?”

Re ngakak aja.

“tp jgnlah, di sni org blm bs nerima yg aneh2. Tar malah jd fitnah!” k’heni meralat.
Huu, ni org kok srius smua. Sp jg yg mo majang foto di undangan. Biar kata efek, pikiran org jgn dibantu su’uzhan. Sama aja mncing mslah, masak lom resmi dah foto berduaan!

Bkn mslah jambi yg auranya agak2, tp emg gak syar’i aja foto2 gitu. Mndg tar klo dah nikah, foto kenyang2 trus pajang deh di dompet, kantor, dapur... utk tangkal selingkuh. Halah!

akHwat Ngebut

Siang td, ktmu fasilitator prtma flp jambi. Bliau sjk dulu emg mndkung flp, tp byk kndala utk gabung. Gpp, dibntu diriin aja dah sukur. Akhirnya, ngbrol ttg orgnssi trcinta ne. nymbunglah ke ksus yg bolak-balik digemborin org krg krjaan. Ni ummhat desak trus aku ngsih tau sp orgny, akhrnya krn gak tahan, ya kusebut. Muka bliau tu lgsg gimanaa gitu, “Oooo….” Ktnya. Yg aku tangkep: ‘gak aneh!!’ Ato, ‘dia mah, biasa!’ trus bliau blg, “dia bkn org struktur kok!”

Udahlah, gak usah dibhas lg. ktua flp jg byk celanya. Cntoh ahd kmrn, ngamukin anak org. trnyta akhwt flpers py kcndrungn yg sama. Abis ksel2 gitu, plampiasnnya k gas mtr. Plg pd racing! Kusimpulin, flpers adalah org2 brmntal kuat. Gmn gak, cewek2 jilbab gde ini brani bw motor kcepatn 80km+ (ini dah knceng utk stndar cewk) di antara truk n kndraan laennya. Yg ikhwn gak tau kan? Hehe.

Kata mbak pur dulu, org yg ngebut2 tu gak mikir anak istri. Ya lah, anak ma istri sp yg mo qt pkirin! tp aku ngbutnya msh mkir dkit, coz helmku sjk dpnjem seseorg ctekannya ilang, jd gak bs dikunci di dagu. Klo bw mtr knceng ngeri jg helmnya trbang, trus ngenain pngndra di blkg.

Soal mental, ntah bner ato gak. Tp smpe ni malem, blm ada yg sms ato ngrim surat pngundurn diri. Pdhal ria kpikirn ikhwn yg kubentak bkal kabur dr flp. Klo itu tjd, aku mo ngasih rok ke ybs.

Minggu, 28 Juni 2009

'afwan

Lagi2 mslah emosi. Hr ini bkin salah, ngaku, bikin salah. Aku kcewa ke satu org, tp smua kena imbasnya. hrsnya, kwn trdekat adalah yg qt banggakn. Aku kcewa dg leletnya, aku kcwa dg anggapan remehnya. Pdhal dy blg cnta dg organisasi ini. Utk kkcewaan prtama, kutahan. Tp yg k2, dy mledak. Krn… ybs sama sekali gak brempati dg yg aku rasakan.

Akhirya, aku lepas kontrol. Afwan akh, gak mksd ngebentak ikhwan. Abis, antum tega ngobrol pas ane lg ngomong, pke ktwa pula. Aku gak minta smua org trlalu fokus k sni, tp msak pas acara intrnal, yg dah lama direncanain, msh gak matang juga. Sjk awal aku dah blg, ini sbnernya rapat. Ada hal srius yg mo diomongin, tp.. aduh, udahlah, makin ringam.

Niatnya ahd ni mo mrefresh ksungguhn smua kader inti. Tp ntah knp, endgnya gini. Malah mjlisnya gak ditutup. Cm dpet capek. Mlah ada yg nyletuk mo kluar. Yasud, klo gak kuat mntal, pergi aja.

Sabtu, 27 Juni 2009

mom

“Jilbab coklat tu enak ya make’nya,” kata mamak. Ibuku ini, klo pengen ssuatu gak mo tudepoin. Klo musim duren, trus bliau pengen, bliau ngomongnya, “di mayang udah byk duren tu!”. Klo minta bliin mkanan kesukaannya, martabak india, “dingin2 gini enknya mkn mrtbak.”

Yg namanya ank cewk, slalu lbh snsi. Ngasih sttmen jilbab enak dipake, brarti mamak minta tu jilbab. Sambil tersenyum manis kubilang, “klo mamak mau, ambillah.” Pdahal, itu jg jlbab kesayanganku. Huaaaaaa.

Udah gitu, bliau blg lg, “hm, kira2 warna apa lg ya yg bgs buat ganti?” paham bgt mksudnya, “beli atu lagi!” Hikz, mom, klo aku py duit byk, jgn 1, 100 kubeliin!
Mslahnya, kmrn br aja bli rok item, cz rok item yg 1 tinggal di rumah nia, trus dy kukerta ke kerinci. Rok item kedua rusak di laundry, pdhal bajuku kbanyakn wrna natural, jd plg nyambung dg rok gelap.

Klo model akhwat tegaan, aku bkal blg ke mamak, “orangtua udah gak wajib lg pke jilbab, yg muda ni yg auratnya kudu dijaga.” Tp gak ah, aku plg sakit klo liat bliau sedih.

Sabar ya mak, anakmu nguli dulu. Tenang!